Wednesday, September 21, 2016

Blogging 101: Perlukah Blogger Menulis Event Report Setelah Menghadiri Suatu Event?

Halo semua! Sebelum bercerita lebih lanjut, di sini saya tidak bermaksud menyindir atau menghakimi siapa-siapa. Topik ini sudah lama ingin saya bahas, siapa tau bisa jadi referensi juga bagi blogger baru :) Mungkin post ini ngga relevan bagi sebagian besar pembaca blog ini (karena tidak semua pembaca blog ini adalah seorang blogger), tapi aku harap setidaknya post ini bisa menjadi insight atau latar terbuka bagi kita semua untuk bertukar pikiran ^_^




Perlukah seorang blogger untuk menulis event report setelah menghadiri suatu event? 
(tentu saja menuliskan di blog mereka masing-masing, bukan di surat pembaca yaa..)


Bagi kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Bali dst, keberadaan bloggers semakin diakui dan bloggers menerima berbagai macam event invitation. Bisa berupa event kecantikan, motherhood, lifestyle, gadget, gathering dst. Setelah bloggers menerima undangan dan datang ke acara, tentu selanjutnya akan muncul pertanyaan di diri para bloggers sebelum atau sesudah menghadiri event tersebut. 

"Perlu gak sih gua nulis event report di blog setelah ini?"
"Wajib kah saya menulis blog post tentang event ini?"

Jawabannya: bisa IYA, bisa TIDAK.



1. TIDAK, kalau PR / marketing dari company atau brand tersebut dari awal sudah memberikan statement seperti ini: "tidak wajib ditulis di blog, yang penting diupload di media sosial." atau "tidak wajib kok.. tapi kalau bisa ditulis di blog kami akan berterima kasih sekali."

2. IYA, kalau PR / marketing dari company atau brand tersebut jelas-jelas meminta blogger yang diundang untuk menuliskan post, yang kadang ada tenggat waktunya; misal dalam jangka waktu 2-4 minggu.

3. IYA, walau tidak ada pernyataan eksplisit tentang kewajiban penulisan event report di blog; tetapi kalau kita sudah datang event dan dapet keuntungan seperti goodie bag atau vouchers, seharusnya kita memiliki itikad yang baik dengan memberikan "tanda terima kasih" berupa hal simpel seperti menuliskan event report di platform blog kita masing-masing.



Ingat, kita diundang sebagai blogger, guys.. bukan sebagai tamu biasa.
Jadi blogger kerjaannya ngapain? Ya ngeblog lah sis / bro... Kalau udah diundang acara terus acaranya ngga dipost diblog, terus ngapain PR / marketing company capek-capek ngundang?




FYI, aku menerima undangan pertamaku 5 bulan setelah pertama kali nge-blog, tepatnya bulan Juli 2012. Jujur, selama aku jadi blogger aku hanya pernah diundang event sekitar 20-an kali dan bisa hadir ke 15-18 events. Yah maklum di Surabaya kan event nya jauh lebih sedikit dari pada di Jakarta, ini aja udah lumayan seneng karena makin banyak event yang bermunculan di Surabaya.

Dari sekian banyak event yang aku hadiri itu itu, ada 1x event yang aku telat banget ngepostnya (aku posting 4 bulan setelah acara, akibat terlalu menunda *ngaku dosa*) dan ada 1x event yang memang pihak penyelenggara udah kasih statement kalo bloggers ngga wajib nulis post, tapi hanya perlu upload foto selama acara di social media. ---> Walaupun kenyataannya aku udah setengah jalan nulis event report tersebut tapi karena satu dan dua hal batal dipublish :s

But at least, I've tried my best to give my gratitude towards company that invited me.
Pasti ngga ada diantara kita yang mau dicap sebagai goodie bag hunter kan? Me neither...
Bukan menyindir atau menghakimi siapa-siapa (aku tau banget diantara kita punya kesibukan sendiri-sendiri, bahkan mungkin buat me time aja gak sempet), tapi diundang sebagai blogger ini menurutku adalah kesempatan yang prestigious dan harusnya sebagai blogger kita punya tanggung jawab moral untuk memberikan rasa terima kasih terhadap pihak penyelenggara yang telah mengundang dan mempersiapkan segalanya :)

"Kalau lagi sibuk terus, emang gak sempet nulis post gimana dong?"
"Kalau saya emang orang sibuk gimana dong?"
  1. Mungkin lebih baik dari awal tidak datang daripada nantinya tidak yakin bisa menuliskan event report.
  2. Minta maaf kepada pihak penyelenggara kalau tidak bisa menuliskan post, tapi dengan itikad baik menggantikannya dengan hal lain.. Misalnya dengan review post dan bantu promosi produk yang didapatkan melalui goodie bag di event tersebut.
  3. Lebih baik dari awal harus sudah bikin perjanjian dengan pihak yang mengundang kalau tidak bisa menulis post dalam waktu dekat (mereka pun pasti bisa mengerti, atau kalau misal mereka butuh event report dalam waktu dekat yaa.. direlakan aja kesempatan ini untuk dioper ke blogger lain)
  4. Kalau ada fee yang dikenakan oleh blogger untuk cover event tsb, bisa dibicarakan lebih awal. Jadi semuanya transparan.

Apa saja hal yang mendasari sebuah perusahaann / PR brand untuk mengundang bloggers hadir ke acara yang mereka adakan? Entah ini sebuah product launching, gathering, product or service trial or else. Saya bukan seorang Public Relations atau marketing perusahaan, tapi saya mencoba untuk memahami situasi dan kondisi dari kedua belah pihak.

Sebagai PR: "Apa yang saya harapkan dari bloggers kalau saya mengadakan event?"
1. Acara bisa berjalan lancar, baik dan meriah
2. Tamu undangan (termasuk bloggers) bisa enjoy acara yang telah berlangsung
3. Para bloggers bisa menuliskan experience nya dalam megikuti acara di blog masing-masing.


Maka dari itu, menurut pendapat saya secara pribadi:
Semua balik ke diri masing-masing sih, TAPI sebaiknya sih tetap diusahakan untuk menulis event report, as soon as possible... Biar terjalin hubungan yang baik antara kedua belah pihak lah ya :) PR company senang, bloggers juga senang. Pihak company juga bisa respect dengan blogger :)
Jadi blogger itu tidak mudah lhoooo.. jangan dikira blogger ngga ada kerjaan sendiri... Biaya transport, waktu dan tenaga yang dicurahkan untuk dateng event kan juga ada XD

Jadi kalau menurut saya, sebaiknya sebagai pihak:
1. BLOGGER
 Mari untuk selalu berusaha menjadi pihak yang disegani dan disukai PR / Marketing brand, yakni dengan melakukan tanggung jawab sebagai blogger, yaitu dengan posting event tepat waktu sesuai perjanjian yang telah dibuat sebelumnya
 Usahakan untuk tidak datang terlambat di event (saya juga bukannya ngga pernah telat kok, tapi telatnya juga jangan terlalu parah lah ya.. dan harus mengabari pihak yang mengundang kalau telat)
 Wear appropriate outfits untuk events, sebaiknya ngga pake baju yang terkesan nyantai banget  atau ngga sesuai dengan situasi (seperti kaos belel, celana gombrang, hotpants ^_^;;)
 Usahakan ikuti acara sampai selesai, kalau pun tidak bisa mengikuti sampai selesai dengan alasan tertentu, beritahukan dengan pihak yang mengundang secara baik-baik.


2. PUBLIC RELATIONS / MARKETING / Perwakilan dari Brand
 Mengusahakan untuk tidak mengundang bloggers secara mepet-mepet, memberikan batas waktu posting yang terlalu singkat (contoh: max 1 minggu setelahnya), dan mudah dihubungi kalau ada pertanyaan.
 Tidak memberikan goodie bag yang dirasa kurang sebanding dengan perjuangan bloggers untuk sampai ke acara... Bloggers juga punya kesibukan sendiri-sendiri, dan untuk pergi ke acara, kami juga butuh untuk mengorbankan waktu, tenaga dan biaya ^_^;; Belum lagi usaha jepret-jepret foto, edit foto, nulis untuk event report.
Jujur saya pernah terima goodie bag yang isinya cuma sample aja, dan ada yang tanggal kadaluarsanya sudah mepet banget.. Itu kan... bikin sebel tapi cuma diempet aja LOL
 Tidak menelantarkan bloggers selama acara ---> Maksudnya, plis jangan suruh kami datang acara pada jam makan siang atau jam makan malam kalau memang pihak penyelenggara tidak menyediakan lunch / dinner ^_^;;; Kalau ini lumrah lah ya.. misal kalau kita dapet undangan syukuran / ultah pada jam-jam lunch atau dinner, pasti kita expect dapet makanan kan? Kalau cuma dapet snack aja kan... lumayan krik krik.. LOL
 Tidak "menjebak" bloggers untuk otomatis ikut aturan main yang baru dijelaskan selama acara. Misalkan sebelum acara para blogger ngga dikasih tau apa-apa nih, terus pas acara ternyata bloggers wajib melakukan A dan B setelah acara selesai ^_^;; Kan rasanya kami jadi merasa "terjebak" gitu, dan bisa langsung ilfeel dengan brand yang bersangkutan.




Kadang nih ya.. ada PR / marketing brand yang udah ngga mau ambil pusing kalau bloggers yang diundang tidak menepati janji untuk ngepost, dan ngga mau kasih reminder lagi ke blogger yang bersangkutan; karena udah lelah XDD
Jadi bagi yang ngga dapet reminder (atau ngga diteror lagi) untuk segera ngepost, jangan senang dulu... jangan heran kalau next event ngga diundang lagi.. (‾⌣‾"٥) haha...




Mungkin sekarang diantara kalian ada bloggers yang mau tanya kayak gini:
"Terus nih, kak.. Gimana sih caranya biar saya bisa diundang ke event-event seperti itu?"

Caranya mudah aja kok:
1. Pajang e-mail & keterangan domisili di sidebar kanan atas blog, jadi brand / PR tau harus menghubungi kemana. Tentunya e-mail juga harus rajin dicek loh yaa..
2. Gabung komunitas blogger di sosial media, biasanya ada open invitation yang disebar melalui komunitas gitu. Jadi kita yang akan mendaftar ke pihak penyelenggara agar dihubungi :)
3. Berteman dengan banyak bloggers. Biasanya undangan juga bisa datang dari bloggers. Tapi dalam usaha untuk berteman plis jangan minta follow back blog / twitter / IG ke temen bloggers yang udah lebih senior ^_^;; Bukannya sombong, tapi bloggers tersebut akan follow kalian dengan sukarela kalau emang suka dengan isi sosial media kalian kok.. Jadi tidak perlu request atau memaksa.. Perbaiki kualitas feeds dan blog sendiri aja :)
4. Terus improve kualitas konten blog. Nanti pihak brand yang bisa nemu-nemu sendiri kok :)





Sekiranya itu aja yaaa yang kali ini aku bisa bagikan ke kalian ^_^
Semoga yang masih bingung bisa dapat pencerahan...
Kalau ada komen atau pengalaman serupa, boleh share di comment section di bawah lho :D

Thanks for reading guys!

13 comments:

  1. Great one. Love your post about this topic whether or not a blogger needs to post about an event. :)

    ReplyDelete
  2. Bener banget nihh... sama2 saling menghargai ya antara blogger & brand

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa biar ada kerjasama yg baik antara kedua belah pihak :)

      Delete
  3. Ini post slentingan banget deh ce. Minimal kasih konsumsi minum itu kita juga butuh deh. Haha. *trauma*

    gadzotica.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. XDD ini bicarain event yg manaa dis? hahaha

      Delete
  4. Kalau saya sih simple aja. Event yang saya datangi secara pribadi pun seringkali saya tulis, untuk catatan buat diinget-inget pas baca2 lagi. Kayaknya aneh juga memang, diundang as a blogger tapi kok nanya, perlu ditulis di blog atau enggak. :D Tapi ya itu kalau saya sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya setuju :D thanks for sharing your thoughts!

      Delete
  5. Setujuuuuuuuuuuuu..... Postingan ini adalah suara hatiku eaaaaaaa setujuuuu setujuuuu setujuuuu

    ReplyDelete
  6. A very nice post, Kak. Sebagai blogger amatir, artikel-artikel kayak gini membuka mata sekali. :)

    ReplyDelete
  7. Aku jujur aja agak males mau nulis event report kalk ga disyaratkan krn bingung juga nulis runutan acaranya heheheh, kelemahanku hiks. Tapi kalo emang wajib nulis, pasti akh usahain.
    Nice post shel, thanks for sharing your thought

    esybabsy.blogspot.co.id

    ReplyDelete

I do appreciate every comment of yours :D
Thanks for visiting my blog! Enjoy~

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...