Tuesday, November 22, 2016

Sakuku: Bikin Hang Out Makin All Out

Hai semua! Tanggal 8 November yang lalu aku mendapat kesempatan untuk mengenal salah satu Inovasi BCA melalui event Ngobrol Blogger Cantik yang diadakan di Surabaya, tepatnya di Cafe Communal Coffee & Eatery :D Secara khusus acara ini membahas layanan BCA yang bernama BCA Sakuku yang secara pribadi aku udah pernah mendengar namanya beberapa kali di publik tapi aku ngga terlalu perhatian. Apa mungkin karena ada iklannya di TV tapi akunya yang hampir ngga pernah nonton TV ya? Maklum di kamar kos ngga punya TV :') #anakyoutube LOL

Selidik punya selidik, aku baru tau kalau BCA Sakuku ini sudah soft launching di Indonesia sejak September 2015 dan udah mulai banyak dikenal oleh masyarakat, terutama di kalangan anak muda.


Buat kalian yang baca blog ini, ngaku deh... Kalian udah tau belum sih apa itu BCA Sakuku? Iya kalian yang lagi baca blog ini :P Kalo belum tau ngga apa-apa kok, aku juga sebelum ini ngga tau apa itu BCA Sakuku hehe. Sebagai anak muda wajib dong tau layanan BCA yang satu ini... Meskipun kalian bukan nasabah BCA! 
"Hah buat apa aku tau kalo aku bukan nasabah BCA?"
Iya, soalnya Sakuku ngga terbatas cuma untuk nasabah BCA aja :) Yuk mari baca terus!


Sebelum membaca penjelasan tentang Sakuku, aku cerita-cerita dulu tentang keseruan pada event itu boleh yaaa? :D Keseruan ini bermula pas aku pulang kantor langsung aja ngga pake pulang kos (cuma ganti baju dan dandan di kantor), aku buru-buru ke Cafe Communal; karena acaranya dimulai jam 18.00. Syukurlah langsung dapet Uber dan aku sampai di sana tepat jam 18.00. Setengah berbecek-becek ria karena hujan lebat aku pun sampai ke eventnya.. Syukurlah staff Communal sendiri sangat friendly jadi aku dikasih banyak tissue untuk mengeringkan sepatuku *kok jadi ngoceh ngalor ngidul* :P :P

Performance by 7 Nada Band


Waktu aku sampai, masih agak sepi.. Mungkin karena hujan jadi beberapa peserta terjebak macet


Ngobrol Bareng Blogger Surabaya dengan hashtag #NgobrolBloggerCantik dan #InovasiBCA
eh ada live tweetsnya di Twitter dan posts di Instagram lho kalau kalian mau cek ^__^

Ada dinner break di tengah-tengah acara, jadi kita bisa lebih fokus ngikutin acara dengan perut kenyang :p staff di sini sangat helpful! Salah satu staff bahkan bantuin aku bawa piring pas tau aku kesulitan ngambil buah hehe.



Beberapa keseruan di event: Salah satu blogger yang bernama Upit ikut bernyanyi bersama 7 Nada Band, host memberikan tanya jawab kepada para bloggers dan ada special appearance oleh Instagram Beauty Influencer bernama Raras yang memberikan tips-tips seputar kecantikan buat para blogger; karena judulnya kan Ngobrol Blogger Cantik :D


Photo corner yang cantik :) Sayang pas aku foto di sini pake kamera sendiri jadinya backlight karena aku ngga bawa external flash :'D


Para bloggers sibuk menyimak dan mencatat di HP masing-masing



Tiba di sesi utama pada event ini, yaitu perkenalan BCA SAKUKU by Mas Charles Buntoro dari BCA yang cara bicaranya asik banget untuk disimak :D Serius cara jelasinnya itu gaul abis, kocak dan bikin ngga ngantuk!


image source: www.bca.co.id

Apa itu SAKUKU?

Sakuku adalah dompet elektronik yang dapat digunakan bertransaksi melalui aplikasi smartphone dalam melakukan bayar belanja, isi pulsa, dan transaksi perbankan lainnya. Dengan begitu, acara hangout akan semakin all out! Untuk menggunakan SAKUKU tidak wajib untuk memiliki rekening BCA karena nomor pengenal Sakuku yang digunakan adalah no HP kalian, Sakuku juga menggunakan PIN 6 digit sebagai password :)


Cara Menggunakan SAKUKU
  1. Siapkan smartphone Android (OS 0.4 keatas) atau iPhone (iOS 7.1 keatas)
  2. Download Sakuku pada Google Play Store atau App Store
  3. Isi data diri dan verifikasi
  4. Sakuku langsung dapat digunakan


Cara Top-up?
Sakuku bisa di top up di ATM BCA (yang memiliki logo Sakuku), internet banking KlikBCA Individu dan mobile banking m-BCA. Untuk mempermudah lagi proses top up Sakuku, user bisa melakukan Auto Top-Up/mengatur jadwal top up Sakuku otomatis via BCA mobile atau KlikBCA Individu. Caranya gampang banget lho, pas mau transaksi top up pilih jenis transfer berkala dan kalian bisa atur berkala setiap tanggal, berkala setiap hari tertentu ataupun berkala setiap beberapa hari dan nominalnya kalian bisa tentuin sendiri. Jadi ga perlu bingung lagi deh kalo urusan top up Sakuku dan juga dapat mengatur kalau mau melakukan pembatalan auto-top up di menu "Status Transaksi Sakuku".


Apa itu SAKUKU PLUS?
Selain Sakuku, ada lagi nih yang namanya Sakuku Plus. Secara garis besar sih tidak ada beda dengan Sakuku, cuma beda di limit saldo saja. Kalau limit saldo Sakuku adalah Rp. 1.000.000 sedangkan limit saldo Sakuku Plus adalah Rp. 5.000.000.
Untuk aktivasi Sakuku Plus pun sangat mudah lho, kalau kita input nomor rekening dan tanggal lahir di bagian Setting, maka aplikasi akan langsung menawarkan apakah kita mau aktivasi layanan Sakuku Plus. Sedangkan bagi non nasabah BCA, bisa datang langsung ke Kantor Cabang Bank BCA sambil membawa HP yang sudah terinstall Sakuku dan kartu identitas. Sangat mudah bukan? :)


Apa Aja Sih Fungsi SAKUKU?


SAKUKU:
  1. Bayar Belanja
    Bisa untuk bayar belanja dengan cara scan QR Code di merchant fisik/toko dan merchant online/website. Merchant fisik yang sudah terdaftar antara lain: AJBS, Alfamart, Alfamidi, Apotek K24, ATKmart, Bakmi GM, Bonchon, Bogajaya, Calais, Chatime, Cincau Station dan masih banyak lagi :) Untuk daftar lengkap bisa dicek di sini: http://www.bca.co.id/merchantsakuku
  2. Isi Pulsa
    Isi pulsa dengan cara yang cepat dan mudah, dan tanpa tambahan biaya. Bisa untuk mengisi nomor HP sendiri, nomor teman atau bahkan bisa minta pulsa ke teman lain sesama pengguna Sakuku.
SAKUKU PLUS:
  1. Transfer
    Butuh transfer ke teman yang beda bank? Bisa menggunakan Sakuku untuk transfer tanpa ada tambahan biaya. Selain itu kita juga bisa mengirimkan permintaan transfer ke teman Sakuku kita; dimana hal ini cocok digunakan untuk pemilik toko online shop untuk mengingatkan customer membayar pesanannya.
  2. Split Bill
    Punya teman 1 geng yang hobi jalan-jalan dan mau bagi tagihan? Dengan fitur ini tagihan bisa dibagi rata dan akan langsung ditagihkan ke masing-masing teman pengguna Sakuku. Akhirnya yaaa.. ngga sungkan lagi nagih temen untuk bayar biaya makannya, soalnya bisa nagih via Sakuku :D
  3. Tarik Tunai
    Untuk tarik tunai ini bisa kelipatan Rp. 50.00 dengan maksimal penarikan Rp. 1.250.000 di ATM BCA yang berlogo Sakuku dengan menggunakan kode tarik tunai berupa 6 digit Kode Tarik Tunai. Bagi non nasabah BCA juga tetap bisa tarik tunai lho :)

FITUR LAIN:
  1. Info
    Untuk melihat sisa saldo dan mutasi transaksi Sakuku
  2. Inbox
    Untuk melihat bukti transaksi dan transaksi yang masih pending atau tertunda
  3. Kontak
    Untuk melihat siapa saja teman-teman kalian yang menggunakan Sakuku
  4. Setting
    Untuk mengubah profil Sakuku, cover picture, PIN, mengaktifkan fitur permintaan, melihat info Sakuku, dan melakukan aktivasi Sakuku Plus.




Setelah mendengarkan informasi mengenai Sakuku ini, aku jadi merasa Sakuku ini bakal berguna banget untuk orang-orang yang sulit mengontrol pembelanjaan pribadinya, dimana hal ini yang membedakan Sakuku dengan Debet atau Credit Card. Kalau Debet dan Credit Card kan kadang kita ngga bisa mengontrol shopping, tapi kalau dengan Sakuku kita bisa!
Misalkan aja untuk uang saku pribadi kita sebulan Rp. 3.000.000 (untuk budget hang out di luar, belanja kebutuhan rumah tangga, dan pulsa), maka dalam sebulan itu kita harus membatasi diri dan ngga bisa lebih dari Rp. 3.000.000. Ini bisa banget dipraktekkan untuk orang tua yang mau ngasih uang jajan ke anak remajanya atau suami yang mau kasih jatah bulanan ke istrinya :D
Inovasi BCA yang oke banget kan?


Setelah pulang dari acara, aku pun cepat-cepat untuk install aplikasi Sakuku dan aku sudah siap untuk menggunakan Sakuku untuk kebutuhan belanja bulananku :)
Sakuku, Bikin Hang Out makin All Out!


Thank you BCA, BBlog dan Blogger Perempuan atas undangannya, jadi aku bisa tau lebih dalam mengenai Sakuku deh :) Kalo kalian gimana? Udah pake Sakuku belum?

Thanks for reading and see you on my next post!

2 comments :

  1. Seru acaranya, photo corner'nya juga cantik...ssi dengan temanya #NgobrolBloggerCantik :)

    Udah instal sakuku sih, tp sptnya nomor HP kudu aku update...krn gk bs verifikasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cantik photo cornernya sayang rada gelap >.<
      iya kalau ada masalah coba dikonsultasikan ke BCA terdekat saja kak :)

      Delete

I do appreciate every comment of yours :D
Thanks for visiting my blog! Enjoy~