Monday, April 10, 2017

Apa #MemesonaItu? 5 Tips Menjadi Wanita Memesona

Hai semua! Hari ini saya mau nulis sesuatu yang temanya mungkin agak berat, dan agak beda dengan postingan saya selama ini. Tentu kita perlu dong punya mindset yang benar, lifestyle yang sehat, pribadi yang baik dan pikiran yang bijak. Tidak hanya melulu memperhatikan outer beauty, tapi juga memperhatikan inner beauty :)

Kali ini saya mau membahas tentang WANITA YANG MEMESONA. Dalam konteksnya adalah menjadi wanita yang tidak hanya memiliki penampilan menarik tetapi juga pribadi yang memesona.
Saat saya memikirkan tentang tema ini, jujur saya bingung mau nulis apa... Topiknya terasa sangat luas dan melebar. Karena itulah saya mau mengerucutkan pembahasannya dan membagi topik ini menjadi 2 kategori, yaitu Wanita Memesona di Mata Wanita dan Pria. Sebenarnya apa sih yang membedakan? Apa sih yang disebut sebagai pribadi wanita yang memesona itu?




Selama proses pengumpulan materi dan penulisan artikel ini, saya menemukan beberapa fakta-fakta baru mengenai wanita dan bagaimana sih tipe-tipe wanita yang memesona para pria? Tentu sebagai wanita kita juga penasaran dong.. Sebenarnya di mata para pria, kami itu dipandang seperti apa sih? Dan apa rahasianya menjadi wanita yang bisa memesona lawan jenis?

Demi menulis artikel ini, secara spesial saya juga melakukan interview singkat dengan 25 orang pria yang merupakan teman-teman saya dari berbagai usia dan berbagai kalangan. Kira-kira apa jawaban mereka ya? :)



WANITA YANG MEMESONA DI MATA PRIA ADALAH...


Sebenarnya saya pengen melakukan interview dengan lebih banyak orang; tapi karena keterbatasan waktu, jadinya cuma bisa interview 25 orang :'D Itu aja sebenarnya saya nanyain 30 orang, hanya aja ada yang jawabannya abstain dan ada yang tidak bisa menjawab karena katanya pertanyaannya susah. 




Padahal pertanyaan saya buat mereka sederhana aja sih... "Menurutmu bagaimana sih wanita yang memesona itu?" Karena jawabannya menarik-menarik, jadi saya mengutip beberapa jawaban mereka di bawah ini :D


"Wanita yang memesona, itu adalah wanita yang melakoni hidup dengan tujuan yang pasti (punya misi jangka pendek maupun jangka panjang). Tegar menghadapi masalah; tidak melihat masalah sebagai halangan, tetapi lebih sebagai tantangan. Dapat menjalani hidup ini tetap dengan senyuman" - J. K.


"Memesona itu ngga harus dr paras nya ya.. Dari pembawaan dia, cara dia berbicara dan bagaimana dia bertingkah dalam setiap kondisi.. alias gampang adaptasi." - J. N.


"Wanita yang memesona itu wanita yang tahu cara menempatkan diri. Misalnya tahu kapan dia itu tampil (penampilan dan karakter) apa adanya di keluarga, bisa tampil santai sama teman-temannya, dan bisa tampil serius saat bekerja." - A. K.

"Wanita yang memesona menurutku adalah adalah: wanita yang memiliki fisik menarik (bisa merawat diri / ngga berantakan penampilannya, dan tahu cara berpakaian yang pas), memiliki karakter nya baik (jujur, dewasa, juga open minded)" - D. G.


"Wanita yang smart. Intinya bukan cuman sekedar pinter secara IQ, tetapi secara keseluruhan. Memiliki pengetahuan luas dan bisa menempatkan diri dengan benar." - M. T.


"Menurut saya wanita yang memesona adalah wanita yang cerdas... tahu diri dan bisa behave sesuai dengan situasi... well dressed, well make up... Wanita yang mandiri dan ngga males mengembangkan diri, dan punya tujuan hidup yang jelas." - K. Z.


"Menurut saya secara pribadi, wanita yang memesona adalah wanita yang menjadi dirinya sndiri. Wanita yang bertahan di dalam keunikannya, dan selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk mengembangkan diri, dan terus menjaga konsistensi dari nilai-nilai, prinsip, dan pedoman yang dia anut." - H. T.


"Wanita yang memesona itu adalah wanita yang smart. Bisa membawa diri dan bisa menjaga penampilan." - F. K.



Ini hanya sebagian kecil dari jawaban teman-teman saya, tapi kalau ditarik garis merahnya; ternyata bagi mereka penampilan BUKAN segalanya. Tentu saja pria sebagai makhluk visual memang suka melihat wanita yang cantik, tetapi lebih dari itu... Ternyata wanita akan menjadi lebih memesona kalau memiliki karakter-karakter sebagai berikut: 
  1. Smart: mau belajar hal baru, mau mengembangkan diri, suka membaca
  2. Well-behaved: memiliki karakter yang mudah beradaptasi, bisa membawa diri di berbagai situasi dan kondisi.
  3. Memiliki Tujuan Hidup: tidak hidup hanya mengalir saja, tapi memiliki rencana yang jelas dan usaha yang nyata untuk mewujudkan tujuan hidup mereka.
  4. Bisa merawat diri: Cantik itu masalah nasib, tapi kemauan untuk merawat diri itu adalah keputusan pribadi. Wanita tidak harus cantik, tapi bisa menjaga penampilan dan merawat diri.
  5. Dewasa, jujur, dan apa adanya: Pribadi wanita yang jujur (tidak berbelit-belit dan baperan) dan dewasa dalam menyingkapi segala sesuatu.



WANITA YANG MEMESONA MENURUT SAYA ADALAH...


Sebagai seorang wanita, tentu saja saya juga punya pendapat pribadi tentang wanita yang memesona dong.. Saya menaruh kagum terhadap beberapa wanita yang memiliki kepribadian yang memesona, dan saya bisa jadikan panutan :D Nah, kalau menurut saya secara pribadi wanita yang memesona adalah:
  1. Wanita yang bisa membawa diri: wanita yang tau kapan harus bersikap serius, playful, simpatik, dan tau kapan harus membagi waktu untuk pekerjaan dan keluarga.
  2. Wanita yang memiliki keinginan untuk mengembangkan diri: tidak semua wanita dikaruniai talenta yang luar biasa (misalkan dalam seni lukis, musik atau tari), tapi semua wanita bisa BELAJAR untuk mengembangkan diri dalam hobinya. Jadi tidak mudah puas dengan diri sendiri, tapi terus mengasah kemampuan dan terus belajar hal baru
  3. Wanita yang berhati emas dan berkharisma: memiliki kepribadian yang baik, rendah hati, mau untuk diajar dan bisa berkata-kata dengan baik dan tepat sasaran.
  4. Wanita dewasa secara pemikiran dan karakter: memiliki kedewasaan karakter dan pemikiran itu sama pentingnya. Percuma kalau kita pandai di pendidikan, punya pemikiran yang luar biasa dewasa secara teoritis, tetapi tidak bisa mempraktekkan dalam keseharian. Misalkan: gampang tersinggung karena hal kecil, padahal harusnya kita bisa memiliki pengendalian diri dan tau bagaimana memberikan respon yang dewasa.
  5. Cinta Keluarga: wanita yang memiliki respek terhadap orang tua, cinta keluarga dan selalu support suami; menurut saya adalah wanita yang luar biasa. Tidak banyak wanita yang mau berkorban untuk keluarga, support karir suami, dan mendidik anak-anaknya dengan baik dan penuh cinta.

Saya memiliki role model dalam hal ini... Saya sangat kagum dengan sosok seorang Ibu Veronica Tan :) Siapa yang tidak kenal istri dari Bapak Basuki Tjahja Purnama ini? Beliau adalah istri yang mendukung suaminya sejak dari nol. Selain membesarkan dan mendidik ketiga putra-putrinya, beliau juga turut membantu suaminya dalam melaksanakan pekerjaannya, mau mendedikasikan waktunya untuk mengayomi orang lain yang membutuhkan.

sumber: detik.com

sumber: merdeka.com
Tapi di luar dari pekerjaan, ternyata Ibu Vero memiliki talenta dalam hal bermusik. Beliau dapat memainkan cello dengan apik. Bagaimana bisa kita ngga tambah kagum dengan emak-emak yang satu ini? :'D Saya penasaran bagaimana time management dari Ibu Vero ini; soalnya kalau nanti saya sudah berkeluarga saya juga tetap mau mengembangkan hobi dan talenta saya :)






5 TIPS UNTUK TAMPIL LEBIH MEMESONA


Sebelum membaca lebih lanjut, di sini saya mau mengimbau kaum hawa; para pembaca saya... Untuk melakukan perubahan pada diri kita, semata-mata BUKAN demi pria (pacar, gebetan, maupun mantan). Tapi pertama-tama berubahlah DEMI DIRIMU SENDIRI. 


  1. Belajar Menjaga Penampilan & Bisa Membawa Diri
    Menjaga penampilan itu penting. Bukan berarti kita mau menjadi pribadi yang penuh kepura-puraan; tapi kita harus tau kapan harus berpenampilan yang sesuai dengan situasi dan kondisi. Contohnya, kita diundang untuk datang ke acara pernikahan; ya pakailah baju pesta yang sesuai (tidak berlebihan dan tetap sopan) dan makeup yang secukupnya. Sebaliknya kalau di kantor pakailah pakaian formal yang sopan, dan makeup minimalis. Sebaiknya tidak berpenampilan yang bisa menimbulkan kontroversi.
    Bisa membawa diri itu bicara tentang cara kita bersikap. Apakah kita sudah menunjukkan respek kepada orang yang lebih tua / lebih senior daripada kita? Apakah kita sudah bisa melempar candaan pada teman sesuai situasi dan kondisi? Apakah kita sudah bisa melihat situasi untuk tidak menanyakan pertanyaan yang sensitif?
  2. Belajar Mengembangkan Diri
    Menjadi wanita yang memesona adalah wanita yang punya keinginan untuk mengembangkan diri dalam segala hal yang dia kerjakan. Misalkan kita punya talenta di bidang menulis, ya kembangkanlah itu. Kalau kita punya talenta di bidang main piano, terus kembangkanlah itu. Kalau kita hanya maunya bermalas-malasan, nanti kita sendiri yang akan menyesal.
    Beberapa teman pria yang saya tanyai mengakui bahwa mereka terpesona saat ada wanita yang dengan serius mau belajar mengembangkan hobi mereka.
    Mau mengembangkan diri tidak hanya bicara soal talenta, tapi juga memiliki kemauan untuk belajar hal baru, misalkan mau mengembangkan wawasan dengan membaca buku-buku, atau menonton video yang membangun wawasan :)
  3. Belajar Untuk Dewasa dan Jujur
    Semua orang tidak suka dengan orang yang memiliki kepribadian yang kekanak-kanakkan. Jangan sampai kita sebagai wanita terus mempertahankan watak yang keras kepala, tidak mau mengakui terima masukan, tidak dewasa dalam menyingkapi permasalahan hidup dan tidak jujur kepada pasangan apabila ada permasalahan (jangan baperan pliisss).
    Punyailah pikiran terbuka, dan belajar menempatkan diri pada posisi orang lain; agar kita bisa memiliki empati dan belajar untuk terbuka, dewasa dan jujur.
  4. Punya Cita-cita dan Tujuan Hidup
    Wanita dituntut untuk tidak hanya sibuk di urusan rumah tangga, tapi juga memiliki cita-cita dan tujuan hidup. Tentu saja tujuan hidup kita berbeda-beda. Bisa jadi tujuan hidup kita adalah berguna dalam organisasi kemasyarakatan, memajukan pendidikan, menjadi kontributor dalam bidang seni; dan masih banyak lainnya. Wanita yang memesona adalah wanita yang tidak cuma bisa ikut-ikutan trend tapi juga punya komitmen dalam mengejar tujuan hidupnya :)
    Mari kita refleksi dulu deh.. Apakah kita sudah punya cita-cita dan tujuan hidup? Apakah kita cuma membiarkan hidup berjalan seperti biasanya tanpa ada visi dan misi?
  5. Selalu Belajar untuk Bersyukur
    ​Memesona itu kalau bisa bersyukur kepada Tuhan, juga menjadikan pengalaman sebagai guru berharga​​. Jangan membandingkan diri dengan wanita lain, karena kita dilahirkan dalam latar belakang berbeda dan kita juga memiliki situasi dan kondisi yang berbeda-beda.
    Kalau kita hanya bisa membandingkan diri dengan orang lain yang lebih beruntung / lebih cantik / lebih segalanya dari kita; kita hanya akan bisa melihat keatas tetapi lupa untuk melihat ke cermin. Sudahkah kita bersyukur atas pemberian Tuhan di hidup kita?
    Wanita yang selalu bisa bersyukur akan memancarkan karakter dan perkataan yang baik dan bisa menjadi dampak positif bagi sekelilingnya :)



TRIVIA:

Satu fakta yang saya baru tau juga adalah, ternyata kata kerja dari pesona bukanlah mempesona tapi memesona (me-me-so-na). Selama ini guru Bahasa Indonesia saya kok ngajarinnya kurang tepat ya.. di artikel-artikel, text book, dan novel-novel saya juga selama ini taunya mempesona lhooo.. Semoga setelah ini kita tidak salah lagi ya.. :'D LOL.



Sekian pendapat saya mengenai wanita dengan kepribadian memesona :D
Yuk mari kita sama-sama belajar untuk semakin menjadi pribadi yang lebih baik lagi!




Artikel ini diikutkan dalam blog contest
#MemesonaItu

No comments :

Post a Comment

I do appreciate every comment of yours :D
Thanks for visiting my blog! Enjoy~