Monday, October 19, 2015

WASPADA KOSMETIK PALSU & KRIM PEMUTIH BERBAHAYA

[Article is written in Bahasa Indonesia. if you are an International Reader and interested to read this article, please kindly click the translate bar on this blog's sidebar. Thank you :)]


Hai semua! Akhrinya selesai juga nulis blog post ini, setelah sempat ngendon di draft selama berminggu-minggu :P Asal mulanya artikel ini lahir adalah karena aku menyadari ternyata masih BANYAK dari masyarakat Indonesia yang awam dan belum menyadari bahaya yang mengintai dibalik produk kosmetik palsu & krim pemutih wajah. Mungkin karena harganya termasuk murah dan adanya kebutuhan dan tergoda oleh bujukan orang-orang sekitar, akhirnya masih banyak wanita yang jatuh dalam bujuk rayu dan akal-akalan penjual krim abal-abal.

Dalam artikel ini, aku akan menjelaskan selengkap-lengkapnya tentang segala macam hal yang berhubungan dengan KOSMETIK PALSU dan PRODUK KRIM PEMUTIH BERBAHAYA. Semoga apa yang aku tulis ini dalam memberikan pencerahan ya :)



Apa bedanya kosmetik Fake / KW / Replika?


Tidak ada bedanya. Sama-sama PALSU. Kosmetik KW hanyalah istilah seller untuk menipu pembeli dengan berkata bahwa kualitas produk kosmetik yang mereka jual bukan palsu tapi kualitasnya sedikit lebih rendah dibanding produk originalnya. Padahal, tetap saja komposisi di dalam kosmetiknya sama-sama tidak jelas. Bayangkan kalian mengaplikasikan makeup dengan bahan-bahan berbahaya ke muka kalian... :[


CIRI-CIRI KOSMETIK PALSU

  1. Packaging dibuat semirip mungkin dengan produk aslinya. Tapi, meski packaging sudah dibuat semirip mungkin dengan produk aslinya, tetap ada yang BEDA kalau dibandingkan dengan produk aslinya. Perbedaannya bisa dilihat dari hal-hal kecil seperti warna, ukuran font, sampai tekstur dan hasilnya.
  2. Produk tersebut sebenarnya TIDAK PERNAH dirilis oleh company yang bersangkutan. Contohnya saja di pasaran beredar Naked 5 Palette, padahal Company Urban Decay BELUM merilis Naked Palette sampai seri 5. Silahkan cek ke website resminya untuk memastikan apakah benar company sudah mengeluarkan produk tersebut atau tidak.
  3. Harga kosmetik yang ada di pasaran jauh di bawah harga wajar. Harganya terlalu murah, BAHKAN banyak yang dijual secara grosir.
  4. Kadang dijual dengan teknik paketan / set. Misalkan saja MAC: mereka tidak pernah mengeluarkan produk eyeshadow palette yang memuat puluhan warna eyeshadow dalam satu kemasan.

Benefit real vs fake, untuk post asli bisa dibaca di blognya cloudsandcuticleoil


Produk-produk Naked diatas semuanya adalah palsu / fake :| dimana bisa nemu lip gloss Naked harga 10.000? Padahal aslinya lip gloss Naked itu harganya $20; dan packagingnya juga bedaaaa banget! Kalau penasaran sama produk-produk Urban Decay Naked yang asli, bisa langsung lihat di Website Urban Decay, biar kelihatan jelas bedanya kayak gimana.



MAC itu brand high-end, jadi ngga mungkin eyelinernya harganya cuma 5.000 doang. Contoh nih, harga single eyeshadow tiap buah aja $16 kok :| Kalau mau tau tentang produk MAC yang asli, bisa lihat langsung ke webnya di Website Mac Cosmetic



Semua produk dengan embel-embel Etude House diatas, sama sekali tidak pernah dirilis oleh pihak Etude House. Mungkin ada packaging yang agak mirip dan ada yang namanya mirip-mirip, tapi jelas PALSU.





TIPS MENGHINDARI KOSMETIK PALSU

  1. Cari informasi sebanyak-banyaknya sebelum membeli suatu produk. Informasi yang dicari bisa mencakup bentuk packaging, nama produk, nomor seri dan harga. Sebelum membeli sesuatu, pastikan kalau produk tersebut bukanlah produk palsu dan company yang bersangkutan memang BENAR sedang memproduksi produk tersebut. Yang paling gampang, galilah informasi dan lakukan cross-check dengan website resminya.
  2. Kalau harga produk yang dijual jauh di bawah normal, SANGAT PERLU dicurigai. Misalkan saja Naked palette asli harganya 800.000 an, ngga mungkin dijual di bawah harga Rp 50.000 dong :|
  3. Belilah di online shop yang terpercaya dan punya kredibilitas. JANGAN TERGIUR untuk belanja di sembarang online shop hanya karena harga yang ditawarkan mereka lebih murah.
  4. Hati-hati juga dalam membeli kosmetik di mall / toko kosmetik / pasar, karena jaman sekarang pengedaran kosmetik palsu ngga cuma ada secara online, tapi juga secara offline.

Ini foto aku ambil sendiri di suatu mall di Surabaya.. agak kaget pas lihat langsung (langsung keluarkan HP dan buru-buru foto sebelum ketauan mbaknya yang jaga :P), dan ngga sempat memperhatikan produknya satu-satu, tapi kayaknya sih sekilas 80% fake, hanya sebagian kecil yang produk lokal.




SOLUSI: Alternatif pengganti kosmetik palsu

    Daripada beli kosmetik palsu karena alasan harganya murah meriah, kenapa ngga pake produk lokal asli Indonesia aja? Banyak lho merk kosmetik lokal Indonesia yang jelas legalitasnya, pasti aman dan juga berkualitas. Sebut saja Sariayu, Viva, La Tulipe, Inez, Wardah, PIXY, Make Over, dan masih banyak lagi.
    Tidak perlu gengsi untuk beli produk lokal, yang penting aman digunakan dan tidak membahayakan kesehatan kita kan? :)





    ***


    Apa itu Produk Krim Pemutih Abal-abal?


    Sebelumnya, tahu kah kalian apa karti kata "ABAL"? Abal ini adalah kata slang Bahasa Indonesia yang artinya palsu / tidak jelas. Dan kenyataannya masih banyak produk perawatan kulit yang ABAL-ABAL dan banyak beredar di Indonesia. Kebanyakan produk skin care abal yang beredar di Indonesia yang paling populer adalah KRIM PEMUTIH. Bisa dimaklumi kenapa masih banyak masyarakat Indonesia yang punya obsesi untuk jadi putih, karena masalah mindset aja sih menurutku.. Menurutku secara pribadi sih, cantik itu TIDAK IDENTIK dengan putih.


    Apa itu Krim Pemutih berbahaya?

    Whitening Cream atau Krim Pemutih pada umumnya adalah produk untuk mencerahkan kulit, tetapi beberapa tahun terakhir ini ada fenomena dimana di Indonesia banyak beredar krim pemutih wajah dengan ciri-ciri mencurigakan dan berindikasi berbahaya untuk kesehatan. Selain komposisinya yang tidak jelas, sangat beresiko menyebabkan penyakit serius di kemudian hari (lebih lanjut akan dibahas di bawah).


    Ciri-ciri Fisik Krim Pemutih yang Ditawarkan

    1. Biasanya dikemas dalam dua macam krim
    Krim umumnya berwarna kuning dan krim putih, perbedaan tidak signifikan.



    2. Dijual dalam Paket / Set
    Misalkan dijual bersama dengan pembersih wajah atau sabun batang, dan merknya bermacam-macam dan tidak familiar. Biasanya per paket dibandrol dengan harga yang bervariasi, dari Rp. 30.000 sampai Rp. 500.000


    3. Terkadang berkedok sebagai krim racikan dokter
    Padahal kenyataannya setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda dan dokter TIDAK menjual krim racikan secara massal. Krim yang diberikan oleh dokter kulit HARUS melalui tahap konsultasi TATAP MUKA secara personal terlebih dahulu.





    Kerennya, kini setiap orang bisa punya merk krim pemutih sendiri lho.. ASALKAN NYETOK KRIM KILOAN INI DULU...


    Jangan heran kalau masih banyak seller krim abal-abal yang berlomba-lomba membuat merek sendiri-sendiri, karena profit dalam berjualan krim abal-abal ini GEDE BANGET. Bayangkan dengan duit sekitar Rp. 200.000, bisa dapet 1 kilo krim putih dan krim kuning. Kalau mau memproduksi krim dalam ukuran 15 gr, bisa menghasilkan sekitar 60 pot. Dan kalau misal dijual per 2 pcsnya Rp. 100.000, silahkan dihitung sendiri omzetnya...


    Bisa customize krim wajah untuk merk mu sendiri lho.. tinggal dicampur aja warna yang diinginkan.. 
    pewarnanya juga pake tinggal pakai pewarna pakaian..

    Katanya sih krim untuk jerawat dan krim farmasi.. 
    Sesuai dengan yang aku zoom, dengan jelas tertulis kalau krim tersebut mengandung Hydroquinone.. Padahal penggunaan hydroquinone dalam jangka panjang dapat menyebabkan ketergantungan, dan penggunaan hydroquinone tanpa resep dokter dapat SANGAT BERBAHAYA, karena tanpa takaran wajar.

    Untuk diperhatikan: Dokter kulit TIDAK PERNAH menjual krim racikan mereka secara massal dan dijual secara online. Kondisi setiap kulit pasien itu berbeda-beda, dan TIDAK MUNGKIN doker kulit dapat memberi racikan secara bebas tanpa ada konsultasi tatap muka dan pemeriksaan lebih lanjut.
     Jadi, kalau ada penjual krim pemutih yang berkata bahwa krim yang mereka jual merupakan racikan dari dokter A/B/C, JANGAN PERCAYA! Jangan beli krim apapun dengan embel-embel racikan dokter, apabila tidak ada konsultasi tatap muka dengan dokter kulit tersebut!



    Ayo siapa yang bisa jawab pertanyaanku.. Apa aja sih bahan-bahan yang terkandung dalam krim kiloan ini? Produsen bisa aja sih asbun bilang krim mereka mengandung Ekstrak Bangkuang, vit C, vit E, UV-A, UV-B, pelembab, bubuk Mutiara, kojic acid, peptide oat, ekstrak lidah buaya bla bla bla. TAPI SIAPA YANG BISA PERCAYA? Pabriknya dimana aja ngga jelas :|




    DAMPAK PENGGUNAAN KRIM BERBAHAYA


    Kalau masih ngotot mau pake krim wajahnya silahkan, tapi harus siap dengan segala konsekuensinya ya.. Akibat buruknya mungkin belum terasa dalam jangka pendek, tapi sangat berbahaya untuk jangka panjang. berikut ini adalah foto-foto dampak negatif atau akibat dari penggunaan krim abal-abal.

    Ochronosis, akibat penggunaan hidrokuinon jangka panjang |
    img source: http://favouritebeautycare.com/
    Begitu lepas dari krim abal, muka langsung jadi jauh lebih buruk dibandingkan kondisi sebelumnya.
    Note: saya tidak ada kerjasama apa-apa dengan dr. Wahyu Triasmara, aku hanya meminjam foto ini agar pembaca jadi sadar betapa ngerinya efek krim pemutih berbahaya itu.




    Testimoni beberapa korban krim berbahaya:










    TIPS: Cara Mengidentifikasi Kosmetik Palsu & Krim Pemutih Kulit Berbahaya


    1. Packaging / kemasan krim pemutih tampak tidak profesional dan seadanya
      Karena belinya krim kiloan, jadi kemasannya juga diusahakan dibuat dengan biaya seminim mungkin agar keuntungan lebih maksimal. Jadi rata-rata krim pemutih berbahaya dikemas dalam bentuk jar dengan beraneka warna dan label.
      Namun... Hal ini tidak bisa selalu 100% jadi patokan sih, karena akhir-akhir ini produsen krim abal mulai bermodal lebih untuk membuat packaging jadi lebih menarik dan tampak lebih meyakinkan. Kalau menemukan produk yang packagingnya nampak meyakinkan, coba uji terlebih dahulu dengan poin-poin berikutnya.


    2. Deskripsi produk tidak jelas dan meragukan
      Misalkan saja ngakunya Serum Korea, tapi tulisannya Mandarin. Atau tulisannya Korea, tapi pada waktu dibaca dan diterjamahin, ngga ada arti yang jelas.

      Katanya serum korea, tapi tulisan dalam bahasa china.. Katanya Korea Correction Color, tapi tulisan di kemasan BB Cream -_- kalo Correction Color mah namanya CC Cream. Dan apaan tuh merk Bija?

    3. Tidak ditemukan adanya review / pengalaman pemakaian nyata di internet.
      Coba cari review dari produk yang ingin kalian beli di blog / Youtube. Apakah ada review pengalaman langsung dari pengguna; atau hanya ada testimoni di lapak penjual dan info jualan di sana-sini? Kalau tidak ada review apapun, produk tersebut perlu diwaspadai.
    4. Tidak ada daftar komposisi yang jelas dan keterangan pabrik / perusahaan yang mengeluarkan produk.
      Biasanya, produk yang aman dan jelas legalitasnya akan memiliki daftar komposisi lengkap, disertai dengan nama perusahaan dan alamat lengkap pada kemasan. Kalau tidak menemukan adanya ingredients list dan juga alamat produsen, sangat perlu dicurigai.
    5. Manfaat yang ditawarkan terlalu fantastis dan tidak masuk akal
      Misalkan ada embel-embel BB cream akan tahan 24 jam! Warna lipstick tidak akan luntur meskipun sudah dipakai 24 jam. Dalam seminggu dijamin kulit jadi cerah dan kinclong ---> Serem banget ngga sih?
    6. Tidak ada izin BPOM atau lembaga kesehatan.
      Meskipun adanya no. BPOM bukan jaminan produk kosmetik tersebut bukan abal, tapi setidaknya kalau sudah pernah didaftarkan di BPOM, akan ketahuan siapa nama perusahaan pendaftarnya.
      Kalau customer tanya tentang No. BPOM dan seller tidak bisa menjawab, maka hampir bisa dipastikan kalau produk tersebut adalah palsu dan berbahaya.
      Baca juga: Cara Cek Nomor Registrasi BPOM pada Produk Kosmetik :)
    7. Media promosi menggunakan foto-foto artis / foto-foto blogger tanpa izin
      Sebagai media promosi, tidak jarang seller menggunakan foto-foto artis yang nyatanya tidak menggunakan produk tersebut, atau foto-foto blogger yang disalahgunakan. Untuk lebih detilnya, pernah kubahas di sini: 5 Kebohongan yang Pernah Dilakukan oleh Penjual Online Shop.
    8. Produsen melakukan trik marketing dengan statement adanya produk asli dan palsu dari produk tsb.
      Please.. siapa sih yang mau memalsukan produk kecantikan yang merknya tidak terkenal? Sorry to say.. aku ngga percaya kalau ini bukan akal-akalan produsen biar customer merasa bahwa produk tersebut terkenal, sehingga sampai ada pihak yang berniat untuk memalsukan :|

      please, siapa juga yang mau capek-capek malsuin produk yang merknya aja ngga terkenal? -_-



    TIPS: Cara Memastikan Bahwa Krim yang Sudah Dibeli itu memang Berbahaya dan Harus Segera Dibuang!


    Sudah terlanjur membeli krim pemutih atau bahkan sudah sempat memakainya? Coba dicek terlebih dahulu apakah selama penggunaan krim tersebut, anda merasakan hal-hal di bawah ini?
    1. Warna krim mengkilap / terlalu menyolok
      Karena krim abal-abal menggunakan pewarna berbahaya maka biasanya warnanya akan menyolok. Curigalah kalau krim pemutih anda yang berwarna kuning mencolok atau putih mengkilap seperti mutiara

      warna kuningnya pekat sekali ya...

    2. Tidak Tercampur Rata dan Lengket
      Biasanya krim pemutih abal-abal memiliki tekstur lengket karena dicampur dengan bedak. Selain itu, krim terasa kasar saat dipakai. 
    3. Bau Menyengat
      Kalau ada aroma logam, sebaiknya segera buang krim anda. Produsen krim pemutih biasanya menyamarkan aroma ini dengan memberikan parfum yang beraroma tajam.
    4. Terasa panas dan perih saat dipakai
      Pada kosmetik yang mengandung bahan berbahaya, kulit akan terasa perih, panas, memerah juga gatal. Seller / produsen biasanya berkilah itu adalah reaksi biasa, tetapi sebenarnya itu adalah bukti bahwa kosmetik tersebut mengandung bahan keras yang tidak cocok untuk kulit.
    5. Kulit merah saat kena matahari
      Kandungan berbahaya pada krim abal dapat menyebabkan kulit menjadi sensitif dan merusak jaringan lapisan kulit, sehingga kulit akan memerah jika terkena matahari terik
    6. Hasilnya kulit putih pucat dan tidak alami
      Krim pemutih yang aman akan menghasilkan kulit putih cerah yang alami dan normal seperti kulit yang jarang terpapar sinar matahari, sedangkan krim pemutih berbahaya akan menghasilkan kulit putih yang sangat putih pucat seperti kertas HVS, bahkan keabu-abuan.

      before-after pemakaian, langsung putihhh banget! Tapi putih yang keliatan ngga alami..

    7. Hasil Sangat Cepat
      Karena krim berbahaya mengandung merkuri atau hidrokuinon, maka hasilnya akan terlihat sangat cepat dalam hitungan hari atau minggu. Meski awalnya terlihat bagus, tapi HATI-HATI lah.. lapisan kulit yang rusak akan menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius dalam jangka panjang.
    8. Ketergantungan
      Coba lepas krim anda selama beberapa hari.. Apakah kulit anda akan langsung menggelap? Kalau jawabannya iya, berarti bisa dipastikan krim anda memang mengandung hidrokuinon yang menyebabkan ketergantungan. Semakin lama dipakai, racun akan semakin menumpuk dalam tubuh dan merusak kesehatan.


    Aku juga akan terus update list ini: Daftar Kosmetik Palsu & Krim Pemutih Berbahaya



    dari ciri-cirinya aja udah ketahuan kan? :)



    Kandungan Berbahaya pada Kosmetik (Makeup & Krim Wajah)

    1. Merkuri / Mercury: sering ditemukan pada produk pemutih kulit wajah. Merkuri adalah logam berat yang berbahaya. Dapat menyebabkan alergi, iritasi kulit, kerusakan permanen pada susunan saraf, otak, ginjal, gangguan perkembangan janin, dan menyebabkan kanker.
    2. Rhodamin B: sering disalah gunakan pada makeup (eye shadow, lipstik), Rhodamin B sendiri merupakan pewarna kertas, tinta dan tekstil. Penggunaan pewarna ini terhadap tubuh dapat menyebabkan gangguan fungsi hati dan bersifat karsinogenik.
    3. Hidrokuinon / Hydroquinone: banyak disalahgunakan pada produk pencerah kulit, penggunaan hidrokuinon dapat menyebabkan iritasi kulit dan hiperpigmentasi, rasa terbakar, bercak-bercak hitam juga menyebabkan ketergantungan (yang artinya, kalau tidak memakai produk itu lagi, maka kulit akan kembali seperti semula, bahkan bisa jadi lebih parah).
    4. Asam Retinoat: biasanya ditemukan pada kosmetik untuk peeling (pengelupas kulit), penggunaan asam retinoat dapat menyebabkan kulit kering, rasa terbakar pada kulit dan cacat pada janin
    5. Resolsinol / Resolcinol: dapat menyebabkan hiperpigmentasi dan pengelupasan kulit.
    6. Steroid: sudah menjadi bahan umum untuk menjadikan wajah kinclong & halus dalam waktu yang relatif singkat, dan steroid ini sebenarnya tidak akan menjadi berbahaya jika di pakai dalam batas normal karena Steroid ini biasanya digunakan untuk mengobati kulit yang menderita peradangan namun cuma dalam jangka waktu tertentu saja. Jika terus menerus menggunakan cream yang mengandung Steroid biasanya akan mangakibatkan penipisan kulit, pengembangan pembuluh darah di kulit, mudah memar, sensitif terhadap sinar matahari & hilangnya pigmentasi kulit sehingga putihnya menjadi putih pucat seperti mayat.



    Kosmetik Berbahaya & Tanpa Izin Edar: dikumpulkan oleh BPOM







    Hayo.. apa kalian bisa menemukan produk yang pernah kalian coba diantara sekian banyak produk yang kena pengawasan BPOM? Pastinya ini baru sebagian kecil dari ratusan kosmetik palsu & krim pemutih berbahaya yang beredar di luaran sana.. :| Sangat mengkhawatirkan..






    TAMBAHAN: BEHIND THE SCENE

      Updated on 27 / 02 / 2016


      Yang masih bilang saya hanya mengada-ngada; setelah lihat foto-foto di bawah ini, silahkan MIKIR SENDIRI. Kalau masih ngoto mau pake krim pemutih abal? RESIKO TANGGUNG SENDIRI :))


      asik banget kayaknya ya, ngaduk-ngaduk krim "racikan" buat ditemplokin di muka para customer tercinta...

      krim kiloan dijual harga IDR 15.000 / pot.. Masih mikir krim kayak gini AMAN??





      KESIMPULAN

        Semoga artikel yang aku tulis dapat bermanfaat dan memberikan wawasan baru bagi masyarakat Indonesia :) 
        Tentunya para produsen kosmetik palsu dan krim pemutih berbahaya masih akan terus gencar menggeliat, tetapi kalau kita mencintai diri sendiri dan keluarga kita; PLEASE STOP pakai krim pemutih berbahaya. Dan juga PLEASE STOP pake kosmetik palsu. Lebih baik pakai produk lokal tapi aman, daripada produk yang nampak dari luarnya branded, tapi sebenarnya palsu dan berbahaya untuk kesehatan kita jangka panjang.

        Lebih baik mencegah daripada mengobati.
        Jangan menunda untuk berhenti sebelum menyesal di kemudian hari.

        Lebih baik berpikir berulang kali sebelum membuat keputusan penting. Karena kesehatan itu mahal harganya, sekali kena kosmetik palsu dan krim pemutih berbahaya; AKAN ADA HARGA MAHAL YANG HARUS DITEBUS untuk mengembalikan kondisi seperti semula.







        Source:
        Images mostly from tokopedia.com
        http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/19572-ciri-ciri-krim-pemutih-wajah-berbahaya.html
        http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/20206-fakta-mengerikan-krim-pemutih-wajah-berbahaya.html
        http://life.viva.co.id/news/read/485265-cara-mudah-ketahui-zat-berbahaya-di-krim-pemutih
        http://ariewinkyirawangallery.blogspot.com/2013/02/obsesi-menjadi-putih-yang-membahayakan.html
        http://www.pom.go.id/new/index.php/view/berita/8263/Dampak-Penggunaan-Kosmetik-Mengandung-Bahan-Berbahaya.html
        http://www.pom.go.id/new/index.php/view/berita/3572/Awas--Kosmetik-Berbahaya.html

        98 comments:

        1. mantap vee, hehehe, smoga pada sadar ya itu yg iseng2 coba. dblg ga ada duit jg gak kok, krim gajebo syahrini itu ratusan rb gitu, ketawan beli laneige aja hahaha

          ReplyDelete
          Replies
          1. hahaha iya aku sampe heran kok bs ya kena bujukan utk beli krim gaje dgn harga ratusan ribu, git >_< krn efek putih cepetnya itu sih, pdhl utk jangka panjang bs jadi mengerikan

            Delete
        2. Waktu itu aku pernah ke salah satu pasar di Medan,trs aku liat kok ada produk Liole di butik,aku pengen beli,tp aku pikir lg,klo nanti ternyata gak cocok/palsu,siapa yang mau tanggung jawab,g jadi la aku minta mami beliin(masih 17 tahun,hehehehe) Waktu mau pulang dari pasar,aku ketemu rak NYX di salah satu toko(pasar ini ada ratusan toko kosmetik di lantai bawah),kan bingung???Aku juga sering liat foto" krim pemutih abal" ato apalah gt di Instagram,ampun deh...Thank you,언니 buat infonya!

          I'm still new in blogging.
          Dashofdreamstar.blogspot.co.id
          감사함니다!

          ReplyDelete
          Replies
          1. Produk palsu lioele & NYX kah maksudnya, Cin? o_o
            Sama2 ^^

            Delete
          2. Ini soal palsu ato g sih,kurang tau juga,soalny aku blm ngecek produk"ny di pasar,lain kali klo aku ke pasar itu,aku cek deh...

            Delete
        3. Dulu hampir tergoda beli mask naturgo di salah satu ols. Untungnya cari review dan akhirnya terbongkar sudah.
          Liat harganya aja aku udah ngeri Vi, apalagi kalo dipake >_<

          www.gadzotica.com

          ReplyDelete
          Replies
          1. iya kak masknya naturgo kan udah lama ga diproduksi sama shiseido.. dan ga mungkin harganya bisa murah meriah x_x

            Delete
          2. Jadi mask naturgo shiseido itu udh ga ada yah? Tp kok aku di tawarin yah? Bahaya ga klo aku pake mask shiseido nya?
            Trus klo gluta wink white bahaya ga yah?

            Delete
          3. iya.. yg masih dijual di olshop itu ya bukan masker dari shiseido yg sebenarnya.. abal... kalo aku sih ga brani ya, tp kalo mau coba silahkan.
            gluta wink white hrsnya aman sih, kan produk thailand.. tp belinya di seller terpercaya ya :)

            Delete
        4. Thanks for sharing.aku suka banget kalo mampir ke blog kamu soalnya bener benee detail dan expert banget (amin..) honestly temen temen aku juga banyak yg masi pake cream abal abaleurs dan segerombolan nya .padahal aku udh coba ingetin.bahkan kakak ku sendiri dia pake cream esther (males sensor 😭😂 ) dan dia ngotot banget kalo dibilangin kalo itu abal.thanks for u sharing tentang cara bedain produk palsu jadi makin aware dan tambah pengetahuan..good luck xiaovee ^^

          ReplyDelete
          Replies
          1. bukan expert lah.. aku masih terus belajar juga kok dear :) thanks yaa..
            Astaga.. semoga kakakmu segera sadar ya.. bener2 harus stop sebelum nanti semakin banyak racun yang menumpuk :(

            Delete
          2. Hiks..padahal aku juga pemakai produk Esther..ok deh, pulang ke rumah, mau langsung dibuang saja.. Thanks ya say..Izin share ya..

            Delete
        5. ebuset itu NAKED 8?! Kalah serial Fast Furious.
          Kapan itu aku nemu di IG ada yg jual krim glossy. Wkwk itu buat muka apa laminasi laporan

          ReplyDelete
          Replies
          1. LOL iya dyt parah kan.. mana bentuknya jelek amat -_-"
            iya abis pake itu efeknya langsung glossy kayak abis dilaminasi hahaha

            Delete
        6. heem sorry nih shel g ada maksud tuk menyinggung, tp org indo iti cenderung budaya malas membaca.. jd wlaupun ud sikasih pnjelasan pnjh lebar jg g akan dibaca dan yg namanya brg murah itu ud pati bkin mreka kecanduan, tanpa mikirin akibatnya d kmudian hr... ud tw brg palsu tp ttep aja dibeli n prahnya dipakein k muka, pdhal ud bnyk yg ngasih bukti akibat dr kosmetik abal2 ya toh kosmetik abal itu ttep laku keras dimana2... yg hrus dibasmi itu pnjualnya krn mreka ud tw mindsetnorg indo kyk gt, ttep mreka jual yg pnting dpet untung banyak... jd bs dibilang ya agak miris gitu dah...

          ReplyDelete
          Replies
          1. yah at least kita sudah berusaha mengingatkan glo.. kalo masih malas membaca dan ttp ngotot pake ya silahkan.. konsekuensi ditanggung sendiri X'D

            Delete
        7. OMG, avis baca artikelny langsung deh cek2 beauty kit ku, dilihat dengan seksama lgi. di cek lg semuanya ==
          thanks to you, artikelny membantu banget. skrg ga lgi tergoda sama produk aneh2. instead spend money yg ga jelas lbh baik buat bikin perawatan dr bahan2 alami sendiri.

          ReplyDelete
          Replies
          1. you're welcome! Glad it helps :)
            Setuju, daripada tergoda beli produk2 ga jelas.. mending pake bahan alami dan beli produk lokal aja yang pasti aman :D

            Delete
        8. ngeri bgt baca testi efek merkuri nya...ak dulu jga pernah beli krim malem gak jelas gitu, efeknya emang bikin mulus secara instan tp begitu berhenti pakai,muka lgsg jadi merah dan bruntusan.untungnya nggak parah dan skrg udah kapok banget beli skincare abal2..
          thank you for sharing ci...nice post..
          salam kenal yaa..

          saycintya.blogspot.com

          ReplyDelete
          Replies
          1. Nahh untung gak sampe kebablasan :(
            Ngeri bgt kalo sampe ga bisa lepas karena takut kulit jd kusam lagi.. ketergantungan bgt jadinya..
            Sama2 dear <3

            Delete
        9. Vee, bagus banget artikelnya. Ak boleh ijin share gak? Soalnya beberapa orang tanya apa produk korea ada yg dijual set kyak set perawatan abal2 itu lg, susah dijelasin klo produk korea itu jualnya satuan, klo mau set ya beli smua tp kepenginnya kek produk2 pemutih yg abal2 itu lo, jual paketan, mpe lidah pegel jelasin klo produk kek gitu ga aman. Thanks

          ReplyDelete
          Replies
          1. Thank you non <3
            Boleh banget dishare ke yg lain supaya mrk dpt pencerahan juga :)
            iya sampe capek jawabin satu2.. tp kalo ga dikasih tau kasian kalo tersesat ._.

            Delete
        10. Iyaaaaa ngeriii bangettt krim abal2 ama kosmetika palsu gitu....:((((

          ReplyDelete
        11. Thank you banget buat artikelnya~ aku kaget banget ternyata segitu banyaknya ya krim pemutih abal-abal. Aku enggak pernah beli yg aneh-aneh sih tapi ini oke banget buat nambah wawasan OwO"b itu krim muka warnanya kuning gitu uda kayak mau bikin ayam kuning aja D:

          gabbythegabby.blogspot.kr

          ReplyDelete
          Replies
          1. Sama2 :D iya banyak banget emg macemnya..
            warnanya ngga banget -_-"

            Delete
        12. postingannya bermanfaat banget ce.
          dulu pas sma aku pernah kegoda pake krim abal-abal karena ditawarin sama saudaraku. aku pake 1 krim ukuran kecil sampai habis. emang efeknya langsung putih dalam waktu singkat tapi aku akhirnya sadar karena ngerasa muka sama leher belang jadinya berhenti. baru 2 tahun terakhir nemu blog" beauty blogger dan sering liat" review sebelum beli kosmetik. masalah kosmetik kw/fake kayanya emang udah parah banget ya ce. bahkan kosmetik yang udah terbilang murah kaya maybelline, pixy, wardah sampe ada yg fakenya ><

          ReplyDelete
          Replies
          1. thank youu.. syukurlah kalo bisa berguna :)
            O_O 1 jar kecil aja udah bs bikin lgs putih dlm wkt singkat ya.. serem bgt ya efeknya..
            iya parah bgt itu brand2 lokal bisa ada fakenya segala... ngga abis pikir..

            Delete
        13. Ngeriiiiii >.< tapi sedihnya tetap banyak aja ya yang ketipu gitu u.u

          ReplyDelete
          Replies
          1. iya aku ga bs bayangin yg udah pake bertahun2 gmn nanti efeknya :( :(

            Delete
        14. kalo bahas soal kosmetik berbahaya ga akan ada habisnya, niatnya ngasih tau karena peduli eh malah dicaci maki duduh. padahal dari pada beli kosmetik ber 'merk' tapi ga jelas lebih bagus pakai kosmetik indonesia, setidaknya udah terjamin.

          isthiutamid.blogspot.co.id

          ReplyDelete
          Replies
          1. Sabar yaa sis..kadang emg gitu respon org beda2..
            ya at least kita sudah berusaha memperingatkan..
            setuju! :)

            Delete
        15. aaaaaaaaa gak nyangka aku juga kena produk abal2 T.T aku udah make produk whitening olshop yang ciri2nya masuk banget kayak yang dijelasin diatas itu satu wave,, dan baru minggu lalu krimnya habis,, kmarin aku make set wb cream namanya,, ditambaj magic glossy itu ,, karena katanya extra whitening,, emang dr awal barang dateng udah curiga sih,, kemasannya biasa banget ditambah deskripsi barangnya itu cuma HVS warna ijo dengan tulisan macem2 font di print,, anak SD jga bsa kalo cuma ngetik kayak gtu,, tapi aku ttp make karena udah terlanjur beli,, dan bener gak lama wajahku agak cerah,, meski belum putih,, aku pikir karena barangnya bagus,,, tapi ternyata karena kandungan bahayanya :'''

          semoga aja wajah aku gak kenapa2 T.T ci ada rekomendasi krim malam yang bagus gak?? yang lokal aja :3

          Thanks buat artikelnya,, membantu banget banget banget,, ^^

          ReplyDelete
          Replies
          1. waaduh untung udah berhenti pakenya ya :(( kalo keterusan bs bahaya..
            coba cek review krim malamnya pond's ato himalaya herbals deh ^^ atau hadalabo. Ketiganya bisa ditemukan di supermarket besar.

            Glad to hear that, dear! <3

            Delete
        16. Makasih banyak artikelnya nambah ilmu banget dan bermanfaat. Aku bukan yang gila banget sama kosmetik dandanpun cuma eyeliner sama alis plus lipstick aja kalo kata suami senatural mungkin malah lebih cantik. Artikelnya aku share yah di fbku. Buat info temen-temen yang kebetulan belum tau ataupun sudah namun terlanjur memakainya. ��

          ReplyDelete
          Replies
          1. sama2 :D senang kalau bisa bermanfaat.. great! What a thoughtful husband ^^ hehe.
            Silahkann :) semoga setelah ini banyak yang ngga tersesat dan pake produk2 berbahaya di atas ya

            Delete
        17. denger denger kalo cream sari lolos BPOM ya?? bener ga sih??

          ReplyDelete
          Replies
          1. iya sepertinya lolos BPOM. tp kalo sy sih masih ragu ya..
            mending pake yang jelas2 aja deh drpd area abu2 gt :)

            Delete
        18. Serem ya...tp kok aku gak liat lotion/serum Vampire di produk abal2? Apa beneran aman ya? soalnya kan katanya perubahan warna kulit langsung bs terlihat 3-7 hari. Kalo kyk gitu udah pasti pake merkuri ato HQ kan?

          ReplyDelete
          Replies
          1. kalo soal lotion / serum vampire itu katanya sih dari thailand.. tapi aku sendiri sih ngga yakin produknya hehe.. coba cari review di blog2 ato youtube sis

            Delete
        19. Trimakasih ilmunya, nambah pengetahuan......

          ReplyDelete
        20. Serem amat testinya sist....
          Terimakasih infonya nih, nambah pengetahuan :)

          ReplyDelete
        21. Kalau cream kalimantan gimana say...ada yg pernah bermasalah ga c

          Thx

          ReplyDelete
          Replies
          1. sorry to say.. menurutku sih itu abal

            Delete
          2. Iyaa kak kok kreamnya kalimantan tp kok stay atau owner yg jual ada di surabaya semua.kan bingung mikirnya

            Delete
        22. Mw tax klo cream dermature bgm ya ? Aq prnh pake..produkx mmg sdh ber pon sih..tpi bru brpa hri cpt bmget kinclingx mengkilat gtu...tpi aq hemtikan krn malah jdi minyakan wajah...tpi aq ada dmgr produk Anuva skin care..bgus gk ya tu ?

          ReplyDelete
          Replies
          1. Kalau curiga lebih baik segera hentikan pemakaian.
            Kalau saya sih ngga yakin dengan dermature & anuva..

            Delete
          2. sist, anuva bukannya sdh ada Bpomnya? apa msh meragukan?

            Delete
          3. maaf sy krg tau :) sy krg yakin sih

            Delete
        23. pagi say.. kl produk-produk kecantikan dr korea, thailand, jepang itu sebenerny aman ga?? coz liat di olshop bnyk yg jual ky gitu.. mereka bilang ori thailand, ori korea, ori china, dsb.. tp harga berkisar di bwh 100ribu.. mohon infony.. ^_^ makasih ya..

          ReplyDelete
          Replies
          1. tergantung produknya ya.. memang ada produk2 korea, thai, jpg yg harganya di bwh 100rb. tergantung beli di olshop mana, cari banyak referensi terpercaya dan beli di olshop yg memang trusted. Jangan terlalu bergantung dgn testi yg ditunjukkan oleh olshop ya, soalnya kadang mrk pandai memanipulasi; misalkan pake foto before-after produk lain sbg testi produk yg dia jual.

            Delete
        24. pagi dear.. aq mau tanya kl yg dijual olshop2 produk kecantikan yg diblng ori thailand, ori china, ori korea, dsb itu bahaya ga c?? mksh ya.. ^_^

          ReplyDelete
        25. artikelnya sangat bermanfaat,, pernah sempat pake produk yg gak jelas gitu, tpi skrng uda berhenti... mudah2an tdak ada efek jangka panjangnya.. Aaamiin. share ya!

          ReplyDelete
        26. magic glossy itu jg cream abal2 ya,lipgloss nenhong abal2 jg bkn sis. soal ny aq prnh beli yg lipgloss nenhong. beli di olshop. br mau pesen yg magic glossy. tp ragu tkt ny abal2. thanks..

          ReplyDelete
        27. Worth to share bgt nihh artikel..
          Kadang bingung sama cara pikir penjual dan pembeli..
          Ckckck

          phieselphie.blogspot.com

          ReplyDelete
          Replies
          1. iya sama syl.. yg penting untung banyak tp dgn cara gak bener :s

            Delete
        28. Haloo ce. Mau tanya dong, cream siang malam dr. Pure tu aman gak ya? Aq beli cuma 75rb...Aq cek no bpom nya trdaftar sih, tp ciri2 creamnya kok kyk yg cc sebutin yaa, warnanya putih pearly n kuning muda gt... Aq baru pake 3 hari, pertama rasanya agak panas n gatal di muka. Trs hr kedua kulit mulai ngelupas n agak perih... Aman gak sih ce?

          ReplyDelete
          Replies
          1. kalo aku blg sih abal :s di stop aja

            Delete
        29. Wah, makasih mbak artikelnya bagus!
          Saya juga pernah sempat ke goda beli make up pallette2 kayak gitu tapi ragu2 kok murah banget ya malah lebi murah daripada make up pallette punyanya Viva Asli. Ijin share ya, mbak :")

          ReplyDelete
        30. Terimakasih.. Artikelny sangat membantu mncerahkan pemikiran.. Hihi
          Sis, tau produk eleora gak? Punya review tentang produk itu gak? Kira2 produknya aman apa engga ya? Soalnya aku pernah pake -,-

          ReplyDelete
          Replies
          1. baru pernah dengar ini, dan stlh googling gambarnya. menurutku itu abal sih

            Delete
        31. Addduuuuuhhh, gimana yah. Aku tadi baru aja beli sist ada ibu" 2orang door to door gt, terus dia ngasih perawatan dirumah katanya sih dari dr. Siapa yah yg di klender and then dia nyebutin dr lis, dr perawatan kecantkan di rs.premier jatinegara emang bener ada, makan nya aku percaya, terus dia ngejual cream nya vit.e pagi/sore dan krim komedo dipake 1minggu 2kali sama sabun dan krim malam khusus flek, duuh gimana yah rasanya kaya ke hipnotis aja gitu dan total semuanya 250 , sumpah nyesel banget deh ����������������, buang aja yah. Ih sumpah jahat bangrt itu ibu" , terus katanya dia akan dateng setiap bulan nya selama 3bulan , buat perawatan lagi. Gimana yah sist? Sumpah aku baru kali ini. Aku biasanya pake yg herbal sist. Tapi kaya kepincut gitu, hati" yah untyk yg lainnya.

          ReplyDelete
          Replies
          1. Aduh sis :(( Sayang bangeet uda terlanjur beli ya. Mana belinya sepaket gt mahal lagi. Kan serem kalo pake krim abal2 kayak gt. Kayaknya better dibuang aja sis.. Trs tempatnya diancurin biar ga bs didaur ulang lagi..
            smoga ibu2 yg nawarin td ga mampir lg ke rumah sist ya.. kalo mampir lagi jgn dipersilahkan masuk, daripada dipaksa beli lg x_x

            Delete
        32. Sis kalo ponds aman gak yyak buat ibu hamilll ... alhmdllah sih so far aku hmga pernah kegoda beli kosmetik abal" .. kmren jg ad door to door merk shopua skincare .. ngeliat seles ajj muka putih pipi merah" ga karuan dmana bgusnya gtu .. tp heranya pada beli tuh kosmetik 1 paket 360 .. dan ktika ku nasehatin pada ga percaya .. ya sudahlahhh ..

          ReplyDelete
          Replies
          1. waduh kalau tentang itu sebaiknya konsultasi langsung ke dokter SPOG nya saja ya sis :) dokter yang lebih tau. Syukurlah ga ikut2an beli ya sis :) semoga tmn2 yg udah pake segera sadar akan bahaya krim2 abal

            Delete
        33. ka cara bedain krim wardah yg asli sma yg palsu gimana yaa? soalnya aku beli ditoko sma minimarket,aku perhatiin beda tempat industrinya sma btolnya jg aga beda dikit

          ReplyDelete
          Replies
          1. bedanya bgmn? apa mungkin packagingnya memang baru diperbaharui? untuk lebih jelasnya coba posting foto perbandingannya di fanpage nya Wardah yaa :) biar pihak wardah sendiri yang mengklarifikasi

            Delete
        34. sis... klau kita udah pake cream itu bertahun tahun, gimana ya? apa tubuh kita bisa mendetoks nya seiring berjalan nya waktu?

          ReplyDelete
          Replies
          1. Waduh ga bisa kalo otomatis detoks sendiri. Harus benar2 stop krim berbahaya dan diperiksakan ke dokter kulit untuk penanganan lebih lanjut.

            Delete
        35. infonya 👍top banget !aku sebarin boleh ya kak ini info?
          aku pake yg aman aman aj secretkey,etude,produk lokal yg mudah didapat kya wardah,MR, setengah lokal kaya Pixy,nivea ..😻
          Tapi susahnya saat kita ngingetin org laen yg mo pake ato pake skincare abal abal.. ya ampuuuun ...
          udah aq jelasin dg semangat kemerdakaan malah bilangnya..."yg penting muka kinclong"
          ada yg percaya ad yg cuek, oala yauda deh muke muke lu, yg penting uda aq ingetin...
          (maaf ya kak...agak emosi komennya,hehehe)

          ReplyDelete
          Replies
          1. sorry br balas >_<
            iya nih :/ memang banyak org yg nunggu kena hal buruknya dulu baru nanti kapok

            Delete
        36. Sist... Kalo mask roro mendut gimana?

          ReplyDelete
          Replies
          1. setau saya aman, krn homemade dan dari bahan alami

            Delete
        37. Klo krim lse herbal gimana sist,ada review gaaa,kira2 aman gaaa,dibantu dongg

          ReplyDelete
        38. Ce mau nanya, kalau cream siang malam dr beauty dri korea asli atau gakya? Soalnya udah lama juga pakai.. seminggu lebih gitu putih dn jerawaat mulai hilang apa itu berbahay juga? Mohon dijawab ya ce^^

          ReplyDelete
        39. kalo aku si nggak pernah pake produk abal2 yg dijual bebas di pasaran, tapi sekitar november tahun lalu aku pake krim dokter, nggak bikin putih si, cuma agak cerah aja, tapi setelah 6 bulan pemakaian krim entah kenapa jadi muncul bruntusan gitu awalnya cuma di jidat, setelah konsul lg dan diganti krimnya, tapi tetep aja nggak ada perubahan. yaudah aku bener2 stop semua krimnya pelan2, setelah 2 minggu stop, bruntusan di muka aku malah makin parah. baca2 di female daily forum, katanya krim dokter itu mengandung steroid yg nggak bagus buat jangka panjang dan efeknya kalo stop ya kaya yg aku alamin ini -__-
          udah sekitar 3 minggu aku nggak pake make up sama sekali buat ngedetoks racun yg udah terlanjur nyangkut dimuka aku, huhu :(
          tapi temen aku nyaranin pake ayu laurence, katanya si bahan2nya alami, tapi dia nggak terdaftar di bpom.
          kira2 tau nggak sis ayu laurence itu aman atau nggak?

          ReplyDelete
          Replies
          1. menurutku merk yg km sebutkan terakhir itu perlu diwaspadai sih..
            daripada pake itu mending pake merk yang uda lebih dikenal sis..

            Delete
        40. Sist aq mw tnya.. klw bibit pemutih dr makassaf dan frutamin soap bahaya ga yha ... mksh

          ReplyDelete
        41. Kakak cantik, ijin reshare yaa. Penting bgt nih infonya

          ReplyDelete
        42. Terimakasih infonya..
          Alhamdulillah gak pernah pakek yg gitu-gitu..
          Tapi punya oriflame produk andalan yang aman dan halal..

          ReplyDelete
        43. kalo vampir yg serum itu gmna sist? menggiurkan bgt

          ReplyDelete
          Replies
          1. itu sy kurang tau, setau saya sih dari thailand.. coba beli di seller yang trusted aja ya..

            Delete
        44. Hi kakak. Saya dari Malaysia. Mau bertanya. Apakah benar produk Tabita atau sekarang ini dikenali sebagai Desi Damayanti skincare itu memang popular di indonesia? Kerana skincare brand ini amat mahal dijual disini dan memang betul berkesan bila dipakai. Saya lihat teman saya menggunakannya. Saya mau mencuba skincare itu namun saya agak ragu2 dengan produk itu.

          ReplyDelete
          Replies
          1. Hi :) It's my first time hearing a skin care brand named Desi Damayanti Skin care or Tabita, and that brand isn't popular in Indonesia. Saya pun ragu dengan brand ini, dan saya tidak rekomen sama sekali.

            Delete
        45. Really kakak? Tidak mau saya cuba jika begitu. Terima kasih ya kerana reply comment saya kakak. ��

          ReplyDelete
        46. Barusan aku beli cream di stall gitu yg suka nongkrong di dalem supermarket. Aku tertarik beli karna dipakein trus lumayan gitu hasilnya. Namanya panjang banget 'Bio cream natural plus madu with strawberry' itu ada no bpom nya trus aku cek lah pas smentra ditawarin sellernya dan ternyata terdaftar. Pas dirumah aku coba creamnya tekstur nya ga lengket sama skali sih baunya juga ga chemicly gitu tapi aku masih ragu aja sama krim-krim yg dijual di stall gitu. Apa itu safe ya?

          ReplyDelete
        47. AMOS WHITE termasuk egk yaa.???
          Pengen ku fotoin tp gk bs.ud 3bulan aku pake.tp efek nya emg lama bget wajah ku jg gk putih2.lama2 keliatan lbh bersih aja.ini ud 3bulan flek hitam jg baru mulai memudar hadeeeh...
          Tolong yaa info nya 😯😐😐

          ReplyDelete
        48. Gatel pengen tanya soal nya aku baca dr koment yg ada gk ada yg tanyain soal criem AMOS WHITE.
          Aku uda pake criem AMOS WHITE selama 3bulan ini.tp efek nya emg lama.wajah ku gk putih2 flek jg lama bru pudar.jerawat jg kdang2 msh muncul.aku pake criem mlm aja sih.mles pake criem siang nya.yg pengen aku tanyain ini criem Amos aman gk ya.???

          ReplyDelete

        I do appreciate every comment of yours :D
        Thanks for visiting my blog! Enjoy~

        Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...