Monday, August 13, 2012

Pentingkah kehalal-an suatu kosmetik? Cantik dengan kosmetik halal dan aman ♥

Halooo semua :D
Banyak diantara kita yang sudah sangat familiar dengan kosmetik, bahkan tidak jarang yang menjadikan kosmetik sebagai pelengkap lifestyle mereka..
Tapi apakah kita sudah cukup teliti dan jeli terhadap kosmetik yang kita gunakan?
Masih dalam suasana lebaran, erat hubungannya dengan ibadah yang halal, maka dari itu saya ingin membahas, "Pentingkah kehalal-an suatu kosmetik?"

klasifikasi kosmetik berdasarkan tujuan pemakaian:




Apa sih pengertian dari halal itu?

Kalau pengertian dari Kosmetik, itu apa?


Bila boleh mengintepretasikan secara bebas (versi saya ;p),
pengertian kosmetik halal menurut saya adalah:

Jadi, pentingkah kehalalan suatu kosmetik? 
Jelas penting dong!(-^o^-)
Mau tau kenapa? Yuk baca terus ;)

Banyak sekali jenis kosmetik yang beredar di Indonesia, dan demi memperoleh penampilan terbaik, tak jarang para wanita rela merogoh kocek untuk mencoba berbagai macam kosmetik.. mulai dari yang termurah hingga harga yang tidak masuk akal. Demi mencapai tujuan tersebut, tak jarang masyarakat mengabaikan bahan baku kosmetik itu sendiri.
Bagi Muslimah tentu tak hanya fungsi kosmetik yang harus mereka pertimbangkan, namun juga memperhatikan kehalalan bahan baku kosmetik tersebut.

Menurut survey, 79% kosmetik yang kita gunakan setiap hari tidak jelas kehalalannya (sumber: formmit). Dapatkah anda membayangkan bahwa peralatan rumah tangga sehari-hari seperti pasta gigi, sabun, shampo, justru ternyata adalah barang terbuat dari bahan-bahan yang haram; demikian pula dengan foundation, bedak, pelembap dan lipstik yang kita pakai justru secara tidak langsung menjadikan shalat kita jadi tidak sah tanpa kita sadari? Mengerikan, bukan? *___*

Siapa tahu di dalam produk-produk tersebut terkandung bahan-bahan atau zat-zat (ingredients) tidak halal alias haram.

Soalan kehalalan bukan hanya dilihat dari bahannya semata, melainkan dilihat pula dari proses pengolahan hingga pengemasan. Dapatkah anda membayangkan ternyata salah satu bahan yang ditambahkan dalam proses itu ternyata tidak halal?
Dalam hal inilah diperlukan label halal yang terpercaya, yang dapat memberikan ketentraman bagi konsumen untuk mengkonsumsi pangan halal. LP POM MUI mempunyai auditor-auditor dr berbagai disiplin ilmu (biokimia, biologi, teknik pertanian, teknik industri, teknik pengolahan pangan dan lain-lain) untuk melakukan audit yang hasilnya dibawa dan diputuskan oleh sidang komisi fatwa MUI (sumber: Halal Guide).


Bagi para muslim dan muslimah wajib untuk mengetahui, mengenali dan mewaspadai bahan-bahan atau zat-zat yang umumnya tidak bersifat halal dan menjadi haram apabila bahan-bahan tersebut diperoleh dengan cara yang salah dan ditangani oleh perusahaan yang tidak terpercaya. Ada banyak bahan-bahan yang diragukan kehalal-an nya, tapi kali ini kita membahas 5 macam bahan yang memiliki kemungkinan tidak halal.
Beberapa bahan tersebut adalah:

1. Sodium Heparin 
Klik show untuk penjelasan
Seperti dilansir situs Jurnal Halal MUI, penggunaan sodium heparin yang awalnya untuk obat-obatan mulai bergeser pada dunia kosmetik. Karena bahan ini memiliki efek perawatan pada kulit, memperbaiki sirkulasi dan meningkatkan suplai gizi serta meningkatkan ekskresi sisa metabolisme.
Dalam dunia kosmetik, sodium heparin merupakan salah satu bahan dalam pembuatan cream untuk nutrisi kulit, cream untuk sekitar mata, produk-produk anti acne atau jerawat dan juga hair tonic. Hal yang mesti dicermati, khususnya bagi Muslimah, adalah asal usul sodium heparin itu sendiri.
Sodium heparin yang telah diproduksi secara komersial ternyata berasal dari jaringan mukosa (permukaan bagian dalam usus) dari babi. Produk ini memang banyak diproduksi di Cina, kemudian diekspor terutama ke Amerika Serikat dan Eropa. Meski demikian, konsumen Muslim harus waspada dengan produk kosmetik impor yang mengandung bahan sodium heparin. (sumber: 12)

2. Plasenta
Klik show untuk penjelasan
Bahan lain yang wajib diwaspadai adalah pembuatan kosmetik menggunakan plasenta. Plasenta atau ari-ari ini merupakan organ manusia yang berfungsi sebagai media nutrisi untuk embrio yang ada dalam kandungan.Selain berfungsi sebagai sumber kehidupan, embrio plasenta kaya akan kandungan darah dan juga protein. Plasenta dapat digunakan dalam bidang farmasi, salah satunya adalah untuk menyembuhkan cacar bawaan, terapi kanker, kehilangan protein akut melalui luka bakar, infeksi bakteri yang berulang dan serius serta menginitis.
Dalam pembuatan kosmetik, ekstrak plasenta merupakan sumber protein biologis yang bisa berasal dari hewan maupun manusia. Biasanya ia menjadi bahan baku krim regenerasi untuk memperbaiki elastisitas kulit dan mencegah degenerasi sel. Dengan demikian, plasenta diaplikasikan sebagai faktor eksogenik untuk menstimulir regenerasi sel, sehingga menghasilkan fungsi kulit yang diingin kan, yaitu kulit muda belia.
Produsen-produsen kosmetik yang ilegal, umumnya mendapatkan plasenta dari sumber yang tidak jelas, seperti plasenta manusia atau hewan. Ditinjau dari sudut kehalalan, keduanya tidak dapat dibenarkan. Meski berkhasiat, kalau bahan itu tidak halal tetap saja haram. Lepas dari manfaat dan mudhorot, dasar pijakan umat Islam adalah halal dan haram. (sumber: 1234)



3. Kolagen / Collagen
Klik show untuk penjelasan
Pada kosmetik, kolagen memiliki efek melembabkan dan menjaga keelastisitasan pada kulit. Kolagen merupakan suatu bentuk produk protein yang merupakan serat jaringan ikat antar sel yang memberikan ketegangan dan elastisitas pada kulit. Perubahan kontur akibat berkurangnya komposisi pada kondisi tertentu (penuaan dll). Penggunaan kolagen memberikan hasil yang baik pada kerutan-kerutan diwajah akibat penuaan. Kolagen sendiri dalam kosmetikologi dapat digunakan secaraimplant maupun secara topical (dioleskan dalam bentuk krim). 
Banyak sumber yang mengatakan bahwa collagen / kolagen berasal dari sapi dan babi (bovine collagen, zyderm)Namun, bagi produsen kosmetika penggunaan kolagen yang berasal dari babi lebih disukai,karena selain ekonomis, perkembangan babi transgenik yang memiliki jaringan sel mirip sel tubuh manusia kian maju sehingga efikasi yang diberikan akan lebih baik. Pastikan bahwa kita tidak membeli produk yang mengandung collagen di produsen yang tidak jelas. (sumber: 12)



4. Cairan Amnion
Klik show untuk penjelasan
Cairan Amnion adalah cairan ketuban (yang berada di sekitar janin dalam kandungan) yang berfungsi melindungi janin dari benturan fisik. Sama halnya dengan dengan plasenta, cairan amnion yang digunakan untuk industri kosmetik terutama berasal dari air ketuban bayi manusia. Fungsi dari cairan amnion adalah untuk melembabkan, menghaluskan kuli dan menjaga kekenyalan tekstur kulit (fungsinya mirip dengan plasenta). Pemakaian cairan Amnion dapat digunakan pada pelembab, lotion rambut, shampoo, dan perawatan kulit & kepala. (sumber: formmit)

5. Gliserin
Klik show untuk penjelasan
Gliserin merupakan turunan lemak yang sudah digunakan luas di hampir semua produsen kosmetik. Penggunaannya terutama pada produk sabun mandi, body lotion, dan pelembab. Bahan ini dapat berasal dari nabati maupun hewani. Penggunaan dalam kosmetik karena memiliki efek untuk melembabkan,  dan melembutkan kulit. Bahan ini dapat berasal dari hewani (sapi, babi) & nabati (kelapa sawit dll). (sumber: formmit)

selain bahan-bahan diatas, tentu saja masih banyak lagi bahan lain yang tidak jelas kehalalannya, dan perlu dilakukan penyelidikan dan pengamatan lebih lanjut.

Sebelum membeli suatu kosmetik, pastikan lebih dahulu bahwa produk kosmetik yang akan kita gunakan tersebut memiliki logo cruelty-free atau No adding raw animal material. Dengan kata lain produk tersebut bebas dari eksperimen berbahan dasar hewan apapun.


logo halal MUI, logo degradable (ramah lingkungan) dan lambang cruelty-free pada bedak Wardah.

Halal MUI dan BPOM telah sangat membantu masyarakat untuk memilih produk kosmetik yang pasti halal dan aman untuk digunakan 

Tapi, ternyata tidak semua produsen mencantumkan daftar komposisi (ingredients) secara lengkap, dan kesulitan lain yang dihadapi para Muslim dan non-muslim adalah banyak istilah-istilah yang terlalu ilmiah dan susah dimengerti orang awam.
Salah satu cara paling aman yang dapat dilakukan adalah dengan HANYA MEMBELI produk-produk yang telah jelas-jelas mencantumkan label asli Halal dari LPPOM MUI :)

Tapi tentu saja tidak semua produk tidak terdaftar di LP POM MUI (terutama produk-produk yang berasal dari luar negeri), maka dari itu kita perlu memperhatikan faktor-faktor lain sebagai pendukung "apakah kosmetik ini halal dan aman untuk digunakan?"


Sebagai wanita yang ingin cantik luar dalam, kita perlu untuk belajar menjadi konsumen yang cerdas dan tidak sembarangan pilih produk. Bagaimana caranya cari info lebih mengenai produk bersangkutan? 
Cari info lewat search engine (seperti google) akan sangat membantu lho ( ^ ε ^ )
Yuk mariiii kita belajar jadi konsumen yang cerdas! ;)


Memang saat ini tidak banyak produk kosmetik yang sudah terdaftar di halal MUI, tapi kita dapat menjadi konsumen yang cerdas dalam memilih kosmetik yang aman dan halal dengan memperhatikan tiga hal berikut:

1.1 Aslikah kosmetik yang kita gunakan?

Bagi yang belum tau, sekarang banyak sekali produk tiruan yang beredar di Indonesia. Biasanya produk tersebut berasal dari luar negri, seperti dari Korea, Amerika atau Jepang. Contoh produk tiruan: Koji Dolly Wink palsuSkin79 hot pink palsuMAC palsu

1.2 Legalkah kosmetik yang kita pakai?
Legal di sini berarti diproduksi oleh pabrik / perusahaan resmi, bukan abal-abal. Hati-hatilah banyak perusahaan yang tidak jelas dan membuat kosmetik secara sembarangan dan tidak jelas bahan-bahannya. Hati-hatilah jangan sampai kita tertipu! Sayangi kulit & kesehatan kita, karena penggunaan bahan-bahan berbahaya dapat berdampak negatif dan bisa menyebabkan penyakit serius dalam jangka panjang.

1.3 Apakah produk yang kita gunakan telah lulus uji BPOM?

Di produk lokal selalu ada kode POM dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), pastikan kosmetik yang kita pakai ada kode POM nya. Dan hati-hatilah banyak sekali produsen kosmetik yang memalsukan kode dari BPOM!! Untuk mengeceknya, dapat melihat-lihat di website BPOM dan cara mengecek keaslian kode BPOM.


contoh kode POM yang telah dibuktikan keasliannya


2. Bagaimana dengan komposisinya?
Kita telah banyak belajar dari bahan-bahan yang perlu diwaspadai (yang mungkin saja haram) diatas, tetapi kita juga perlu menilik bahan-bahan atau komposisi dari produk kosmetik yang akan kita gunakan ^_^
Terlebih lagi bahan-bahan kosmetik yang berbahaya. Di jaman sekarang, kita dapat menyerap ilmu sebanyak-banyaknya lewat internet, janganlah kita malas untuk mencari informasi :) 

contoh daftar ingredients


3. Nama perusahaan dan alamatnya?
Perusahaan atau pabrik kosmetik yang resmi dan terpercaya biasanya selalu BERANI mencantumkan alamat lengkap di kemasan kosmetik yang mereka produksi. Hal ini diperlukan, apabila sewaktu-waktu produk tersebut ternyata merugikan konsumen, konsumen dapat dengan segera melaporkan ke perusahaan tersebut, atau memberi feedback langsung kepada mereka.
Seluruh perusahaan kosmetik resmi dari luar negri pun selalu mencantumkan alamat lengkap pada produk mereka. Bila di Indonesia ada distributor resmi, mereka juga tak lupa mencantumkan alamat lengkap pada kemasan :)
Ladies, JANGAN lah kita berani-berani membeli kosmetik yang tidak ada alamat lengkapnya.. Jika ternyata produk tersebut merugikan kita, kemana dong kita bisa meminta pertanggungjawaban? :)
Telitilah sebelum membeli teman-teman (^▽^) 

contoh alamat perusahaan yang resmi dan terpercaya

Bagaimana, apakah sudah cukup jelas? (^▽^)
Yuk. Mulai dari sekarang belajar lebih cermat lagi dalam memilih kosmetik yang akan kita gunakan ;)
Jangan hanya tergiur dengan harga yang murah, tapi kita harus melakukan pengamatan & penyelidikan terlebih dahulu sebelumnya :)


-------------------------------------------------------------------

Saatnya narsis :P
Ini adalah aku, saat memakai kosmetik dari wardah :D
kosmetik yang sudah pasti aman dan halal (    )


Di sini aku memakai produk Wardah:

Jangan lupa untuk menghapus makeup sebelum tidur ya! (^▽^)
di sini aku memakai:


Selain berusaha untuk mempercantik diri dari luar, jangan lupa juga untuk mempercantik diri dari dalam, DAN jangan lupa untuk memilih kosmetik yang halal dan aman (^▽^) 

Yuk mariiiii para wanita seluruh Indonesia, belajar untuk cantik secara halal dan aman dan tidak lupa untuk cerdas dan cakap dalam memilih kosmetik kita (∩__∩)


Thanks for reading all ( ◕‿◕ ) 


tulisan ini dibuat untuk diikut sertakan pada lomba blog #KosmetikHalal
yang diadakan oleh BlogDetikLPPOM MUI dan Wardah Cosmetic





sumber:

http://halalmui.org
http://blogdetik.com
http://www.wardahbeauty.com
http://www.halalguide.info/2009/08/31/bahan-kosmetika/
http://www.halalguide.info/2009/07/22/memilih-kosmetika-aman-dan-halal/
http://www.halalguide.info/2009/01/08/sejarah-penggunaan-kosmetik/
http://www.halalguide.info/2009/09/09/halal-itu-penting/
http://www.halalguide.info/2010/01/13/haram-kosmetik-dari-sodium-heparin-dan-plasenta/
http://formmit.org/halalicious/260-kosmetik-halal.html
https://www.facebook.com/note.php?note_id=389863818651
http://sitik.wordpress.com/2010/01/10/apa-itu-kolagen/
http://virginnatural.wordpress.com/artikel/kosmetik-haram/

23 comments:

  1. setelah membaca tulisan ini.. aku.. jadi sedikit lebih pintar.. oho! nice article..(^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. horee semoga bermanfaat ya ^___^
      thanks for reading ;)

      Delete
  2. it is a bit dizzy reading indonesian-versed posts hehe, but this is a good article and I guess this is one of the reasons why I never really buy fake MACs and there's actually fake MACs selling here in Facebook with many people are buying it like hot cakes. they are cheap. A fake MAC foundation for $7 or $8 but I'd rather buy a $20-something BB Cream/foundation of a known and ingredient-declared brand than a fake MAC or a fake anything. lol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry for making you dizzy >.< hope you could understand what i meant hehe..
      yes, totally agree with you! i'd rather buy Asian brand cosmetics which is cheaper than high-end brand ^^ Asian brand cosmetics suit me best XD and they're come from reliable Company ^^
      say NO to fake cosmetics :)!

      Delete
  3. akhirnya keluar jg artikelnya.. gut luck vee ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeayy hehehe ^^ thank you kak.. *praying*
      you too :D

      Delete
  4. Bagus veeeee!!! Well made banget artikelnya.. Berasa lagi liat presentasi seminar gituh *lebay*
    Good luck ya!! :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iyaaa ^____^ makasih yahh
      *praying*

      Delete
  5. xiao vee cantik banget! gud luck yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hyaaa thank youuu ci ^^ hehehe
      *praying*

      Delete
  6. halooo.... sori.... mau tanya bannernya donk... link blog detiknya lagi ga bisa dibuka.. mau ikutan ne.. please.. bantu yak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, itu dibawah banner nya ada tulisan "wanna join" lgs hyperlink ke blog detiknya ^^

      Delete
  7. makasih infonya ce ^^ bermanfaat banget (y)

    ReplyDelete
  8. My fave cosmetic & skin care at this moment ^_^ Harganya ramah di kantong n makainya tenang karena ada logo halalnya he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harganya ramah di kantong banget ^^

      Delete
  9. cool, seriously. makasi banyak buat tulisannya, aku bacanya telat, tapi better than never, rite??

    ReplyDelete
  10. emang halal itu penting,kadang-kadang kita malas utk mencari tahu kosmetik itu halal atau tidak,kalau kita sering browsing bahan-bahan kosmetik yg dihalalkan maupun diharamkan. insyaallah kita ga akan kejebak. hehe

    ReplyDelete
  11. halo mba, nice article.. mau tanya produk SK II halal tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you! :)
      Kalau berdasarkan artikel ini sih, SKII itu halal karena mengandung bahan2 alami

      Delete
  12. Thank you for the new insight! Akhir2 ini bingung mengenai si glyserin ini karena susah mengonfirmasi glyserin apa yg digunakan terutama kalo brand nya semacam dr korea

    ReplyDelete
  13. saya sebagai orang muslim sudah tau kalau muslimah harus pake produk yang halal. tapi yang namanya aku yang selalu pengen mencoba banyak produk terkadang melupakan hal penting ini.
    Thanks ce udah ada blog post ini, ,, jadi lebih mengingatkan saya :')

    ReplyDelete

I do appreciate every comment of yours :D
Thanks for visiting my blog! Enjoy~

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...