Saturday, September 23, 2017

My Skin Story | Merubah Diri Jadi Lebih Baik

Haiii semua! Hari ini aku mau share tulisan yang sifatnya lebih personal, karena aku pengen membagikan kisah tentang kulitku. Yup, tulisan ini aku kasih judul "My Skin Story" karena memang aku notice banget perubahan kulitku selama 5 tahun belakangan ini ^^ Terus kenapa sub judulnya "Merubah Diri Jadi Lebih Baik"? Ya nanti kalian juga akan tau kok alasannya di bawah :D

Sebagian dari kalian mungkin tau, atau pernah baca tulisanku di blog / sosial media (aku agak lupa), kalo aku baru belajar makeup dan kecantikan itu pas kuliah. Believe or not, waktu itu aku baru belajar pake eyeliner, pensil alis dan teman-temannya pas aku kuliah semester 2-3 (tahun 2009). Telat banget ya? ^^;;
Ya kalo dibandingkan sama remaja jaman sekarang yang udah kenal makeup dan pake full makeup dari umur kurang dari 15 thn, aku termasuk yang super telat dah.

Apakah setelah belajar makeup aku juga jadi suka merawat kulit? No. Aku baru mulai tekun dan memperhatikan kesehatan kulitku sejak aku punya blog ini (tahun 2012). Aku yang dulu hampir ngga pernah pake sunscreen kalau keluar rumah (padahal gini-gini aku juga anak motor, men!). Kalo malem sebelum tidur skin care routine ku juga cuma bersihin muka pake cleansing foam aja, tanpa diapa-apain lagi setelahnya. Night cream? Serum? Eye cream? Apaan tuh? ^_^" Hahaha.

Begitulah. Hingga umur 22 tahun aku bener-bener merawat kulit alakadarnya banget. Dan sekarang aku bongkar-bongkar foto lama dan menemukan fotoku tahun 2012 awal -_- Kelihatan kusem dan dekil ya, coba bandingkan sama yang tahun 2016. Padahal sama-sama makeup minim dan di bawah natural lighting.

Btw, foto tahun 2012 itu sebelum aku pake behel. Kalo berminat kalian bisa baca kisah behelku di sini: Diary of My Braces


Seperti yang kalian lihat, memang sih foto Tahun 2016 itu aku masih ada jerawat kecil-kecil di dagu, tapi kalo warna kulit jelas kelihatan beda kan?
Kulitku memang udah cenderung putih dari lahir. Tapi karena aku ngga perhatian sama kulitku, kulitku di foto tahun 2012 kelihatan kusam dan agak menggelap karena sering berjemur tanpa sunscreen. Makanya jadi kayak gitu -_-"
Berbeda dengan foto tahun 2016, dimana aku udah merawat kulit dan warna kulitku pun perlahan menjadi semakin cerah. Emang apa aja sih yang aku lakuin agar kulitku ngga kusam lagi?



My Skin Care Routine:
Produk-produk untuk kegiatan rutin perawatan kulitku itu hampir tiap bulannya berubah, karena aku harus gonta-ganti produk dan mencoba produk-produk skin care dari sponsor. Secara pribadi aku sarankan kalian jangan sering-sering ganti produk perawatan kulit, kecuali kalo kulit kalian cukup tahan banting :P

Aku sendiri juga bukan tipe orang yang sangat saklek dengan urutan dan jumlah step skin care. Aku bukan cewe sempurna yang mengharuskan diriku untuk memakai rangkaian skin care lengkap dari A-Z tiap hari ^_^;; karena aku males rempong.
As you know, sekarang lagi booming banget Korean 7 layers of toner / 7 Skin Method kan? Kalian bisa googling dan liat betapa ribetnya deh.
Kalo kalian bisa melakukannya dengan rajin; that's good, tapi kalo kalian ngga mampu ya ngga usah memaksakan diri menjalankan step-step skin care yang panjang dan rumit... Nanti kalian bisa stres sendiri :)


Secara pribadi aku urutan perawatan kulitku adalah sebagai berikut:

PAGI HARI: Cleansing foam - Toner - Pelembab (kalau sempet) - Sunscreen - Makeup

MALAM HARI:

* Kalau pake makeup: Micellar Water - Cleansing Oil - Cleansing Foam - Toner - Obat jerawat (kalau ada) - Eye Cream - Serum - Night Cream / Sleeping Mask
* Kalau tanpa makeup: Micellar Water - Cleansing Foam - Toner - Obat jerawat (kalau ada) - Eye Cream - Serum - Night Cream / Sleeping Mask

Berkat perawatan kulit yang udah lebih rajin itulah, sekarang warna kulitku jadi kelihatan cerah dan kelihatan lebih bersih; meskipun masih jauh dari kata sempurna :D Kalian pun sebenarnya bisa punya kulit yang lebih cerah (bukan putih lho yaa.. karena warna kulit itu dipengaruhi genetik); kalau lebih rajin merawat kulit sendiri.

Mungkin kalau kalian follow Instagramku (@shelvi0320), kalian bakal bertanya-tanya kok aku suka edit foto jadi terang banget dan warna kulitku seolah-olah ikut naik 2 tingkat? Apakah aku masih kurang bersyukur dengan warna kulitku yang sekarang? Yah ngga sih. Aku bersyukur banget punya warna kulitku yang sekarang, tapi emang pada dasarnya akunya aja yang suka foto yang terang banget XD

Tidak ada yang salah dengan menggunakan aplikasi edit foto, karena aku sendiri selalu menggunakan Photoshop dan photo editing app di HP; karena mau suka memperbaiki foto yang gelap, atau white balance yang ngaco. Tapi hal ini menjadi salah, kalau kita ngga pede dengan warna kulit sendiri dan mulai membanding-bandingkan dengan warna kulit orang lain. Heiiiii, tiap warna kulit itu unik dan istimewa :) Bayangkan kalau seluruh dunia isinya penduduk warna kulit putih aja, atau warna kulit gelap aja; pasti jadi lebih membosankan dan terlalu monoton kan?


Skin Tone Catalog based on Pantone Colors by Angelica Dass. Such a beauty of diversity ♥


Manusia itu lucu ya, susah puas dengan diri sendiri :D Orang Asia (terutama Indonesia) banyak yang pengen kulit lebih putih, tapi Orang Barat pengen kulit yang lebih gelap; karena menurut mereka itu eksotis.
Sedihnya lagi, di Indonesia kadang menganggap orang yang berkulit putih lebih cantik, ideal, superior dan nampak "lebih baik" dalam segala hal. Padahal nggak gitu jugaa..
Tiap warna kulit punya kesempatan yang sama kok; apapun warna kulit mereka. Kesempatan untuk berkembang dan menggapai kesuksesan mereka masing-masing :) Termasuk kesempatan untuk dipinang pria pujaan #eaaa.

Jadi ngga perlu merasa tertekan untuk menjadi orang lain, dan berambisi untuk memiliki warna kulit yang ngga sesuai dengan genetik kita masing-masing :)

Terutama bagi para remaja Indonesia, JANGAN minder kalau kalian punya warna kulit yang berbeda atau tidak sesuai standar apa kata orang; KARENA kalian harus bangga punya warna kulit yang unik dan cantik :) Tinggal dirawat aja dengan rajin, nanti bakal lebih terpancar kulit kalian yang cerah terawat kok.


Cerah bukan berarti putih ya, tapi kulit yang cerah itu adalah kulit yang kelihatan bersinar, bersih dan terawat bahkan tanpa makeup sekalipun,





Btw kalau kalian bangga dengan warna kulit kalian, kalian bisa lho berpartisipasi dengan join campaignnya Clean & Clear #BanggaDenganWarnaKulitmu #IAmBright :) Karena aku sendiri udah bikin, dan udah ngepost di Instagramku. Kayak gini nih:
"Apapun warna kulitmu, kita semua harus pede!"

Itulah secuplik cerita dariku, semoga cukup menginspirasi hehe :) Dulunya aku adalah upik abu yang kusam, sekarang jadi kelihatan lebih terawat; karena aku menanamkan cinta pada kulitku dan juga merawat kulitku dengan baik ^__^

Semoga cerita dariku bisa cukup merubah mindset kalian tentang "kulit putih itu ideal" ya :) Yuk merubah diri jadi lebih baik!

Don't let anyone overshadow your shine with their own standards. Just be yourself, and love yourself! Everyone with various skin tone deserve same opportunity. -by Shelviana Handoko #uhuk


Thank you for reading everyone! ♥♥

No comments :

Post a Comment

I do appreciate every comment of yours :D
Thanks for visiting my blog! Enjoy~