Tuesday, August 7, 2018

Cara Mengaktifkan Nomor SIM Card Indosat Yang Sudah Hangus

Hai guys, jadi mumpung ingatanku masih fresh nih.. Sebelum aku kelupaan, dilanda males dan nunda-nunda, mending aku buru-buru nulis post ini ^_^;; Ceritanya Hari Minggu Pagi tanggal 5 Agustus, aku baru sadar kalau nomor SIM Card Indosat Ooredoo ku aneh, seharian ngga ada signal dan muncul tanda silang. Aku pikir pertamanya apa jangan-jangan ini ada gangguan dari pusat, tapi setelah aku cek ke temen-temen lain ngga ada yang mengalami hal serupa.
Aku mulai cek-cek SMS operator dan ternyata bener, seminggu lalu udah ada SMS peringatan kalo nomorku udah mau hangus, tapi aku ga baca -__-" (kebiasaan banget nih, ga pernah baca SMS dari operator). Aku sendiri jarang telpon ke luar yang pake pulsa; biasa telpon pake WhatsApp atau LINE, jadi yahh.. Ngga sadar kalo ternyata nomorku udah masa tenggang dan hangus :')

Btw sorry foto-fotonya kuambil pake dual camera HP, jadi bakalan keliatan distorsi (fish eye) gitu
Kebetulan nomor Indosat yang aku pake memang bukan nomor yang biasa aku isi buat paket data (makanya aku ngga sadar kalau udah masuk masa tenggang), tapi nomor ini nomor utama / primary number gitu; jadi bakal rempong banget kalo sampe ngga bisa diaktifkan kembali :'(

Oke, aku sempat baca-baca di Internet katanya nomor yang hangus masih ada kemungkinan 50:50 bisa dihidupin kembali, jadi aku langsung pergi ke gerai / customer service nya Indosat Ooredoo (yang aku datengin di Plasa Marina Surabaya). Gerai Indosat yang di Plasa Marina ini letaknya di lantai 1, lurus seberangnya pintu lobby, dan sebelahnya eskalator. Gampang banget ditemukan kok.

Masuk ke dalam gerai, ambil nomor antrian. Di sini akan ada staff (atau satpam yah? Maaf ingatanku "kabur" karena saat itu belum makan malam '__' ) yang akan membantu kalian mengambil nomor antrian.

 Boleh diisi no HP atau tinggal pencet tombol SKIP, nanti nomor antrian akan langsung keluar. Tinggal menunggu dengan manis di kursi yang telah disediakan.


Kebetulan saat itu gerai nya sedang sepi, jadi nomorku langsung dipanggil. Oh ya di postingan ini foto-foto muka para staff aku sensor demi alasan privasi ya :)

S (Staff): Selamat Sore, Mbak. Ada yang bisa saya bantu?
M (Me): Oh ini nomor saya hangus
S: Bisa dibantu No HP nya berapa ya? Atas nama siapa?
M: 08xx32xx57xx, atas nama Shelvi------
S: Bisa lihat tanda pengenalnya?
M: *Sodorin KTP*
S: Ini saya cek dulu ya apakah bisa diaktifkan kembali atau tidak, soalnya ada yang bisa ada yang tidak.
M: Lho kenapa gitu mas?
S: Iya, karena tergantung sistemnya. Tapi yang ini punya mbaknya bisa diaktifkan kembali. Ada biaya tambahan Rp 35.000 dan nanti dapat pulsa bawaan Rp. 5.000 atau Rp 7.000 dari SIM Card barunya, dan ini acak.
M: *legaaa*



Hanya dengan membayar Rp 35.000 aku mendapat pulsa bawaan dari SIM Card baru sebesar Rp 7.000, dan masih ditambah lagi bonus pulsa dari Indosat sebesar Rp. 25.000 jadi total aku dapet SIM Card baru plus pulsa Rp 32.000.
Proses penggantian kartu baru ini hanya 10 menit, gaes. Aku merasa sangat beruntung karena ngga perlu menunggu terlalu lama; karena ada loh yang menunggu sampe 30 hari agar SIM card mereka bisa diaktifkan kembali '__' Aku sendiri ngga paham kok bisa begitu lamanya.
Kalau kata masnya sih, itu tergantung SIM Cardnya sendiri. Bukan berarti yang ngurus cepet (setelah sadar kalau hangus) itu prosesnya bisa ikutan cepet, tapi tergantung dengan kondisi sistem pada SIM cardnya.

 Setelah dapat kartu baru, kartu yang lama di-"sita" oleh mereka


Kalau dibreak-down, Rp 35.000 itu untuk keperluan:
  • Prepaid Reactivation Fee: Rp. 10.000
  • Voucher Electric: Rp. 25.000


Oh ya satu hal lagi, kata CS Gerai Indosat Ooredoo nya... Kalau sampai kartu SIM ku sekali lagi hangus, ngga bisa di-hidupkan kembali :'D Jadi next time aku haru bener-bener waspada dan lebih hati-hati.

Okee kurasa sekian dulu cerita pengalamanku mengaktifkan / menghidupkan kembali nomor SIM Card yang sudah hangus (lewat masa tenggang). Kalau kalian kebetulan membaca blog post ini dan sedang bingung karena nomor kalian hangus, JANGAN PANIK. Coba kalian datengin gerai Indosat terdekat ya :)

Apakah kalian pernah mengalami kejadian serupa? Atau punya pengalaman mengaktifkan SIM Card tapi dengan operator yang berbeda? Yang punya pertanyaan juga boleh share di kolom komentar yaa :D
Semoga penjelasanku berguna, dan cukup informatif. Thanks for reading and see you on my next post~

No comments :

Post a Comment

I do appreciate every comment of yours :D
Thanks for visiting my blog! Enjoy~