Saturday, June 3, 2017

Apa itu Collagen? Collagen Bisa Diminum?

Hai semua! Apa kalian pernah denger yang namanya Collagen (Kolagen) dalam dunia kecantikan? Hmmm aku pertama kali tau tentang Collagen rasanya sekitar tahun 2012, waktu aku pertama kali mulai ngeblog dan mulai sering kepoin produk kosmetik Korea. Bukan kebetulan Korea memang salah satu negara produsen kosmetik terbesar di Asia; yang juga punya obsesi dengan Collagen. Segala hal bisa dicampur Collagen, mulai dari skin care, alas bedak, permen sampai minuman :D

Eh tunggu, emang Collagen itu apa sih? Sepenting itu kah? Perlukah? Kok sampe orang-orang Asia seperti Jepang, Korea, Thailand, China segitu terobesisnya? Yup, bisa dibilang Collagen itu penting banget sihh.. Bagi yang belum pernah tau tentang Collagen, mungkin bisa sekalian belajar lewat post ini :)



Apa itu Collagen?


Collagen merupakan salah satu protein yang terdapat dalam tubuh kita, terutama di dalam kulit dan tulang. Collagen dalam tubuh manusia kurang lebih mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat di dalam tubuh.
Collagen adalah salah satu protein yang paling penting dalam tubuh kita, 75% dari kulit kita terdiri dari protein Collagen. Dan seiring bertambahnya usia, tubuh mulai kehilangan kemampuan untuk memproduksi Collagen. Kehilangan banyak Collagen dapat menyebabkan lapisan kulit runtuh dan hal ini akan mengakibatkan kulit menjadi keriput dan kehilangan elastisitasnya. 

Pada struktur kulit manusia, khususnya lapisan Dermis, sebanyak 75 – 80% tersusun dari protein Collagen. Fungsi utama Collagen pada kulit adalah untuk mempertahankan bentuk, kekenyalan dan elastisitas kulit manusia.



Akibat Kekurang Collagen


Kiri: kulit yang sehat dan cukup Collagen | Kanan: kulit yang kekurangan Collagen

Tentu kalian sudah bisa menduga akibat apa aja yang dapat terjadi kalau kekurangan Collagen ya? :s

  • Kulit kering, kusam, mengelupas, timbul flek-flek hitam, jerawat dan mulai timbul keriput halus dikulit (penuaan dini).
  • Kulit kehilangan elastisitas dan tidak kenyal
  • Mata terasa kering, lingkaran hitam dibawah mata, gumpalan lemak kecil berwarna kuning di putih mata, pada sudut mata tampak pembuluh darah merah.
  • Rambut kusam, kering, tipis, rontok, berketombe, ujung bercabang, pertumbuhan lambat, dan radang pada kulit kepala.
  • Kuku menjadi rapuh, berbintik putih dan permukaan tidak rata.
  • Gusi mulai mudah berdarah, karang gigi, gusi mengendur sehingga akar gigi terlihat, mudah terinfeksi dan penyakit periodental.
Duh ternyata serem banget ya akibat kekurangan Collagen itu :s Biasanya pada usia 25 tahun, tubuh akan mulai kehilangan Collagen sebanyak 1,5% tiap tahunnya, dan produksi Collagen semakin lama akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Maka dari itu lah alasan kenapa kulit orang tua kita sangat kering, kendor dan keriput... Ya karena kekurangan Collagen T_T



That's why Collagen itu penting buat tubuh kita, apalagi yang berusia 25 tahun ke atas. Selain menggunakan skin care anti-aging yang mengandung Collagen, akan lebih baik kalau kita bisa mengkonsumsi suplemen Collagen agar dapat mempercepat proses pemulihan struktur lapisan kulit.
Mungkin inilah rahasia para artis Asia yang masih kelihatan muda dan kencang di usia 30-40 tahun an; karena mereka rajin merawat diri dan rutin minum Collagen :D




Anyway, baru-baru ini aku cobain Collagen Drink dari Seil Collagen, dan aku bakal kasih kesan-kesan pertamaku tentang minuman ini ^_^




Seil Collagen First Impression


Deskripsi Produk:
SEIL adalah minuman yang tepat untuk mengatasi masalah kekurangan Collagen, karena terbuat dari Bio Active Marine Collagen, Hyaluronic Acid dan Glutathione. Jangan khawatir, Seil ini sudah bersertifikasi Halal; karena Collagennya diambil dari protein ikan, bukan dari babi :)

Fungsi:
1. Mengencangkan kulit
2. Membuat kulit lebih elastis
3. Memperbaiki sel-sel kulit mati
4. Memutihkan kulit
5. Mengurangi dampak negatif dari sinar matahari
6. Memontokkan kulit
7. Mempercantik dan memperbaiki pertumbuhan kuku.


Cara Penggunaan:
Untuk memperbaiki: Minum 1 sachet tiap hari selama 2-3 bulan, sampai hasil yang diinginkan terlihat. Untuk mempertahankan: Minum 1 sachet setiap 2 atau 3 hari.

Collagen dapat dikonsumsi langsung dengan di campur air mineral (panas/hangat/dingin) dan juga minuman langsung lainnya seperti teh, kopi, susu, jus buah, sup atau topping yogurt.


*Sebaiknya tidak dikonsumsi oleh orang yang alergi ikan, karena terbuat dari Collagen Marine


Harga: Rp. 275.000 / 15 sachets

Menurut deskripsi yang kubaca dari Seil Collagen, produk ini juga aman untuk dikonsumsi ibu hamil (bumil) atau ibu menyusui (busui) lho; karena terbuat secara alami dari protein ikan, dan dikategorikan sebagai "suplemen makanan". Tapi tentu saja lebih baik konsultasi ke dokter dulu sebelum mengkonsumsi yaa :)


Kalau soal ngefek atau tidaknya aku belum bisa bilang apa-apa.. Belum bisa kasih review yang authentic juga, karena aku belum habis 1 box ^_^;; yang disarankan adalah minum yang rutin sampai at least 2-3 bulan lah. Tapi menurutku sih rasa Seil Collagen ini lumayan enak pas dicampur ke minuman. Rasanya berry gituu.. Makanya cocok untuk dicampur jus buah :D Kalau untuk air putih sih bisa-bisa aja.. tapi karena rasa Seil ini ngga terlalu kuat, mungkin bisa dicampur gula tambahan sesuai selera ya :)



Oh ya, kalau mau cari info tentang Seil Collagen juga bisa kepoin ke Instagramnya @seilcollagen

Satu hal lagi, jangan lupa untuk menjaga kulit dari luar dan dalam yaa.. Karena perawatan kulit dari luar dan dalam sama pentingnya :) Kalian sendiri apa ada yang udah pernah coba Seil Collagen?
Bagi reviewnya di kolom komentar yaa...


Thanks for reading! ^_^

No comments :

Post a Comment

I do appreciate every comment of yours :D
Thanks for visiting my blog! Enjoy~