Monday, March 2, 2015

My Ideal Japanese Winter Vacation ☆

Halo semua!  Pada kesempatan kali ini aku mau cerita tentang Jepang dan Musim dingin di sana. Sebagai pecinta Jepang dari kecil, tentu saja aku punya keinginan yang besar untuk bisa mengunjungi Jepang. Musim apapun tidak masalah, yang penting bisa ke Jepang ^.^ Tapi kali ini topiknya adalah tentang musim dingin. Kenapa kok musim dingin? Ya karena sekarang di Jepang masih musim dingin :D Meski curah saljunya ngga selebat bulan-bulan lalu dan sedang transisi ke Musim Semi, tetapi mengunjungi Jepang di saat musim dingin juga masuk travel bucket-listku ;) Semoga aku bisa segera punya kesempatan untuk ke Jepang, Amin!


Biasanya apa aja sih yang kalian bayangkan untuk dilakukan selama di Jepang? Apa aja yang perlu  diketahui dan dipersiapkan? Sekarang yuk mari kita bahas sedikit tentang musim dingin di Jepang dan beberapa tips-tips dariku ^___^


About Japanese Winter Season
(Yang Perlu diketahui tentang Musim Dingin di Jepang)


Jepang di Musim Dingin. Sumber: flickr.com
  1. Seperti yang telah kita ketahui  bersama, Jepang memiliki empat musim dan musim-musim tersebut terdiri dari Musim Semi (Februari – Mei), Musim Panas (Mei-Agustus), Musim Gugur (Agustus-November) dan Musim Dingin (November-Februari). Namun karena Jepang terus mengalami pergeseran perubahan musim, menurut informasi yang aku dapatkan, kemungkinan Musim Semi baru akan dimulai akhir maret atau awal April. Untuk setiap daerah juga memiliki temperature yang berbeda-beda, dan berbeda juga dalam memulai musimnya. Bisa jadi bulan Maret sudah mulai Musim Semi tetapi di daerah pegunungan masih Musim Dingin. Unik banget ya? Itulah yang ngga ada di Indonesia dan bikin aku semakin tertarik dengan Jepang :D
  2. Sebagian besar di Jepang pada Musim Dingin memiliki temperature range kurang lebih -4 sampai 7 derajat celcius, namun di daerah-daerah tertentu seperti Hokkaido dan Pegunungan Alpen di Jepang memiliki temperatur lebih rendah.
  3. Pada saat musim dingin, ski resorts biasanya akan dipenuhi oleh para peseluncur ski dan snowboarders, karena musim dingin ini adalah musim yang paling dinanti-natikan oleh mereka. Tercatat pada tahun 1998 Winter Olympics yang diadakan di Nagano sangatlah sukses.
  4. Yuki Matsuri (festival salju) selalu diadakan di Sapporo setiap bulan Februari dan menarik ribuan turis dari Jepang dan luar negri. Di festival itu kita bisa melihat berbagai macam jenis patung dari pahatan salju lho :D Sangat artistik dan menarik!
Sapporo no Yuki Matsuri. Sumber: traveltipsgr.blogspot.com


Must-have Apparels for Japanese Winter Time
(Baju yang Perlu Dipersiapkan untuk Musim Dingin Di Jepang)


Berhubung aku ini orangnya ngga tahan sama dingin, makanya aku merasa perlu banget untuk mempersiapkan baju dan perlengkapan lain yang akan membantuku tetap merasa hangat di udara yang dingin itu.

1. HEAT TECH clothing
Uniqlo Heattech Collections. Sumber: uniqlo.com
"Heat Tech" atau Heattech clothing adalah baju dan celana ketat untuk wanita dan pria dengan teknologi khusus. Baju Heattech ini sangat populer di Jepang, karena baju Heattech mampu menjaga kehangatan tubuh tanpa membuat kita terlihat less-fashionable. Selain itu baju Heattech memiliki tekstur kain yang sangat lembut, bisa melar, nyaman, anti-statis, tahan lama; dan lebih unik lagi baju Heatteach juga memiliki antibacterial agent yang bisa mengurangi bau badan. Just googling it for more collection! :D


2. Packable Down Jacket

Packable Down Jacket. Sumber: groupon.com
Kalau beli coat dirasa terlalu mahal, ada alternatif lain dengan memiliki packable down jacket :) Jaket ini bisa dipakai sebagai lapisan terluar baju, atau dipakai sebagai lapisan di bawah baju setelah pakaian dalam. Jaket ringan yang bisa digulung ini sangat multifungsi. Selain fungsi utamanya untuk menghangatkan badan, jaket ini juga bisa digulung dan digunakan sebagai bantal dan mudah dibawa-bawa untuk berlibur :D Tanpa mengurangi sisi fashionablenya, jaket ini juga cukup populer di Jepang dan memiliki banyak jenis koleksi yang menarik.


3. Other Winter Apparels
Perlengkapan Musim Dingin lain yang patut dimiliki. Sumber: as mentioned on photo
Aksesoris baju lain yang akan membuat badan tetap hangat adalah topi rajut, syal, sarung tangan rajut, kaos kaki dan boots. Untuk boots aku menyarankan untuk memakai yang bahannya dari kulit, karena salju akan membuat boots kain jadi basah :D


4. Additional: Kairo カイロ Heating Patch
Kairo Heating Patch. Sumber: http://www.thejapanguy.com
Heat Patch atau Heat Pack ini adalah benda berbentuk lembaran yang bisa menciptakan rasa hangat pada tubuh. Ada bermacam-macam jenis Kairo yang bisa dibeli di convenient store, haru 貼る (tipe lengket) and haranai 貼らない (tipe tidak lengket, seukuran kantong celana). Untuk kegunaannya sangat praktis, bisa ditempel di perut, punggung, paha maupun di dalam sol sepatu :) Kairo bisa tahan sampai sepanjang hari. Untuk harganya sendiri relatif murah, 10 pack Mini Kairo dijual seharga 280 yen, 10 pack besar Kairo dijual 360 yen dan 30 pack kairo kecil dijual seharga 450 yen.



10 Winter Beauty & Health Tips
(10 Tips kesehatan dan kecantikan selama Musim Dingin)


Cleansing skin is important. Sumber: http://www.washingtonian.com/
Taukah kalian kalau musim dingin mampu membuat kulit jadi kehilangan kelembaban, kekencangan dan mempercepat penuaan dini? Karena musim dingin merupakan masa yang paling berat untuk kulit, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama kita berlibur atau tinggal di Jepang :)
  1. Cuci muka cukup sekali dalam sehari, agar kelembaban alami wajah tidak semakin terkikis. Sebaiknya lakukan pada malam hari saja.
  2. Lupakan sejenak produk perawatan wajah yang mengandung tingkat alkohol yang tinggi, dan ganti produk lain yang alcohol-free. Alkohol memiliki sifat mampu mengikis kelembabkan alami pada kulit.
  3. Jangan meninggalkan rumah tanpa pelembab wajah (dan sunscreen), juga jangan tidur sebelum mengaplikasikan produk perawatan wajah khusus untuk kulit kering. Karena pada musim dingin, kulit akan cenderung menjadi sangat sangat kering.
  4. Lakukan olahraga setiap hari minimal 15-30 menit agar tubuh tetap fit di musim dingin yang sangat menusuk tulang ini.
  5. Pada saat musim dingin, kulit akan menjadi kering dan bersisik, karena itu penting untuk tetap melakukan face exfoliation agar sel-sel kulit mati terkikis dan kulit tidak bersisik.
  6. Lakukan pijatan ringan pada wajah setelah mengaplikasikan pelembab. Fungsi pijatan pada wajah adalah untuk mempercepat proses regenerasi sel pada kulit :)
    Sumber: Youtube (MelodeeMorita). I love her channel! ^^
  7. Gunakan masker wajah yang memiliki kelembaban tinggi untuk kelembaban extra pada wajah, bisa berupa rinse-off mask atau sheet mask.
  8. Aplikasikan body oil dan body butter yang memiliki kadar kelembaban tinggi untuk melindungi kulit dari kekeringan, dilanjutkan dengan pemakaian sarung tangan dan kaos kaki untuk melindungi diri dari suhu dingin.
  9. Gunakan vaporizer atau humidifier pada ruangan untuk menciptakan ruangan yang hangat dan lembab. Alat ini juga berguna untuk memberi kelembaban pada kulit.
  10. Terakhir, jangan lupa untuk lebih banyak minum air putih! Karena kulit yang sehat dan lembab selalu dimulai dari dalam :)


Top 5 Things To Do during Winter Vacation in Japan
(5 Hal-hal terutama yang perlu dilakukan selama liburan musim dingin di Jepang)



1. Eat, eat and eat!
Mumpung lagi di Jepang nih, harus banget dong nyobain makanan-makanan khas Jepang :D Musim Dingin bawaannya pengen makan terus, dan makanan yang hangat-hangat dan berkuah tentu saja akan jadi pilihan yang sangat tepat. Banyak banget makanan Jepang yang pengen aku coba, sambil memastikan seberapa enak sih makanan Jepang asli ;p Nah beberapa makanan diantaranya adalah: Ramen, Sushi, Oden, Takoyaki, Curry Rice dan Yakiniku. Oishii desu! ^__^


Makanan-makanan enak dari Negri Sakura. Sumber: as mentioned on photo

2. Onsen (Hot Springs)
Siapa sih yang ngga suka menghangatkan tubuh di udara sedingin ini? Pasti nyaman banget kalau bisa berendam di Onsen / hot springs. Dari dulu aku pengen banget cobain onsen yang sebenernya di Jepang ^.^ 


Onsen yang menyegarkan tubuh dan jiwa. Sumber: www.kusuyama.jp
Kalau ada kesempatan ke Nagano, kita wajib banget mampir ke Jigokudani Monkey Park (地獄谷野猿公苑 Jigokudani Yaen Kōen) yang terletak di lembah Sungai Yokoyu. Sejak Jigokudani Yaen-koen dibuka secara resmi pada tahun 1964, tempat ini menjadi tempat yang populer untuk melihat monyet berendam ataupun ikut berendam bersama kawanan monyet tersebut. Jigokudani Yaen-koen menjadi salah satu tempat wisatawan favorit selama Musim Dingin :D



3. Go Shopping
Konon katanya wanita selalu identik dengan shopping, maka dari itulah kita perlu banget untuk SHOPPING kalau ke Jepang. Apalagi pada waktu musim dingin selalu ada yang namanya WINTER SALE! :D Sayangnya Winter Sale ini cuma ada sampai awal Januari saja. Bagi yang belum tahu, di Jepang ada yang namanya Fukubukuro 福袋, yang artinya cuci gudang barang produksi tahun sebelumnya. Biasanya fukubukuro ini dikemas dalam bentuk lucky bag, yang isi produknya random dan harganya mendapat diskon lebih dari 50% dari harga normal. Selain menjual winter goodskatalog fukubukuro tidak terbatas pada baju saja, ada perhiasan, jam tangan, makanan, dan peralatan makan. Jadi kalau kalian merencanakan untuk datang ke Jepang di akhir tahun, itulah waktu yang tepat untuk belanja ;p Toko-toko yang perlu dikunjungi selama musim Winter Sale:
  • Ginza and Tokyo Station Vicinity: Printemps Ginza, Mitsukoshi Nihonbashi, Daimaru Tokyo, Marunouchi OAZO, Hibiya Chanter.
  • Shinjuku and Kichijoji: Lumine Est, Keio Shinjuku, Parco Kichijoji, Atre Kichijoji, Takashimaya, Isetan Shinjuku, Marui Shinjuku, Odakyu Shinjuku
  • Ikebukuro: Seibu (sale untuk ladies’ winter goods), Sunshine City Alpa
  • Shibuya, Harajuku, and Omotesando: Parco Shibuya, Hikarie ShinQs, Shibuya 109, Laforet Harajuku, Tokyu Department Store
  • Roppongi and Akasaka: Roppongi Hills
  • Odaiba: Venus Fort
  • Ueno, Asakusa, and Akihabara: Atre Ueno, Marui Ueno, Atre Akihabara, Matsuya Asakusa, Tokyo Sky Tree Town Solamachi
  • Other Areas of Tokyo: Mitsukoshi Ebisu, Olinas Kinshicho, Mitsui Outlet Park Tama Minami-Osawa, Mitsukoshi Tama Center, Grandberry Mall, Granduo Tachikawa
Fukubukuro frenzy around Shibuya 109. Photo by Dan Dickinson, sumber: https://www.flickr.com/photos/remydwd/

4. Go Tokyo Disney Resort
Tentu saja untuk area pariwisatanya, Disney Sea dan Disney Land selalu menjadi lokasi wajib yang menjadi favorit para turis dan masyarakat lokal, tak terkecuali di musim dingin ini :D Sebagai penggemar Disney sejati, aku sangat berharap bisa mampir ke Tokyo Disney Resort yang terdiri dari Disney Land dan Disney Sea ini 


Tokyo Disney Resort. Sumber: http://www.tokyodisneyresort.jp/en/tds/index.html
Tokyo Disney Resort (東京ディズニーリゾート) yang berlokasi di Chiba ini adalah Theme Park Resort Disney pertama yang didirikan di luar Amerika Serikat. Sejauh ini Tokyo Disney Resort terdiri dari dua theme park, yakni Tokyo Disneyland (東京ディズニーランド) yang didirikan pada tahun 1983 dan disusul oleh DisneySea (東京ディズニーシー) yang didirikan setelahnya pada tahun 2001 :)
Karena kesuksesan Tokyo Disney Resort ini, pada tahun 2010 Tokyo Disney Land menjadi theme park ke-3 yang paling banyak dikunjungi dengan rekor 14,45 juta kali kunjungan sepanjang tahun. Pada tahun yang sama pula DisneySea tercatat dikunjungi 12,66 juta kali lho, ngga kebayang deh gimana kerennya kedua theme park ini ^.^

Pertunjukan yang meriah di Disney Land. Sumber: http://www.tokyodisneyresort.jp/en/tds/index.html
Atraksi di Tokyo Disney Resort. Sumber: http://www.tokyodisneyresort.jp/en/tds/index.html

5. Skiing and Snowboarding
Mengunjungi Jepang di Musim Dingin tak akan lengkap rasanya tanpa Main Ski ^.^ Karena sudah bukan rahasia lagi kalau setiap tahunnya Musim Dingin di daratan Jepang selalu diselimuti oleh salju dan merupakan Negara yang wajib dikunjungi main ski! :D Kenapa bisa Jepang menjadi salah satu negara favorit para pemain ski? Konon katanya sih karena pemandangan di pegunungan Jepang itu luar biasa bagusnya, penduduknya ramah-ramah dan banyak lokasi yang cocok untuk dijadikan destinasi bermain ski! 
Berdasarkan hasil pencarianku di search engineada banyak destinasi favorit para pemain ski dan snowboarder di Jepang; diantaranya adalah: Niseko, Hakuba, Yuzawa, Rusutsu, Kawaba, Sapporo, Myoko, Furano, Inawashiro, Yamagata dan masih banyak lagi!


Pemandangan ski resort di Jepang yang mengagumkan. Sumber: as mentioned on photo


Tips in Skiing or Snowboarding
(Tips dalam Ski atau Seluncur Salju)

Yuk main ski! Photo by Vernon Fowler, sumber: www.flickr.com
Setelah menggali informasi lebih mendalam tentang ski resort di Jepang, aku merangkum juga beberapa tips yang bisa digunakan dalam bermain ski ataupun snowboarding. Tips-tips ini aku peroleh dari temanku yang sedang tinggal di Jepang, yuk mari disimak tips-tips berikut ini :)
  1. Kalau kalian jarang main ski, lebih baik menyewa peralatan di ski resort. Estimasi biaya untuk keseluruhan bisa mencapai dua juta rupiah untuk satu hari main.
  2. Persiapkan stamina, mental dan fisik maksimal sehari sebelumnya.
  3. Harus berangkat pagi-pagi sekali, kalau ngga nanti ngga puas mainnya :D
  4. Perlu sarapan di pagi harinya supaya tenaga maksimal.
  5. Wajib pemanasan terlebih dahulu sebelum meluncur.
  6. Supaya badan tidak sakit saat jatuh di salju, pakailah pakaian pelindung yang tebal.
  7. Jika berencana main snowboard, pilihlah papan snowboard yang panjangnya sejajar dengan dagu kita :D Karena panjang pendeknya snowboard sangat mempengaruhi kelancaran dalam bermain.


How to Reach Gala Yuzawa Ski Resort from Tokyo
(Bagaimana Cara Menuju Ke Gala Yuzawa Resort Ski Dari Tokyo)


Are you a first timer skier like me? Yuk datang aja ke Gala Yuzawa :D Gala Yuzawa ini adalah salah satu tempat yang direkomendasikan bagi para turis yang ingin merasakan asiknya liburan musim dingin di Jepang. Ski resort ini hanya berjarak 77 menit dengan shinkansen dari stasiun Tokyo. Untuk menuju ski resort ini, tidak perlu mengganti kereta karena dengan shinkansen bisa langsung tiba di Gala Yuzawa Ski Resort. 
Biar ngga nyasar, aku menyarankan untuk ikutan tur untuk menuju ke Gala Yuzawa, dan tour agent yang wajib dipertimbangkan adalah Tokyo Rail Days. Tokyo Rail Days yang dibawah naungan JR East ini sendiri adalah “short trips” atau tur pendek dengan kereta yang berangkat dari Tokyo. Sudah ada itinerary yang dipersiapkan oleh pihak tour agent dan kita tinggal beli paket turnya dan menikmati perjalanan ke Resort Ski yang ada :) Easy to plan and stress-free!


Video tentang Gala Yuzawa:

Let's go to Gala Yuzawa Snow Resort!


Bermain salju sehari di Snowy Country? Hopefully I can make my dream comes true! ^___^
click to enlarge the image :)


Why Gala Yuzawa?
(Kenapa harus memilih Gala Yuzawa)

Hamparan salju di Gala Yuzawa. Sumber: http://www.galaresort.jp/winter/english/
Ada beberapa alasan kenapa Gala Yuzawa menjadi salah satu ski resort yang layak banget untuk dipertimbangkan. Beberapa alasan kenapa Gala Yuzawa layak menjadi ski resort pilihan:
  1. Hanya berjarak 77 menit dari Tokyo dengan Kereta Shinkansen
  2. Pemandangannya sangat indah dari atas gondola diatas 800 meter dari permukaan tanah
  3. Dataran tertingginya mencapai 1,181 meter dan areanya sangat cocok untuk dijadikan lahan ski dan snowboarding
  4. Disediakan kelas ski & snowboarding untuk first-timer hingga advanced class.
  5. Tersedia area dan kelas ski untuk anak-anak
  6. Ada rental untuk peralatan ski dan snowboarding
  7. Ada fasilitas Spa Gala-no-Yu dan Fitness pool
  8. Ada Child Minding Room untuk balita dan anak-anak yang tidak bisa ikut ski dan snowboarding dengan orang tua mereka :D
Ski lessons at Gala Yuzawa. Sumber: http://www.galaresort.jp/winter/english/lesson/lesson.html


Jadi kalau kalian merencanakan liburan musim Dingin di Jepang dan punya free-day seharian, kenapa ngga pergi main ski aja di Gala Yuzawa? ^.^ Let Tokyo Rail Days accommodate you!

Inilah liburan Musim Dingin Ideal di Jepang ala aku :D Kalau kalian maunya kayak gimana?
Let's make an unforgettable experience with Tokyo Rail Days!




Sources:
http://www.jp-rail-id.com/products/gala-yuzawa/
www.facebook.com/id.jprail
http://www.snowjapan.com/the-expense-of-skiing-and-snowboarding-in-japan
https://www.youtube.com/watch?v=0OZq7i4_3W8
https://www.youtube.com/watch?v=eg0HQXaS2BM
https://www.youtube.com/watch?v=zyYny7JIXu4
http://www.thejapanguy.com/how-to-stay-warm-during-a-japanese-winter-part-1-enter-the-kairo/
http://wikitravel.org/en/Tokyo_Disney_Resort
http://tokyocheapo.com/shopping-2/fashion/tokyo-winter-sales-2014-2015-roundup/

8 comments :

  1. wah, lengkap banget postnya cc, cocok buat org yg pengen prg ke jepang tp br prtama kali, hehe ..
    good luck ce :3

    ReplyDelete
  2. Bagus mak...saya jadi ikutan pengen ke jepang setelah baca tulisannya. Good luck ya

    ReplyDelete
  3. Tulisannya mengalir dan informatif. Saya suka. Semoga juara ya Mak...

    ReplyDelete
  4. I just found your blog and I love it! 1 new follower over here ^^

    ReplyDelete

I do appreciate every comment of yours :D
Thanks for visiting my blog! Enjoy~