Tuesday, November 3, 2015

Pengalaman Mengurus Perpanjangan Passport Secara Online

[Recently I just renewal my passport and I'm glad to share this information to my blog readers, because this important thing is definitely related with travelling ^_^ If you're one of my international readers and want to read this post, kindly use google translate. Thank you]


Hai semua! Beberapa saat yang lalu aku baru saja memperpanjang Passport ku yang hampir habis masa berlakunya (masa berlaku akan habis 6 bulan lagi), dan karena menurutku informasi ini akan berguna; maka aku memutuskan untuk membagikan pengalamanku mengurus Paspor di blog ini ^_^ Aku sengaja mendokumentasikan setiap step / cara-cara dalam pengurusan Passport via online ini. Semoga dapat berguna ya :D


pengalaman mengurus perpanjangan paspor, paspor online, membuat paspor online, imigrasi online, mengurus paspor di surabaya, perpanjangan passport di surabaya

Sedikit info saja, aku adalah perantau yang mengurus Passport di Surabaya. Jadi kalau kalian tanya apakah mengurus Passport harus di kampung halaman / kota asal? Jawabannya TIDAK.

Sebelumnya aku hampir saja mau melakukan perpanjangan secara manual di Unit Layanan Paspor Kantor Imigrasi Surabaya yang terletak di Maspion Square, dan pertamanya aku agak males-malesan perpanjangan karena prosesnya juga panjang dan ribet menurutku. Harus datang ke ULP tersebut pada dini hari untuk absen dan mengurus secara manual sampai tengah hari. Ya ampunn untung aja pacarku meluruskan jalanku dan ngajak aku untuk ngurus di kantor imigrasi yang di Waru Sidoarjo. Apalah jadinya kalo aku harus ke Maspion Square subuh-subuh untuk daftar nomor antrian hahaha -___- , dia ogah nganterin kalo aku pake cara manual gini. LOL


Nah, kalau mau ngurus perpanjangan paspor secara online gimana sih?
Website resmi imigrasi Indonesia: http://www.imigrasi.go.id/

pengalaman mengurus perpanjangan paspor, paspor online, membuat paspor online, imigrasi online

Di website ini banyak informasi yang kalian bisa peroleh, dari pengurusan paspor biasa, visa kunjungan, visa tinggal terbatang, surat perjalanan dst. Semakin hari websitenya semakin oke dan lengkap ^_^


Di bagian tengah homepage ini di bagian kotak online service, klik icon yang paling kiri untuk memilih "Layanan Paspor Online" atau langsung aja ke LINK INI.



PENGISIAN DATA DIRI
(VIA ONLINE)


Aku mengisi data diri pada tanggal 16 Oktober 2015. Setelah masuk ke link "Layanan Paspor Online", kalian akan langsung menemui tampilan website ini dan bisa mulai untuk mengisi data diri dengan meng-klik kotak warna biru bertuliskan "Pra Permohonan Personal".



1. ENTRY DATA DIRI
Tulis data diri kalian dengan tepat dan lengkap. Untuk perpanjangan Paspor, pilih opsi "Penggantian - Habis Berlaku", masukkan no paspor lama, pilih 48H perorangan dan pilih kantor imigrasi yang ditunjuk. Dalam hal ini aku memilih kantor imigrasi Kanim Kelas I Khusus Surabaya.



Selanjutnya, masukkan nama lengkap, jenis kelamin, tinggi, TTL, status sipil, pekerjaan, e-mail, No identitas, tempat ID dikeluarkan, tanggal dikeluarkan dan tanggal berlaku ID. Oh ya, untuk melakukan perpanjangan Paspor secara online, WAJIB BANGET untuk punya alamat e-mail lho.. Jadi kalau kalian jarang pake e-mail atau bahkan ngga punya e-mail, mungkin bisa pinjam e-mail ke keluarga atau teman :)



Masih lanjut ke informasi pemohon, masukkan alamat rumah dengan lengkap dan masukkan alamat kantor. Untuk alamat rumah, sesuaikan dengan alamat di kota asal / kampung halaman bagi kalian para perantau, dan masukkan alamat kantor di kota dimana kalian akan membuat paspor tersebut.



Masukkan informasi alamat orang tua, dan masukkan alamat lama kalau kalian mungkin pernah pindah rumah dan alamat di kartu identitas yang sekarang berbeda dengan alamat yang dulu..



Masukkan informasi ayah dan ibu, beserta kewarganegaraan dan tempat tanggal lahir.



2. VERIFIKASI PERMOHOHAN
Setelah semua data sudah lengkap diisi, akan muncul halaman verifikasi permohonan untuk re-check apakah data yang kita ketik sebelumnya sudah lengkap dan aktual. Biaya Permohonan Perpanjangan Paspor adalah Rp. 355.000 dan metode pilih metode pembayaran Bank BNI (ATM/teller). Ngga masalah kalau kalian ngga punya rekening di BNI, karena kita akan bayar melalui teller :)




Setelah step ini, akan ada pilihan kapan kita akan buat janji untuk wawancara. Nah sebelum itu diberi selang waktu 2 minggu untuk pembayaran. Maaf untuk step yang ini aku lupa ngga screen capture -_- jadi kelewatan deh dokumentasinya. Setelah memilih rentang tanggal yang diinginkan untuk membayar biaya, klik lanjut dan mereka akan langsung mengirimkan e-mail konfirmasi.



3. PROSES PEMBAYARAN
Setelah semua sudah selesai, sistem akan mengirimkan e-mail konfirmasi kepada pemohon dan kita perlu utk cek e-mail dan melakukan pembayaran sebelum melakukan proses selanjutnya.



Buka e-mail dan akan muncul e-mail dari spri@imigrasi.go.id. E-mail ini dikirim oleh sistem dan sifatnya NO-REPLY, jadi ngga perlu dibalas karena ngga akan nyampe ke kantor imigrasi :p





lampiran (attachment) yang ada di e-mail adalah seperti ini:



Jangan lupa untuk print bukti pengantar ke bank ini dan bayar ke teller BNI terdekat.
Setelah proses pembayaran, kalian akan mendapat tanda bukti pembayaran imigrasi seperti di bawah ini :)



Setelah membayar, balik lagi ke e-mail yang tadi.. terus kita klik link konfirmasi atau klik 'LANJUT'




Maka akan langsung menuju halaman ini..

4. KONFIRMASI TANGGAL KEDATANGAN
Verifikasi berhasil dan setelah memastikan nama pemohon, tanggal lahir dan alamat e-mail; bisa klik LANJUT untuk proses berikutnya.




Masukkan nomor "jurnal bank" pada bukti pembayaran ke dalam kolom no. bukti pembayaran di bawah ini:



Pilih tanggal kedatangan yang kamu mau :) tanggal yang bisa dipilih adalah yang warnanya hijau-hijau. Sepertinya memang hanya bisa pilih tanggal yang dekat-dekat dengan registrasi dan pembayaran. Jadi kalau kalian belum siap untuk ke kantor imigrasi dalam waktu dekat, sebaiknya atur dulu waktu dan registrasi pada waktu yang cocok dengan jadwal kalian. 




Now processing..



Pendaftaran via online pun selesai :) Tinggal interview di tanggal yang kalian pilih sebelumnya



Sekali lagi, kalian akan menerima e-mail berupa konfirmasi kedatangan ke kantor imigrasi beserta dengan lampiran tanda terima permohonan yang harus diprint dan dibawa pada hari wawancara.



Yang harus disiapkan untuk interview adalah:
1. KTP asli yang masih berlaku + fotocopy KTP 1 lembar
2. Kartu Susunan Keluarga asli + fotocopy KK 1 lembar
3. Akter lahir / ijazah pendidikan terakhir / buku nikah + fotocopy 1 lembar
4. Paspor lama + fotocopy Paspor halaman depan dan belakang @ 1 lembar
5. Bukti pembayaran dari bank
6. Semua print out lampiran 2 e-mail dari kantor imigrasi
7. Materai 6000 (bawa saja untuk jaga-jaga)
8. Bolpoin

NB: SEMUA DOKUMEN DIFOTOCOPY dengan ukuran A4, JANGAN dipotong
Untuk fotocopy KTP, aku tidak tahu bagaimana standar kantor imigrasi sih, tapi kalau aku sih perbesar 125% dan posisi KTP ada di tengah atas.





INTERVIEW (HARI WAWANCARA):


Sesuai jadwal yang telah kurencanakan, aku datang ke kantor Imigrasi pada tanggal 26 Oktober 2015. Kantor imigrasi buka dari jam 08.00 - 14.00. Aku kurang tahu apakah sebelum jam 8 sudah bisa mengantri, tapi aku baru sampai ke kantor imigrasi jam 8 lewat sedikit :p

pengalaman mengurus perpanjangan paspor, paspor online, membuat paspor online, imigrasi online

KANIM KELAS I KHUSUS SURABAYA
Kantor Imigrasi di Jl. Jend. S. Parman No. 58/A, Waru Sidoarjo
Jam layanan: 08.00 - 14.00 (hari senin-jumat)

Biaya parkir: Motor Rp. 1.000 dan mobil Rp. 10.000


Pada waktu aku sampai ke kantor imigrasi, aku langsung menuju ke meja pendaftaran, mengambil nomor antrian yang keluar secara otomatis di mesin dan mendapat map hijau dan lembar pernyataan meminta paspor lama.
Aku sampai ke kantor imigrasi sekitar jam 08.05 WIB dan dapat nomor antrian F-39 (untuk jalur online).



Jam 08.20 sudah cukup ramai, tapi karena bilik interviewnya ada banyak, tidak butuh waktu terlalu lama untuk melakukan interview.





Kalau kita sudah mengisi data diri via online, kita ngga perlu lagi capek-capek mengisi formulir pendaftaran. Kegunaan bolpoin yang kita bawa hanyalah untuk menuliskan surat permintaan pengembalian paspor lama kepada pemohon. Dalam hal ini aku meminta kembali paspor lama ku untuk kebutuhan pengurusan visa di masa mendatang :)


Setelah isi, tidak butuh materai ya.. materai hanya dibutuhkan untuk jaga-jaga kalau misal ada dokumen pernyataan lain yang harus kita isi. Temanku pernah mengisi dokumen pernyataan bahwa KK yang dia bawa adalah asli, karena kebetulan ada ketidak cocokan beberapa dokumen yang membuat kantor imigrasi memintanya menuliskan surat pernyataan dan tanda tangan diatas materai.







40 menit kemudian pada pukul jam 08.45 nomor antrian Walk-in sudah habis. Jadi kurasa kalau kalian mau pakai jalur manual, usahakanlah datang lebih pagi :) Mungkin jam 7.30? Supaya dapat nomor antrian dan ngantrinya juga ngga terlalu lama.. Aku sempat tanya-tanya ke petugasnya.. Katanya kalau jalur walk-in hanya disediakan sekitar 100 - 125 nomor, dan jalur online sekitar 70 orang,


kalau ada dokumen yang lupa belum difotocopy, bisa fotocopy di area kantor imigrasi (di samping musholla). Tapi lebih baik sih persiapkan semuanya dari rumah, jadi di sini ngga perlu bingung-bingung fotocopy lagi :)
bilik-bilik yang berisi petugas-petugas pewawancara

Nomor antrianku dipanggil sekitar jam 10.00 WIB. Jadi aku menunggu di ruang tunggu selama 2 jam sampai nomor antrianku dipanggil. Menurutku sih lumayan cepet lah, I have expected worse :p haha. 



Dokumen yang harus diserahkan kepada petugas wawancara & foto adalah :
(SEMUA DOKUMEN DALAM ukuran A4)
1. Map hijau imigrasi (dapat free)
2. Surat pernyataan meminta paspor lama juga dikembalikan (diselipkan di dalam map hijau)
3. KTP asli yang masih aktif + fotocopy KTP (punyaku aku perbesar 125%)
4. Kartu Susunan Keluarga asli + fotocopy KK
5. Akter lahir / ijazah pendidikan terakhir / buku nikah + fotocopy
6. Paspor lama + fotocopy Paspor halaman depan dan belakang
7. Bukti pembayaran dari bank
8. Nomor antrian (untuk distaples di map hijau)

Biasa proses wawancara untuk perpanjangan lebih cepat dibandingkan buat baru sih. Petugas cuma memeriksa kelengkapan dokumen-dokumenku, dan cuma tanya rencana mau kemana. Aku jawab masih belum ada rencana tapi mungkin tahun depan mau ke Korea lagi :P (aminn!).
Pokoknya asal dokumen kita lengkap, ngga akan sulit kok mengurus pembuatan baru / penggantian paspor ini. Kalau ibu-ibu di sebelahku yang kebetulan mau buat Paspor baru ditanyain namanya siapa, lahir dimana, tanggal lahir, dan rencana mau pergi kemana dan dalam rangka apa.

Untuk diperhatikan: demi kelancaran foto Paspor, jangan memakai pakaian dengan belahan dada rendah. Sangat dianjurkan memakai kemeja rapi dengan warna bebas selain putih, juga makeup seperlunya. Ketika diambil fotonya pun harus memperlihatkan alis dan telinga.






INFORMASI DARI KANTOR IMIGRASI
(Siapa tahu dibutuhkan)


syarat permohonan paspor baru dan permohonan perpanjangan. Klik untuk perbesar foto

syarat izin tinggal terbatas (ITAS). Klik untuk perbesar foto

Prosedur Permohonan Paspor One Stop Service (OSS) Baru / Penggantian. Klik untuk perbesar foto

Prosedur Permohonan Paspor Online. Klik untuk perbesar foto






PENGAMBILAN PASSPORT


Berhubung lagi butuh passport cepet untuk hunting tiket bareng teman teman kantor, langsung aku pergi ke kantor imigrasi pada hari ke-4 setelah pembuatan passport (aku bikin hari senin tanggal 26 Oktober, dan mencoba ke kantor imigrasi lagi hari jumat tgl 30 Oktober). Ehh ternyata punyaku belum jadi -___- katanya disuruh nunggu pemberitahuan via SMS dulu.. Jadi agak merasa sia-sia pergi ke sana.. Lha aku udah telpon ke nomor telp kantor imigrasi sampe puluhan kali ngga ada yang angkat sih.. Jadi fungsinya apa dong pasang telpon kantor? #maafjadingomel

Eh setelah itu aku baru kepikiran untuk ngecek status permohonanku di websitenya imigrasi :P HAHA
Bisa klik langsung di websitenya di SINI.


Untuk cek status permohonan, masukkan nomor permohonan yang bisa dilihat di tanda bukti pembayaran, masukkan kode captcha dan maka akan nampak status permohonan saat ini.



Akhirnya aku kembali lagi ke kantor imigrasi siang hari pada tgl 2 November untuk mengambil paspor baruku..
Untuk mengambil paspor, tidak butuh banyak waktu untuk mengantri dan prosesnya pun relatif singkat dan cepat.

mengurus paspor di surabaya, perpanjangan passport di surabaya

Yayy akhirnya pasporku jadi juga ^____^
Waktu paspornya udah jadi, petugas akan meminta kita untuk fotocopy halaman depan dan belakang di tempat fotocopy di kantor imigrasi dan kita akan diberikan sampul paspor secara gratis. Biaya fotocopy dan pemberian sampul paspor ini adalah Rp. 5.000


pengalaman mengurus perpanjangan paspor, paspor online, membuat paspor online, imigrasi online, mengurus paspor di surabaya

Hehe seneng banget akhirnya paspor baru sudah di tangan :D :D
Ada kepuasan tersendiri lho karena bisa mengurus paspor tanpa bantuan calo dan prosesnya pun cepat dan mudah. Hanya butuh waktu 2 hari (interview & pengambilan paspor), dan proses menunggu interviewnya pun hanya 2 jam. Kalo ada cara pengurusan online seperti ini, ngga perlu rempong-rempong ngantri di UPL dari subuh deh.




INFORMASI PENTING LAIN
(yang sebaiknya diperhatikan)


1. Jangan lupa memperpanjang Paspor selambat-lambatnya 6 bulan dari jadwal keberangkatan ke luar negri. Banyak maskapai penerbangan yang tidak mau menerima penumpang yang masa berlaku paspornya habis dalam masa 6 bulan.
2. Usahakan untuk tidak mengurus pembuatan paspor baru / perpanjangan paspor yang sangat mepet dengan jadwal penerbangan; karena kita tidak pernah tahu kapan akan ada delay dari kantor imigrasi.
2. Bawa bolpoin dan materai 6000 untuk berjaga-jaga.
3. Sebelum pergi mengambil paspor, selalu cek status permohonan di website imigrasi
4. Datang lebih awal agar bisa dapat nomor antrian awal dan proses interview yang lebih cepat. Misalkan datang antara jam 07.00-08.00.




Any question? Kalau ada pertanyaan lebih lanjut silahkan ajukan saja yaa :D
Semoga post ini bisa membantu..
Thanks for reading!

41 comments:

  1. ci,artikelnya bagus..informatif banget..
    seneng kalau bisa diurus online ya ci, lebih efisien^^
    thankyou for sharing

    saycintya.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. mau tanya.. ini perpanjang paspor biasa atau epaspor ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. paspor biasa :)
      kalo e-paspor harganya 500rb lebih

      Delete
    2. Liat dr website pengajuan passport nga ada pilihan E-PASSPORT, ada cara untuk proses e-passport melalui ONLINE?

      Delete
    3. kalau info dari tmnku, utk pembuatan e-paspor masih pake manual deh.. belum bisa online..

      Delete
  3. Makasiih infonya ya. Saya lagi butuh info buat bikin paspor baru. Berguna banget nih infonya :-)

    ReplyDelete
  4. Punyaku baru berumur setahun, hehee...
    Semoga nanti bisa urus sendiri krn kayaknya gampang ya :)

    ReplyDelete
  5. Hai xiao vee, sy juga perantauan dr medan br tinggal di sby 1tahunan. Sy rncna mau perpanjang pasport
    juga di imigrasi kota surabaya, apakah kalau perantauan dibutuhkan surat ijin tinggal terbatas ya? Info donk...

    ReplyDelete
  6. @Hairi Yanti: sama2 ^^ senang kalau bisa berguna

    @Hidayah: Iya gampang ternyata :D hehe

    @Lina Guiness: Tidak perlu surat ijin tinggal terbatas :)

    ReplyDelete
  7. Wah harus bawa kk asli ya shel? Kk ku kan ya dbwa sma papa ku, gak ada d ak.. agak serem jg kalo mau dikirim kirim pke expedisi haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya setauku harus del.. krn dicek keasliannya.. kmrn pas aku interview petugasnya jg ngecek KK asliku hehe..
      kirim pke ekspedisi dan dikasih asuransi aja ^^

      Delete
  8. Mksih bnyak infonya ciiek bagus sxli pi q mau tanya punya ciciek pasport lama buat dmn/dikeluarin dmn? surabaya jg apa daerah lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2~
      di kampung halaman :) yang jelas bukan di Surabaya hehe

      Delete
  9. Kalau buat baru apakah harus sesuai dengan KTP setempat? Terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga harus punya KTP setempat kok.. KTP ku masih alamat di kota asal ^_^

      Delete
  10. Oww... okee... terima kasih info.nya....^^

    ReplyDelete
  11. klo ga punya akte kelahiran bs ga ya bikin paspor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo akte lahir gak ada, bisa pake ijazah pendidikan terakhir atau buku nikah :)

      Delete
  12. Ci, akhirnya dikirim sms untuk pengambilan pasport nya??
    Hehehe thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya akhirnya di SMS kok tp agak telat, udah aku ambil duluan passportnya hehe

      Delete
  13. Terima kasih banyak buat sharing artikelnya :) jelas dan sangat membantu.

    ReplyDelete
  14. hii
    berguna bgt nih buat aku
    thx info2 nya

    tp aku mo tanya nih
    klo misal sdh abis masa aktif nya gmn proses nya? apa sama kaya yg kmu info ato
    sama kaya buat baru?
    thx seblm nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu aku jg tdk pernah mengalami jd belum tau.. kurasa sih seperti bikin baru ya :)

      Delete
  15. kalau perpanjang sebaiknya pas habis masa berlaku atau 6 bulan sebelumnya? thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jauh2 hari sebelum 6 bulan sebelum masa aktif paspor habis ya :)

      Delete
  16. Ci, aku daftar via ol utk pembuatan paspor baru. Wktu isi data ud bener semua, tp pas ud bayar trs print data eh nama ayah sm ibu sama. Nanti jd masalah ga? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo2 sorry baru balas komen nya >_< jadinya bgmn? apa bisa?
      kalo casenya begitu seharusnya bs diperbaiki pas nanti di kantor imigrasinya. asal bawa KK fotocopy dan asli

      Delete
  17. Terima kasih infonya.. Sangat berguna.

    ReplyDelete
  18. Info sangat berguna, besok saya coba. Thanksssss

    ReplyDelete
  19. Maaf mau nanya, untuk standar fotocopy paspor lamanya gimana ya mba? Thanks before :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. seingatku tidak ada yang khusus sih.. fotocopy seperti biasa saja.. halaman depan + belakang :) bukan covernya ya..

      Delete
  20. hai..
    aku mau nanya..aku kan juga baru buat paspor baru, halaman terakhir apa memang dikosongi ya dari kantor imigrasinya?
    soalnya punyaku halaman terakhirnya dikosongi semua..
    btw..thanks anyway ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo..yg tentang "informasi pemegang"?
      iya punyaku juga kosong. Sepertinya memang pemegang passport yang harus nulis, karena itu sebagai data kalau2 passportnya hilang terus ditemukan oleh org lain.

      Delete
  21. Emankny waktu ambil paspor baru disuruh fotokopi depan belakang ya?, Soalny kemarin wkt paspor jd ak gk disuruh fotokopi. Itu untuk apa fungsi difotokopi?, Untuk sndr atau ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu aku disuruh sih.. mungkin buat back up / rekap mereka kali yaa :)

      Delete
  22. mau tanya, kalo statusnya udah serahkan paspor berarti udah bisa diambil ya? (mengingat baru sekitar 2 hari kerja, datang wawancara dll 8/12/2016 dan 9/12/2016 dicek status di web imigrasi sudah serahkan paspor)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm tunggu disms aja deh utk amannya :)

      Delete

I do appreciate every comment of yours :D
Thanks for visiting my blog! Enjoy~

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...