Monday, September 21, 2015

Travel Story: Papuma Beach (Tanjung Papuma) - Jember, Indonesia

Halo semuaa~ kayaknya aku belum pernah ngeblog tentang objek pariwisata yang ada di Indonesia ya? Kebetulan bulan Juli tahun ini aku mengunjungi salah satu pantai yang cukup terkenal sebagai lokasi pre-wedding di Jawa Timur Indonesia :D Namanya adalah Tanjung Papuma, yang secara spesifik berlokasi di Jember.

Hello everyone~ It seems I never blog about tourism place in Indonesia beforehand, and I think this is a right moment to introduce about tourism place in Indonesia to my International readers :D This beach is called Papuma Beach (a.k.a Tanjung Papuma) specifically located in Jember, on East Java (Jawa Timur) province - Indonesia.


Jalan menuju Tanjung Papuma. Jalannya sih ngga susah untuk dilalui, dan sangat mudah diakses oleh mobil. Kami ngga menemukan masalah untuk menemukan rute menuju Tanjung Papuma, gunakan GPS dengan baik aja hehe. Tapi jalanannya lumayan berdebu karena masih banyak tanahnya. Jadi kalau kalian memutuskan untuk pergi ke Tanjung Papuma dengan mengendarai motor, harus siap-siap masker dan helm teropong :)

This is the road to Papuma Beach. The path is relatively accessibly by cars and we had no trouble in finding the right navigation to there. Just use GPS correctly and you'll find the way ^.^ Hmm FYI, since the path is so dusty, you should use mouth mask!


Dari kota Jember ke Tanjung Papuma ngga terlalu jauh, hanya membutuhkan kurang lebih 1 - 1,5 jam.
If we start from Jember City, it will takes around 1-1,5 hours to reach Papuma Beach.

Route of Jember to Papuma Beach on Google Maps

Annddd we're almost there!
tanjung papuma beach, papuma jember, tanjung papuma review

Karena kami mengunjungi Tanjung Papuma pas masa-masa liburan (pas lebaran), jadi tempatnya rame bangeeett.. Saranku, kalau kalian merencanakan untuk main-main ke sini, jangan pas hari libur deh -_-

Because we visited Papuma Beach on public holiday, the place was surely crowded. If you can, I recommend you to visit this place on regular days (not on public holiday), so the place will be less crowded and be more pleasant.

tanjung papuma beach, papuma jember, tanjung papuma review

tanjung papuma beach, papuma jember, tanjung papuma review

tanjung papuma beach, papuma jember, tanjung papuma review

Ada bermacam-macam jenis penjual di sini, ada yang jual makanan ringan, degan kelapa, mainan, topi, baju dan kacamata hitam. Jangan khawatir kalau kalian lupa ngga bawa alas untuk duduk.. karena ada persewaan alas duduk / tikar di sini. Kalo ngga salah harga sewanya sekitar Rp. 20.000 - 50.000 per beberapa jam *lupa total*. Tips dariku sih, lebih baik bawa alas / tikar ato bawa koran bekas sendiri; buat duduk di pasir. TAPI, tolong jangan meninggalkan / buang sampah apapun di pantai ya ^_^ Coba baca postku yang ini deh.

There are various type of sellers here, they sell snacks, coconuts, toys, beach hats, apparels and sunglasses.. don't worry if you don't bring mat to sit, because they also provide mat rent per hour. If I'm not mistaken, you only need to pay around IDR 20,000-50,000 per few hours *totally forgot*. Another tips from me, don't forget to bring your own mat or bring recycle newspaper ^.^ and please don't litter anything on beach!

tanjung papuma beach, papuma jember, tanjung papuma review


Dan inilah Tanjung Papuma dari jarak yang lebih dekat~
Aku datang ke sana sekitar jam 2 jadi lumayan terik XD Meskipun cuaca panas, tidak menghalangi niat orang-orang untuk main air di pantai.

tanjung papuma beach, papuma jember, tanjung papuma review
Do you see the small island on the left? That place is restricted and not open for public
tanjung papuma beach, papuma jember, tanjung papuma review
People come to play and refresh their minds here
tanjung papuma beach, papuma jember, tanjung papuma review
the sun was so hot, as hot as me *please ignore me. LOL* XDD
source: gohitzz.com
Sekedar info aja, batu besar di foto diatas adalah batu yang sangat dikenal di Tanjung Papuma.. Kalo berkunjung ke Papuma, kurang afdol kalo belum foto-foto di sana.. Tapi hari itu aku ngga jalan sampai ke sana karena matahari terik banget dan terlalu banyak orang di sana.. jadi males deh :s hahaha. Lain kali aja pas sepi baru aku foto-foto di sana

FYI, the big rock on the photo above is kind of signature rock of Papuma Beach. I didn't walk there, because it was so sunny and too many people gathered there.. (I didn't think I will make a good photo there, so I save that spot for next visit)

tanjung papuma beach, papuma jember, tanjung papuma review, Indonesian Travel Blogger, Destination to Indonesia, Travel to Indonesia, Pariwisata Jawa Timur, East Java Tourism Place

Selain berenang dan bermain layang-layang, kita juga bisa menaiki kapal untuk berkeliling di sekitar laut :D Tarifnya cukup bervariasi, sekitar Rp 20.000 - 25.000 per orang, untuk satu kali keliling. Kalau bisa sih cari yang tarifnya 20rb aja.. Kemarin aku naik pas agak sore :)

Aside of swimming and playing kites, we also can ride boats to tour around the sea :D Tariffs of riding boats are may vary, around IDR 20,000 - 25,000 / person to tour once.

tanjung papuma beach, papuma jember, tanjung papuma review, Indonesian Travel Blogger, Destination to Indonesia, Travel to Indonesia, Pariwisata Jawa Timur, East Java Tourism Place

Oh ya hampir lupa bilang, ada banana boat juga lho di sini :) dan tentu saja mereka menyediakan life vest untuk dipake oleh para penumpangnya, jadi ngga perlu kuatir. Sayangnya aku ngga tahu berapa tarifnya, karena aku ngga mencoba banana boatnya; lagi ngga bawa baju ganti.. jadi mungkin coba lain kali :p hehe.

Oh, not forget to mention, there is also banana boat for rent! Of course they provide life vests for the passengers, no need to worry :) Unfortunately I didn't try the banana boat, since I didn't bring spare clothes. Maybe next time, hehe.

tanjung papuma beach, papuma jember, tanjung papuma review

Kapalnya lumayan goyang-goyang dan percikan airnya mengenai baju dan barang-barang yang kubawa XD tapi harus tetap foto-foto dong.. untungnya ada foto yang bagus haha. BTW, kalo ke sini cuma niat naik kapal sih ngga perlu sampai bawa baju ganti, karena baju ngga akan basah parah, cuma kena cipratan air aja. Hati-hati pegang kamera / HP aja.. jangan sampe jatuh ke laut.

The boat was so shaky, and water splashed on my clothes and belongings XD but, I still attempted to take proper photos above the boat and I nailed it! No need to worry, your clothes will be perfectly fine and not gonna be drenched badly. Just make sure that you hold your camera / phone well so that it won't fall into the sea.

tanjung papuma beach, papuma jember, tanjung papuma review, Indonesian Travel Blogger, Destination to Indonesia, Travel to Indonesia, Pariwisata Jawa Timur, East Java Tourism Place

Oh ya, bagi kalian yang gampang mabuk laut, sebaiknya ngga naik kapal sih.. karena kapalnya goyang-goyang, mungkin akan bikin cukup pusing.. Aku sih cukup muternya 1x aja karena udah sedikit pusing setelah putaran pertama :'D

Anyway, if you tend to get seasick easily, maybe you should skip this boat.. because the boat is so shaky and may leave you in dizziness.. as for me, I got light headache after one lap :'D


tanjung papuma beach, papuma jember, tanjung papuma review, Indonesian Travel Blogger, Destination to Indonesia, Travel to Indonesia, Pariwisata Jawa Timur, East Java Tourism Place
Last not but least, took more photos before leaving this place ;)

Biaya / Tarif / Harga di Tanjung Papuma:
Harga tiket masuk mobil: Rp 5.000
Harga karcis parkir mobil: Rp. 5.000
Harga tiket masuk per orang: Rp. 17.500
Tarif naik perahu Rp. 20.000-25.000 / per orang / 1x putaran
Tarif toilet: Rp. 3.000
Tarif mandi: Rp. 5.000

*Bisa mandi di kamar mandinya juga, tapi jangan expect apapun dari tempat publik ya :p 
Kotor dan ngantri banget.


Tariff and cost that you'll spend at Papuma Beach
Car Pass Ticket: IDR 5,000
Car Park Ticket: IDR 5,000
Ticket per Person: IDR 17,500
Tariff for Boat Tour: IDR 20,000 - 25,000 / person / 1 time
Tariff for toilet: IDR 3,000
Tariff for taking a shower: IDR 5,000

PS: The toilets are so dirty, don't expect any fancy thing. LOL.




Jadi, apa diantara kalian ada yang udah pernah ke Tanjung Papuma dan rencana foto-foto prewed di sini? :p
Semoga info yang ada di post ini bisa berguna yaa.. Kalau ada pertanyaan lain, silahkan tulis komen di bawah ini..
Satu hal yang penting.. Harap diingat yaa.. kalo main ke pantai / gunung jangan buang sampah sembarangan, OK? :)

Thanks for reading and see you on my next post!
and always remember, wherever you go, never make littering as your habit!

11 comments:

  1. Ternyata emang banyak yah objek wisata pantai yang gak kalah kerennya dari Bali. Kalau saja industri pariwistanya dikelola lebih serius, mungkin bisa seramai Bali.
    Yang lebih penting lagi, kalau baca tulisan di atas, biaya yang dikeluarkan juga masih lebih merakyat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya setuju bgt.. andai dikelola lebih serius dan lebih profesional lagi >_<

      Delete
  2. waaah sepertinya seruu, entah knp aku lebih suka obyek wisata pantai drpd gunung :3 boleh lah dijadiin list kl pas ke jatim

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss banget mba XD aku jg lebih suka pantai

      Delete
  3. Wahh bagus ya pantainya. Gak kalah keren sama pantai-pantai yang ada di luar sana. kapan-kapan deh, kalo udah ada uang baru main ke pantai papuma :))

    ReplyDelete
  4. tanjung papuma emang keren banget sih :D Semoga bisa mampir kesana someday :)

    ReplyDelete
  5. Karena saya lebih suka pantai. Jadi kalau liat pantai yg cakep kayak gini bikin adem *ketauan deh anak pantai*

    Tapi yg bikin saya kaget itu loh mbak harga sewa tikarnya cukup mahal. Hitungannya perJam XD

    ReplyDelete
  6. yeaayy, ada yang bahas Papuma. XD
    Aku orang Jember dan udah sering ke Papuma. Ke sana makan Ikan bakar. Duluuu banget ikan Kakap merah masih 60 ribu per kilo. Sekarang udah nyampai 70-80ribu per kilo.
    Tapi sensasi makan ikan bakar di sana enak banget.
    Gak boleh mandi sih di sana...

    ReplyDelete
  7. Pernah ke tempat ini juga, tapi dulu pas nggak liburan jadinya sepi bisa menikmati semua lokasi pantainya.. Berasa pantai pribadi.. XD

    ReplyDelete
  8. wah indah juga ya, pantainya, moga suatu waktu bisa ke sana

    ReplyDelete

I do appreciate every comment of yours :D
Thanks for visiting my blog! Enjoy~

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...