Tuesday, February 18, 2020

Cara Membeli Tiket Kereta Api Online

Hi guys! Kali ini aku mau membahas lagi tentang Cara Beli Kereta Api Online nih :D
Seperti yang kalian tau, selain pesawat terbang; kereta api adalah salah satu mode transportasi yang paling digandrungi oleh masyarakat. Terlebih lagi bagi mereka yang tinggal di daerah pulau jawa.


Alasan mengapa kereta api banyak digemari adalah cepat, efektif, harganya lumayan terjangkau dan juga aman tentunya. Jika kalian malas mengantri di loket, kalian bisa membeli tiket kereta api secara online. Berikut adalah beberapa cara membeli tiket kereta api secara online.

Pesan Tiket Kereta Melalui Situs Resmi PT KAI
Sekarang ini apa-apa sudah bisa dilakukan dengan mudah melalui internet dengan cara online. Berikut dibawah ini adalah beberapa cara membeli tiket online melalui situs resmi PT KAI.




1. Isilah informasi terkait keberangkatanmu
Di bagian ini  ada beberapa informasi yang perlu kamu masukkan terkait dengan keberangkatanmu. Informasi-informasi tersebut diantaranya stasiun asal beserta stasiun tujuannya. Setelah itu kamu juga harus mengisi tanggal keberangkatan mu. Kemudian disusul dengan jumlah penumpang baik yang anak-anak maupun yang dewasa. Setelah kamu melengkapi informasi – informasi tersebut kamu bisa melanjutkan ke tahap pemesanan tiket selanjutnya dengan mengklik “pesan dan cari kereta”.


2. Pilih kereta dan jadwal kereta
Selanjutnya kamu akan dibawa menuju halaman yang berisikan pilihan kereta-kereta yang melayani rute yang kamu inginkan. Hal tersebut sudah lengkap dengan kelas, jam keberangkatan, jam kedatangan, durasi waktu perjalanan beserta harganya. Setelah kamu membaca dengan seksama pilihan kereta yang tersedia, maka pilihlah kereta yang sesuai dengan jadwal yang sudah kamu inginkan. Setelah kamu yakin, lanjutkan dengan mengklik tombol “pesan” biasanya tombol ini berwarna biru. Kemudian setelah kamu memilih pesan, maka kamu akan diminta memasukkan informasi untuk login. Jika kamu sudah punya akun untuk situs PT KAI maka kamu bisa langsung login. Kalau belum, maka kamu bisa melakukan registrasi terlebih dulu. Namun, kamu masih bisa kok melanjutkan pemesanan tanpa melakukan registrasi terlebih dulu.

3. Periksa Informasi booking dengan cermat
Setelah menyelesaikan proses booking, maka kamu bisa membaca ringkasan informasi pemesanan tiket yang baru saja kamu lakukan. Baca ringkasan tersebut dengan cermat dan teliti agar tidak ada yang salah. Contohnya, tanggal keberangkatan yang salah atau jumlah penumpang yang salah. Jika kamu yakin semuanya sudah benar, maka scroll terus kebawah hingga kamu menemukan pernyataan bahwa kamu setuju dengan segala ketentuan dan persyaratan yang berlaku. Kemudian klik tombol “lanjutkan”.


4. Masukkan informasi penumpang
Selanjutnya kamu harus mengisi beberapa informasi terkait dengan nama dan nomor identitasmu. Selain itu, di bagian ini kamu juga harus mengisi data dirimu sebagai pemesan. Hal- hal yang perlu kamu masukkan diantaranya adalah nama, alamat, no HP, nomor telepon, email dan juga alamat lengkap mu. Email disini berfungsi sebagai sarana untuk mengirimkan informasi mengenai konfirmasi pembayaran yang akan dilakukan oleh sistem PT KAI. Ada batasan waktu dalam mengisi bagian ini, jadi pastikan kamu memiliki segala yang kamu butuhkan untuk mengisi informasi-informasi yang dibutuhkan. Jika sudah selesai, klik tombol captcha dan lanjutkan dengan klik tombol “selanjutnya”.

5. Pembayaran
Pemesan tiket mu belum dianggap selesai sebelum kamu melakukan langkah selanjutnya, yaitu melakukan pembayaran. Sebelum melakukan pembayaran, kamu akan dibawa ke halaman dimana disitu sudah tersedia berapa total jumlah yang harus kamu bayar. Di Halaman itu kamu juga masih bisa merubah nomor kursi ataupun pindah kursi. Untuk melakukan pembayaran ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan seperti melalui ATM, internet banking, melalui mini market yang sudah bekerja sama dengan PT KAI atau payment point yang juga sudah kerja sama dengan PT KAI. Kamu hanya punya waktu 1 jam untuk melakukan pembayaran atau jika tidak maka booking mu akan dinyatakan hangus.


Situs Pemesanan Kereta Api Online Lainnya
Selain melalui situs resmi PT KAI, kamu juga bisa memesan tiket kereta api online melalui situs-situs online lainnya yang sudah bekerja sama dengan PT KAI. Salah satu situs pemesanan kereta api online yang sudah terpercaya di Indonesia adalah Traveloka. Terlebih lagi sekarang kamu sudah bisa pesan tiket KAI disini loh.



Setelah itu kalian bisa menikmati semua fitur-fitur menarik serta promo-promo menarik yang ditawarkan oleh Traveloka. Tunggu apa lagi, yuk cobain booking kereta api via website Traveloka atau download Traveloka App di Smartphone mu :D

Thanks for reading guys!

No comments :

Post a Comment

I do appreciate every comment of yours :D
Thanks for visiting my blog! Enjoy~