Saturday, July 25, 2015

Jangan Ikut-ikutan #dontjudgechallenge Kalau Tidak Paham Artinya!

Click this link to read the article in English


Sebulan terakhir, aku lumayan sering melihat orang-orang di sosial media melakukan yang namanya Don't Judge Challenge atau aksi upload video dengan hashtag #dontjudgechallenge. Aku berani taruhan kalian pasti pernah lihat di sosial media manapun (paling ngga lihat sekilas). Pertama aku tau tentang hashtag tersebut pas lagi asik scroll-scroll Instagram. Aku langsung mengernyitkan dahi karena lihat video muka dicoret-coret tidak lazim, meskipun setelah kameranya ditutupin langsung berubah jadi cantik. Yang langsung muncul di pikiran: "Ih apaan sih. Kurang kerjaan banget."

Pada awalnya sih aku ngga terlalu paham, tapi semakin aku lihat video-video #dontjudgechallenge.. Kok kayaknya seru gitu ya, dari yang jelek; makeup acak-acakan kayak badut terus beberapa detik kemudian langsung jadi cakep. Aku sempat tergoda juga pengen ikutan, tapi setelah tau maksud di balik semua itu, aku jadi mengurungkan niatku.

Nah kalian sendiri bagaimana? Apa sudah paham #dontjudgechallenge itu apa?

Suatu hal yang konyol kalau challenge itu diartikan sebagai masa perubahan / transisi / transformasi dari jelek ke cakep, atau dari kecil ke besar. Sebelum kita buru-buru ikutan, ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu asal muasal challenge itu berasal.

image credit: www.standard.co.uk
Biasanya orang-orang yang ikutan upload video ini, mencoret-coret wajah mereka dengan beberapa ciri-ciri:
1. Alis nyambung (unibrow)
2. Muka penuh bintik-bintik (seperti jerawat)
3. Bibir dower / tebal
4. Gigi jelek, tidak sempurna

APA ITU DON'T JUDGE CHALLENGE?

Suatu hari (sekitar bulan April 2015), seorang beauty blogger dan Youtuber bernama Em Ford meng-upload foto bare face nya dia di sosial media, alias foto tanpa makeup. Kulit Em memang nampak tidak sempurna, banyak jerawat yang masih meradang dan bekas-bekasnya. Setelah dia upload foto tanpa makeup tersebut, ternyata ada 100.000 orang lebih yang meninggalkan komen di foto Em, dan komentar-komentar yang ditinggalkan terdengar sangat kasar dan menyakitkan.


"I can't even look at her"

"WTF What's wrong with her face?"

"Her face is so ugly"

"She looks horrible"

"You look disgusting"


"MENJIJIKAN"


Instagram: @mypaleskinblog
Sangat berbeda dengan setelah dia mengaplikasikan makeup, langsung berubah 180 derajat. Netizen pun mulai berkomentar betapa cantiknya Em, betapa sempurna makeupnya, betapa flawless kulitnya dengan teknik makeup yang dia miliki, dan betapa mempesona dia.


Tidak cukup sampai situ. Kemudian orang-orang mulai mengejek Em dengan mengatakan dia memakai terlalu banyak makeup, terlalu jelek sehingga butuh pakai makeup, dan banyak komentar negatif lainnya. Bagi mereka, Em masih nampak menjijikan.


Awal bulan Juli ini, Em mengunggah video di Youtube dengan judul "YOU LOOK DISGUSTING" yang hingga kini terus ditonton oleh lebih dari 13 juta orang di dunia.


Melalui video tersebut, Em ingin mengajak dan meningkatkan kesadaran seluruh wanita di dunia untuk mencintai dirinya sendiri, merasa secure dengan keadaan diri mereka dan meningkatkan kepercayaan diri mereka. Lalu, aksi #dontjudgechallenge muncul karena orang-orang ingin mendukung Em Ford dalam menghentikan aksi bullying tersebut. Selain itu, apapun yang kita lakukan; orang-orang akan selalu punya sesuatu untuk mengomentari hidup kita. Jadi apa gunanya kita memedulikan perkataan mereka?


contoh nyata betapa kepo dan annoying nya orang-orang yang suka ngomentarin hidup orang lain


Kenapa kita harus menghakimi kekurangan orang lain?
Pentingkah kita harus menghina hidup orang lain hanya karena kondisi fisik semata?


Tak lama, video-video #Dontjudgechallenge semakin beredar dimana-mana. Orang-orang yang mendukung aksi Em Ford juga ingin menghimbau para wanita untuk tetap merasa cantik bagaimana pun kondisi mereka. TETAPI, makin ke sini, justru #dontjudgechallenge disalah artikan. #donjudgechallenge malah dijadikan ajang show-off wajah before after mereka, dari yang sangat jelek menjadi sangat cantik / ganteng.




image credit: http://www.el-mogaz.com/
image credit: http://www.trbimg.com/

Kebanyakan, orang-orang yang ikut-ikutan #dontjudgechallenge tidak paham arti dibalik challenge tersebut. Mereka cuma seru-seruan aja coret-coret wajah mereka terus pamer betap cantik / gantengnya mereka setelah itu. #dontjudgechallenge bukannya menjadi ajang penerimaan diri dan campaign anti-bullying, tapi jadi ajang seru-seruan dan ngga ada artinya.

Stop ikut-ikutan #dontjudgechallenge kalau tidak paham arti di balik challenge tersebut.




KESIMPULAN

Buat yang merasa pernah melakukan bullying di social media atau dunia nyata: STOP IT. We're unique in our ways. Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, termasuk anda

Buat yang merasa pernah jadi korban bullying: You're still unique and beautiful, dear :) People always have something to comment, so ignore them. Orang-orang selalu punya apa aja untuk ngomentarin dan ikut campur hidup kita kok. Jadi mari cuek dengan perkataan orang-orang yang tidak membangun dan belajar menerima dan mencintai diri kita apa adanya. I know it's not easy, but it's worth to fight for ^_^

Buat yang ingin ikutan #dontjudgechallenge: Show to the world that you're precious, lovable and beautiful in your own way; the REAL you. It's okay to have some flaws, because we're all imperfect :)
Ngga perlu coret-coret muka dan jelek-jelekin diri sendiri, cukup tunjukkan diri sendiri saja :D Tunjukkan kepada semua kalau bagaimana pun kondisi kita, tidak ada yang berhak menghakimi kita, dan kita memiliki kepercayaan diri.

Instagram: @mypaleskinblog

"Perfection isn't real" says Em Ford.
Tidak ada yang namanya kesempurnaan di hidup ini. Yang ada adalah, kita perlu menerima dan mencintai diri kita sendiri. Lakukanlah Don't Judge Challenge kalau kalian mau menantang diri kalian untuk belajar menerima segala kekurangan, dan mencintai diri sendiri. Setiap manusia itu unik dan berharga. Kita tidak punya hak untuk menghakimi bahkan menghina kekurangan orang lain.
STOP JUDGING OTHERS! Because we haven't walked their journey.



-------

Menurut kalian sendiri bagaimana?
Apa kalian sempet tergoda pengen ikutan challenge ini juga?
Share ya :)

70 comments :

  1. Aq baru denger hastag ini mak..kudet nih saya.hehe

    ReplyDelete
  2. Tulisan yang bagus mba. Aku baru paham maksudnya challenge ini walau udah pernah liat emnya di youtube. Skrg memang banyak orang-orang yang ikut2an tanpa tau makna aslinya sih x(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba :D
      iya nih, aku pertama kali liat juga langsung bingung ini challenge maksudnya apa ._.

      Delete
  3. Setujuuuuuuu
    Asli kesel banget litanya

    ReplyDelete
  4. Sumpah aku suka banget sama tulisan kamu yang ini ! Sekarang justru mau coba karna uda tau makna aslinya :) Thx U

    ReplyDelete
  5. Campaign yang bagus sebenarnya. Semoga pada akhirnya tujuannya tercapai.

    ReplyDelete
  6. suka sih lihat video2 nya yg di share. Baru tau maksudnya setelah bc postingan ini. Tapi bener juga sih mau apapun yg kita lakukan selalu ada komentar dari org sekitar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget!!
      kayaknya emg sudah natur manusia tuh, suka kepo dan komentar ._.

      Delete
  7. Belum pernah lihat video maupun hastagnya..kudet bener ya. Tp sy setuju mak. Kita harus mencintai diri kita apa adanya. Cantik itu bukan putih, langsing, ataupun berambut lurus. Wanita cantik apapun bentuknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes, beauty comes in many shapes and colors :)

      Delete
  8. Udah sering lihat video dengan hestek ini di IG tapi baru tau sejarahnya dari postingan ini.
    Pantesan aku tuh ngerasa hestek dan videonya nggak nyambung. Katanya "don't judge," tapi kok ujungnya tetep nunjukin "look does matter."
    TFS, ya ^^

    ReplyDelete
  9. Mencintai diri sendiri lebih baik, kan...daripada ingin tampil cantik malah jadi kaya orang lain. Saya ngga suka dandan, but I love my self.

    ReplyDelete
  10. Makasih infonya mbak. Iya, saya sering liat hastag ini tapi nggak ngerti maksudnya. Ternyata gitu ya. Gara2 pada ikut-ikutan, sok seru2an, pesannya malah jadi nggak sampai. Malah terkesan ngebully orang yang kecantikannya beda dengan standar orang kebanyakan...

    Sekali lagi, tfs ya mbak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener bgt mba. Sama2, Thx udah mampir ya :)

      Delete
  11. Wah.. jadi tahu maksudnya.. makasih ya mba

    ReplyDelete
  12. Engg... Jadi sebenernya hastag ini harusnya berisi foto kita tanpa makeup kemudian disandingin dg foto saat bermakeup ... Yaah... Ini mah salah pahamnya udah jauh banget ya ka... Btw, thanks bgt infonya ... Menambah satu lagi pengetahuanku :)

    ReplyDelete
  13. I'm so glad that we have the same thoughts on this stupid challenge!
    Kelihatannya emang sepele, tapi yang punya masalah kulit/gigi malah bisa jadi insecure karna nonton video-videonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ini juga yang aku pikirin dari kemaren2 pas liat video2nya. Kok malah ngejekin yg punya masalah kulit/gigi/bibir/alis/dll sih? Nggak nyambung sama tujuannya yg mengajak mencintai diri sendiri apa adanya --".

      Delete
  14. Baru tau hastag ini... kemana aja gue? :D
    TFS^^

    ReplyDelete
  15. Lama-lama orang makin ngawur ya Vi, nanti jadi trend ga jelas kaya Ice bucket challenge >_<

    www.gadzotica.com

    ReplyDelete
  16. Udah sering liat video em dari video make up tutorial di instagram, n udah sering juga liat video2 #dontjudgechallange tapi nggak tau klo cerita asal mulanya orang2 buat video utk mendukung em... untung belum ikut2an bikin video #dontjudgechallenge... hehehe...

    ReplyDelete
  17. Setuju, Vee. Menurutku sih kalau beneran mau ikut2an #dontjudgechallenge, cukup upload aja foto muka polosan. Bukan malah jadi ajang pamer before-after. Tapi, ya namanya juga sosmed, nggak bisa diprediksi feedback masyarakat terhadap trend yang ada :|
    Memang masih perlu diedukasi.

    Btw, aku trenyuh pas nonton videonya Em Ford. Aku juga pernah mengalaminya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ga bs diprediksi ya :/
      Aku jg terharu :')

      Delete
  18. saya malah baru tau neh ada fenomena ini heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seringnya di instagram sih :D kalo jrg main IG ya wajar ga tau..hehe

      Delete
  19. like~ mending nunjukin bare face kita kemudian skill makeup kita xD daripada coret" begono~ ajang showoff jadinya..

    ReplyDelete
  20. Tidak terlalu PD untuk bikin video kayak gitu tapi aku PD dengan diri ku :)

    ReplyDelete
  21. yah aku baru ngeh kalo ada hashtag #dontjudgechallenge ini.. ga tau deh di IG aku kok ga pernah nongol ya.. hahahaa

    tapi emang sih semestinya kita engga boleh membully orang lain.. heran sih sama yg suka jelek2in orang lain..

    www.vitawirapraja.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkn aku yg follow org nya terlalu banyak, jd tau XD

      Delete
  22. Aku baru tahu ada treding topic itu.

    ReplyDelete
  23. Thanks buat pencerahannya,terharu sama tulisan kamu ceu T.T kece badai. Kadang orang cuma ikut2an tanpa ngerti esensi di baliknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thx yaa uda mampir <3 sama2 ^^
      Iya bener, pd latah semuaaa :/

      Delete
  24. Iya Shel aku tau tentang #dontjudgechallenge ini, tapi ko lama-lama jadi aneh. Malah wajah dijelek2in terus berubah jadi cakep. Padahal niat awalnya Em Ford terima aja diri kita apa adanya.
    Nice post Shel, semoga dengan post kamu ini semakin banyak yang sadar arti #dontjudgechallenge ini sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Manda, malah jd aneh2 gt trendnya x_x
      Thx :D

      Delete
  25. very well said! I've seen a lot of #dontjudgechallenge on instagram and what I saw itu malah kesannya jadi bullying (dengan unibrow yg tebel, pimples yg lebay etc) and there's no point of it. thanks for writing artikel yang kaya gini :)

    ReplyDelete
  26. Akhirnya ada yang paham juga! Aku ngerasa, makin ke sini, orang2 yg bikin video dengan tagar ini tu justru malah bully org2 dgn wajah yang dibikin jerawatan, unibrow, dll itu. Sayang banget padahal awal mula tagar ini dimaksudkan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga makin byk yg sadar deh abis gini hehe

      Delete
  27. Thank youuu~~~ a lot lot lot! Karena postingan ini aku akhirnya tau orang-orang sebenernya pada ributin tentang apa. and yes! people are more like doing #showoffchallenge than againts bullying campaign.
    btw i wrote something here too, after i read your post~ https://meganegirljournal.wordpress.com/2015/07/27/the-truth-behind-dontjudgechallenge/ xoxo!

    ReplyDelete
  28. Woah baru tahu the campaign behind the challenge tho. Cuma aku bingung deh kalau misalnya don't judge jadi kenapa dibikin mukanya jerawatan, gigi jelek, kulitnya meradang, bukannya itu sama aja ya dengan men-judge kalau yg begitu tuh 'jelek'. Society and its trends are so confusing :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes so confusing -_- jd salah tangkep semua kan

      Delete
  29. Banyak banget ve temen-temen di sosmed yang buat video kayak gini. Kao aku mah dari awal nggak tertarik abisin waktu buat video kayak ini. Nggak ada kesan berjiwa seni. Mending mereka tampilin foto makeup before after untuk pamer skill makeup mereka.

    Post pertamaku di 2015 >> http://www.aloha-bebe.com/2015/07/apa-kabar-belliani.html

    ReplyDelete
  30. Ohh awal mula ny gtu ya ci.

    Thanks for sharing ya ci.
    Tujuan yg awal ny baik, malah disalah gunakan.

    kawaii-diary98.blogspot.com

    ReplyDelete
  31. aku tau orang diatas, ternyata dia yang mengawali #dontjudgechallenge ini, aku follow dia di instagram, & foto*nya sering dipake sama olshop" yg g bertanggung jawab. Aku salut sama challenge ini ^^ , aku baru tau makna dibalik #dontjudgechallenge ini, tapi sayang semuanya di salah artikan, vloggers" indonesia juga begitu.

    ReplyDelete
  32. Aku baru tw asalnya ternyata begini :D
    Banyak liat di insta yg buat video gt

    ReplyDelete
  33. Terima kasih kak udah buat postingan ini, dan akhirnya setelah nyari2 apa sih sebenernya makna dari #dontjudgechallenge itu sendiri dan dari sini aku tau. Intinya sih jangan suka ikut-ikutan kalo ga paham artinya, sama aja kita ngebuat hal itu ga berguna sama sekali :')

    ReplyDelete
  34. nth aku yg telat bgt ga update bginian, ato gmn ya :D.. aku br tau ini stlh baca blogmu mba :D.. tapi dari dulu ya, ga prnh tertarik tuh ikut2an mosting ato apapun yg lg bnyk dilakuin org, tnpa aku tau mksdnya.. sorry aja deh...dubsmash, masangin hastag yg aneh2, ato yg lain2 itu, hadeuuhhh g trtarik bnr2 aku..

    ReplyDelete
  35. Gw jauh lebih kudet nih, masa baru tau sekarang fenomena ky gini haha :v

    Taunya aja nih dr youtube itupun gak sengaja, awalnya gw liat ni video dengan judul Don't judge Challenge trus gw play ane tonton ko kaya seru gitu hehe :D

    Tp gw penasaran ama maksud don't judge challenge trus nyari2 tuh di google kli jah ada yg artikel yg ngejelasin eh akhirnya nemu ini blog..
    Dan stelah baca oh gw ngerti deh maksudnya skrng jd video2 yg di don't judge challenge malah di jadiin ajang seru seruan yah.

    Thanks infonya. (Y)

    ReplyDelete
  36. Aku malah kasian sama yang membuat video di IG yang mukanya di coret-coretin jadi kesannya malah nggak banget deh kak.

    ReplyDelete
  37. Yep,semakin kesini kesannya malah mereka mau show off muka mereka yg dianggap cantik/ganteng setelah sebelumnya dimakeup jadi bibir tebal,unibrow,jerawat..lol they should change it to #pleasejudgechallenge

    ReplyDelete
  38. jadi keinget masa SMP masa yg berat... terlalu banyak bully baik perkataan dan kekerasan fisik ke gw... sumpah klo inget ke masa itu dendam banget gw dan panas dada ini.... dan mmg efek bully akan susah di hilangkan

    ReplyDelete
  39. Iya nih, saya pun pernah baca kenapa ada #dontjudgechallenge tapi kok rasanya yg ditunjukin orang-orang nggak tepat..

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

I do appreciate every comment of yours :D
Thanks for visiting my blog! Enjoy~