Friday, December 30, 2016

7 Tips How to Deal with Period - Cara Mengatasi Masalah Menstruasi

Hai semua! Mungkin postingan ini perlu dikasih label Girl's only yaa :p Abis pembahasannya menyangkut tentang problem bulanan para wanita sih. Yup, apa lagi kalau bukan DATANG BULAN. Oh rembulan yang datang tiap bulannya, kadang aku berharap gitu andai para wanita tidak perlu mengalami yang namanya haid atau menstruasi ini... Mungkin akan lebih banyak pria bahagia yang tidak perlu kena damprat pasangannya yang lagi PMS :')) Pengalaman pribadi banget nih, kalau mau deket-deket tanggal "dapet" rasanya kita bawaannya uring-uringan gitu dan moody nya ngga tanggung-tanggung; pacar atau suami salah omong sedikit langsung baper atau langsung diamukin :P :P Wahai para wanita, kalau tiap bulannya kalian merasakan yang namanya mood yang naik turun layaknya roller coaster, kemungkinan kalian mau datang bulan; dan sebetulnya kita patut berbahagia loh kalau bisa merasakan haid rutin tiap bulan; karena tidak semua wanita punya privilege untuk merasakan itu :')


Anyway, karena tidak ada jalan lain bagi kita selain selain mensyukuri adanya haid bulanan, lebih baik kita cari-cari akal aja deh gimana caranya agar kita bisa tetap menikmati hidup selama haid :"D Setelah aku mikir lama akhirnya aku memutuskan untuk membagi tips-tips yang kuterapkan selama ini ke dalam 7 TIPS HOW TO DEAL WITH PERIOD atau 7 CARA BAGAIMANA MENGATASI MASALAH MENSTRUASI.

Kalo udah siap yuk mari dimulai aja dari tips no 1! :)


1. CHECK THE ESTIMATED DATE! CEK TANGGAL PERKIRAAN DATANG BULAN
Biar ngga kelolosan, selalu berjaga-jaga bawa pembalut di tas mendekati tanggal-tanggal tersebut (meski aku juga kadang beberapa kali kelupaan bawa ^_^;;) kalau memang tidak mau repot sih sebaiknya sedia pembalut juga di kantor atau tas yang dibawa ke kampus.
Untuk cek perkiraan tanggal, gampangnya aku cuma kasih perkiraan di minggu yang sama sih. Misalkan bulan lalu aku menstruasi di tanggal 10-15, maka bulan ini aku akan jaga-jaga dari tanggal 8 sampai 15, biasanya antara tanggal itu :)



2. STAY HYDRATED! MINUM AIR PUTIH YANG BANYAK
Mungkin ini tips paling klasik dari yang paling klasik, tapi emang bener banget kalau selama masa menstruasi itu kita HARUS minum air putih yang banyak; dan BUKAN air es! Kenapa? Memang sih infonya agak simpang siur; ada yang bilang minum es waktu menstruasi bikin tambah kram itu hanyalah mitos tapi juga ada yang mendukung sebaliknya. Kalau aku sih lebih mendukung minum air putih biasa daripada es. Karena udah beberapa kali kubuktikan sendiri dan ternyata emang bener air putih biasa is the best! Kalau tetap ngotot minum air es biasanya perutku jadi tambah kram T_T

Rasa kram sering ditandai dengan nyeri yang parah dibagian perut bawah. Hal ini sebenarnya adalah reaksi yang normal karena rahim melakukan kontraksi yang sangat kuat untuk meluruhkan semua darah. Tapi minum es bisa membuat gerakan rahim lebih cepat berhenti dan semua bagian darah di rahim tidak bisa keluar. Jika hal ini terus terjadi maka rasa kram akan lebih sakit dan sering muncul pada periode selanjutnya, karena rahim harus bekerja semakin kuat untuk membersihkan darah yang sudah terlanjur membeku. (source: http://hamil.co.id/kewanitaan/haid/bahaya-minum-es-saat-haid)



3. MINUM JAMU
Meski masih butuh penelitian lebih lanjut, tapi sampai saat ini kunyit asam diklaim mampu mengurangi nyeri saat menstruasi dan memperlancar menstruasi. Kunyit sendiri sebaiknya tidak dikonsumsi lebih dari 500mg/hari. Sebaliknya, kunyit tidak baik bagi wanita hamil karena punya efek samping pendarahan dan kontraksi rahim.
Aku sendiri kadang suka mengkonsumsi Kiranti, baik yang original ataupun yang rasa jeruk :) Bahkan sebenarnya mengkonsumsi kiranti tidak harus waktu menstruasi aja lho, kalau di luar hari menstruasi juga ngga apa-apa.




4. OLAHRAGA
Believe or not, olahraga atau ngga itu efeknya besaaarr banget buat kelancaran menstruasi. Aku jujur sih sekarang jarang olahraga rutin, jadi kadang kalau menstruasi aku bisa kerasa kram banget tapi juga bisa kerasa ngga terlalu kram. Dulu pas di kantor lama aku ada grup aerobik jadwal tiap minggu, dan setelah rutin itu kelas itu aku jadi ngga ngerasa sakit sama sekali lho pas menstruasi o_o
Aku sangat merekomendasikan buat temen-temen yang sering kesakitan pas menstruasi untuk rutin olahraga deh, karena efeknya sangat luar biasaaa!
Aku pribadi sih bukan morning person, jadi bangun pagi untuk jogging itu kayak ngga mungkin banget untuk kulakukan secara rutin :P untuk alternatifnya aku ganti olahraga sore, dengan zumba atau pilates di dalam kamar dan cuma butuh youtube dan yoga mat :D Kecanggihan teknologi itu nikmat banget ya hehehe.



5. BERI KEHANGATAN EKSTRA PADA PERUT
Bisa dibilang dari kecil aku sangat bergantung pada minyak-minyakan. Mulai dari minyak telon, minyak kayu putih, minyak kapak atau balsem; aku suka banget pake ointment untuk menambah kehangatan ekstra di perut di saat lagi sakit perut ataupun masuk angin, apalagi di saat lagi menstruasi :) Aku oleskan ke seluruh bagian perut ke pinggul.
Favoritku sih minyak kapak dan minyak roll-on nya tolak angin, karena hangatnya itu yang paling pas deh menurutku. Kalau balsam kadang baunya terlalu menusuk dan panasnya tidak seawet minyak kapak.
Tapi kalau kalian ngga suka bau dari minyak-minyak kayak gini, bisa kompres handuk kecil dengan air hangat lalu tempel di area perut biar perut jadi hangat :)



6. TAKE A PAINKILLER MED, IF NEEDED...
Di saat-saat tertentu dimana aku harus stay active pas menstruasi hari pertama (yang biasanya lebih nyeri dibandingkan hari-hari berikutnya), aku kadang harus mengkonsumsi painkiller seperti Feminax biar ngga terasa kram. Tentu saja aku sih ngga menyarankan untuk minum obat-obatan tiap bulan yaa.. Tapi kalau pas terpaksa ya silahkan aja :)
Aku sendiri hanya mengkonsumsi obat-obatan di saat benar-benar lagi kepepet dan harus kerja dengan serius; kan ngga mungkin aku ijin pulang kantor tiap bulan di saat menstruasi kan ya? ^_^;


7 Tips How to Deal with Period, Cara Mengatasi Masalah Menstruasi, Charm Body Fit Fragrance Review, Review Pembalut Charm

7 Tips How to Deal with Period, Cara Mengatasi Masalah Menstruasi, Charm Body Fit Fragrance Review, Review Pembalut Charm
Charm BodyFit Fragrance Extra Maxi Wing & Extra Maxi (23cm)

7. PILIH PEMBALUT YANG BENAR
Karena tiap wanita itu berbeda, tentu saja kebutuhan pembalutnya juga beda. Ada yang lebih suka pake pembalut dengan "sayap", dan ada yang tidak; ada yang lebih suka pake pembalut panjang untuk penggunaan day and night, ada juga yang lebih nyaman pake pembalut yang tipis dan ngga terlalu panjang untuk siang hari.
Aku pribadi sih hampir selalu pake pembalut yang ada "sayap" nya, soalnya aku orangnya ngga bisa diam dan aku takut pembalutnya bocor kalau aku pake yang tanpa sayap. Selain itu aku juga suka pake pembalut yang ada pewanginya kayak Charm Body Fit Fragrance.

Mungkin kalian bingung ya kok aku merekomendasi pembalut yang ada pewanginya? Ehm, sebenarnya disadari atau ngga, pas kita sedang menstruasi; kita mengeluarkan bau "khas" dari area kewanitaan lho. Tentu saja kalau rutin diganti (maks 2 jam sekali), bau tersebut somehow ngga tercium.. Tapi kalau sudah parah dan lama tidak diganti (misal lagi hectic banget atau benar-benar ngga sempat ganti pembalut karena lagi berpergian) maka samar-samar akan ada bau darah yang tercium; dan tentu saja bau itu juga bisa tercium oleh orang lain O___O horror ngga sih?
Karena itulah, aku berjaga-jaga biar bau nya ngga tercium oleh orang lain dengan pake Charm Fragrance yang ada keharuman mawar yang bisa menutupi bau menstruasi tersebut. Charm Fragrance sendiri tersedia dengan varian Extra Maxi & Slim, serta yang Wing & Non Wing

Eh emangnya boleh gitu pake pembalut yang ada pewanginya? Aku secara pribadi sih ngga anti pake pembalut yang wangi; spesialnya untuk tiga hari pertama menstruasi, dimana flownya lagi deras-derasnya. Jadi aku pake Charm Fragrance untuk nutupi bau "khas" tersebut dan setelah coba Charm ini Puji Tuhan aku ngga kena iritasi kulit :)) Selain itu sizenya juga lumayan panjang (23cm) dan cocok untuk penggunaan siang hari.
Setelah aku cari info tentang Charm Fragrance ini, ternyata bahan kandungan yang dipakai untuk wanginya dipakai juga untuk produk personal care lain kok, bukan pewangi yang aneh-aneh kayak pewangi pakaian gitu. Terusss pembalut ini juga udah teruji klinis ngga bikin iritasi pada kulit. Menurutku sihh ngga apa-apa pake pembalut yang wangi, asal sebisa mungkin tetap rajin diganti :)







Demikian 7 tips dariku untuk mengatasi masalah seputar menstruasi :)
Kalau kalian sendiri punya tips tambahan apa nih seputar menstruasi?
Kindly leave a comment below yaaa :D
Thanks for reading!





Source:
http://hamil.co.id/kewanitaan/haid/bahaya-minum-es-saat-haid
http://www.alodokter.com/komunitas/topic/minum-obt-saat-haid

1 comment :

  1. bau tercium. itu horror banget :(

    https://isthiud.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

I do appreciate every comment of yours :D
Thanks for visiting my blog! Enjoy~