Friday, December 12, 2014

Cara Memilih Suplemen Makanan yang Tepat

Sebagai wanita, tidak cukup hanya memperhatikan kesehatan kulit dalam upaya mempercantik diri; karena kita pun wajib memperhatikan kesehatan tubuh. Dewasa ini masih banyak masyarakat Indonesia yang kurang peduli terhadap kesehatan; bukti nyata di lingkungan kita adalah dengan perwujudan semakin menjamurnya restoran fast food dibandingkan restoran vegetarian, masih banyak orang yang lebih memilih minum obat diet instan daripada berolahraga secara rutin, dan masih banyak orang yang mengabaikan gaya hidup sehat dengan terus mengkonsumsi makanan berlemak jenuh dan kurang berolahraga.


Pentingnya Memperhatikan Kesehatan Tubuh Kita


Masyarakat bukannya tidak mengetahui tentang pentingnya hidup sehat, tetapi seringkali masyakarat kurang mengindahkan dampak buruk dari gaya hidup tidak sehat. Bahkan banyak dari mereka yang merasa baik-baik saja meskipun hidup dengan gaya hidup sembarangan, dan baru menyesal di kemudian hari ketika sudah divonis suatu penyakit.

Sebelum terlambat, marilah kita memulai dari sekarang. Kita perlu berubah untuk menjadi pribadi yang lebih sehat, untuk kelangsungan hidup dan kesejahteraan hingga beranak cucu :)

Upaya-upaya yang bisa kita lakukan untuk hidup lebih sehat:
  1. Stop merokok, minuman beralkohol dan narkoba
  2. Kurangi makan makanan cepat saji, dan minuman bersoda
  3. Perbanyak minum air putih (minimal 8 gelas sehari)
  4. Perbanyak makan buah dan sayur
  5. Lakukan olahraga minimal 2-3 seminggu dengan durasi sedikitnya 30 menit
  6. Memiliki tidur berkualitas 6-8 jam semalam

makanan kesehatan, suplemen makanan, suplemen Sea Quill, makanan sehat
raw image source: rumahtips.com

Selain melakukan upaya diatas, tubuh kita juga memerlukan suplemen makanan untuk mencukupkan nutrisi yang tidak didapatkan dari makanan. Suplemen berbeda dengan obat karena suplemen termasuk dalam golongan makanan. Suplemen terbuat dari bahan-bahan alami namun tidak boleh diklaim memiliki khasiat untuk mengobati penyakit seperti halnya obat-obatan. Meskipun suplemen termasuk golongan makanan, namun suplemen hanya bersifat melengkapi, dan tidak bisa berperan sebagai pengganti makanan.



Tanda-tanda Tubuh Kita Membutuhkan Asupan Suplemen

image source: http://testingqatar.files.wordpress.com/2013/12/tired.jpg
  1. Saat tubuh kelelahan karena bekerja terlalu berat dan kurang tidur, untuk memperkuat sistem imun dan membuat tubuh lebih berenergi.
  2. Saat sakit dan saat pemulihan dari sakit, untuk mencukupkan nutrisi yang kurang karena melemahnya sistem imun dan kurangnya nafsu makan.
  3. Saat memiliki penyakit terhadap organ tubuh tertentu, suplemen membantu untuk melengkapi nutrisi yang konsumsinya bersamaan dengan obat medis dan sesuai anjuran dokter
  4. Saat hamil dan menyusui untuk menunjang perkembangan bayi dalam kandungan sekaligus menjaga kesehatan ibu selama kehamilan
  5. Saat memiliki gaya hidup kurang sehat dan butuh suplemen untuk memenuhi kekurangan nutrisi dan pemeliharaan organ tubuh tertentu.


Cara Memilih Suplemen Makanan yang Tepat


makanan kesehatan, suplemen makanan, suplemen Sea Quill, makanan sehat

Karena banyak pilihan suplemen yang ditawarkan para produsen, sebelum memilih dan mengonsumsi suplemen kita harus benar-benar mengetahui zat dan nutrisi apa yang sedang dibutuhkan oleh tubuh kita. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita juga harus mengetahui mengenai zat tambahan, efek samping dan cara penyimpanan produknya.

makanan kesehatan, suplemen makanan, suplemen Sea Quill, makanan sehat

Apabila kita memiliki masalah ataupun sedang mengidap penyakit tertentu, kita perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar konsumsi obat dan makanan kesehatan tersebut dapat sejalan dan berhasil secara maksimal.


Alasan Memilih Suplemen Sea-Quill sebagai Makanan Kesehatan


Produk Suplemen Sea Quill telah lama diimport dan didistribusikan di Indonesia oleh CV. Abad Dua Satu Makmur dan telah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak tahun 1997. Sea-Quill adalah suplemen yang terbuat dari kombinasi bahan alami dan teknologi manusia, diciptakan untuk memperbaiki kesehatan fisik dan vitalitas; melalui produk berkualitas tinggi. Semua produk Sea-Quill yang siap dikonsumsi telah lulus prosedur uji coba ketat Quality Control untuk memastikan kualitas terbaiknya.

makanan kesehatan, suplemen makanan, suplemen Sea Quill, makanan sehat


Sea-Quill hanya menggunakan bahan alami terbaik dari seluruh dunia, yang berasal dari tanaman organik yang bebas pestisida, pupuk kimia dan non-GMO (Genetically Modified Organism). Bahkan mereka menggunakan berbagai macam metode teknologi seperti HPLC, GC, AA, NIR, UV-VIS, LS, RI, FTIR, TLC scan, GF dan Polarimeter untuk memastikan suplemen yang siap dipasarkan benar-benar bermanfaat untuk tubuh. Pabrik Sea-Quill yang berada di USA sendiri memiliki standar cGMP dan dievaluasi oleh FDA setiap tahun.

Produk Sea-Quill tidak mengandung sukrosa, garam, pengawet dan pewarna buatan. Beberapa produk bahkan merupakan kapsul vegetarian (tidak mengandung bahan hewani dan alkohol), sehingga mendapat label HALAL dari Islamic Service, USA :)

makanan kesehatan, suplemen makanan, suplemen Sea Quill, makanan sehat

Selain itu, Produk-produk Sea-Quill juga telah didaftarkan di Badan Pengawasan Obat dan Makanan dan mendapat nomor registrasi dari BPOM. Kualitas Sea-Quill telah teruji selama 17 tahun di Indonesia dan memiliki pelanggan telah tersebar ke seluruh pelosok Indonesia.



Sea-Quill, Suplemen Makanan Pilihanku


Meski kerap saya abaikan, namun saya menyadari pentingnya konsumsi suplemen untuk melengkapi asupan nutrisi. Ini bukan pertama kalinya saya mengkonsumsi suplemen Omega-3 Salmon, karena semenjak saya remaja orang tua saya rajin mengkonsumsi suplemen tersebut (tapi saya minumnya jarang-jarang). Namun kali ini saya berketetapan untuk meminum suplemen Sea-Quill secara rutin setiap hari :)

makanan kesehatan, suplemen makanan, suplemen Sea Quill, makanan sehat

Sea-Quill Omega-3 Salmon
Fungsi: Menjaga kesehatan jantung, dan menormalkan kolesterol


Sea-Quill Omega-3 Salmon diekstrak dari ikan Salmon berkualitas (bukan ternakan) dengan teknologi fractionated distillation untuk membuang kandungan kolesterol dan meningkatkan kadar asam lemak EPA (400mg) dan DHA (300mg). Dilengkapi dengan Lecithin untuk memudahkan penyerapan dan Vitamin E untuk menjaga kesegaran produk hingga kapsul terakhir.

Cara Kerja:
EPA (eicosapentaenoic acid) terlibat dalam pembentukan senyawa eicosanoid yang baik (PG E3 dan turunannya). EPA dan DHA (docosahexaenoic acid) memiliki efek antiaritmia pada jantung, mencegah penggumalan darah, melebarkan arteri dan menghambat proses lipogenesis dan mempercepat oksidasi asam lemak sehingga menurunkan produksi kolesterol dan menurunkan trigliserida. EPA dan DHA memiliki efek antiradang dan mengatur respon imun dengan mengurangi nyeri dengan menghambat enzim (COX2, 5-LOX) dan sintesis mediator peradangan (PG E2, LTB4, TNFa, IL-1). DHA merupakan komponen penting pembentuk otak dan membran saraf. (dikutip dari katalog Sea-Quill yang saya dapat dari Guardian)

makanan kesehatan, suplemen makanan, suplemen Sea Quill, makanan sehat

Manfaat
  • Menjaga kesehatan jantung, mengencerkan darah, menurunkan kadar lemak darah dan tekanan darah tinggi
  • Mengurangi reaksi radang, gangguan autoimun dan nyeri

Dianjurkan bagi
  • Penderita kolesterol dan trigliserida tinggi, hipertensi atherosklerosis, infark miokard (MCI), dan paska serangan stroke penyumbatan
  • Penderita rematik, radang usus dan penyakit autoimun
  • Orang banyak mengkonsumsi lemak jenuh (jahat)
  • Orang yang ingin menjaga kesehatan jantung dan kesehatan pada umumnya

makanan kesehatan, suplemen makanan, suplemen Sea Quill, makanan sehat

Sebenarnya saya tidak ada masalah dengan kolesterol dan penyakit-penyakit yang disebutkan diatas, tetapi saya memang cukup sering mengkonsumsi makanan berlemak jenuh seperti daging, susu, keju, krim, coklat dan lain-lain; sehingga saya merasa perlu untuk melakukan upaya pengurangan makanan berlemak jenuh dan juga melengkapinya dengan mengkonsumsi suplemen Omega-3 Salmon sebagai langkah pencegahan terhadap kolesterol :)



Dosis:
  • Dewasa 1 softgel 1-3x sehari (pagi, siang, dan malam) setelah makan
  • Atau sesuai anjuran ahli
Saya sendiri hanya mengkonsumsi 1x sehari karena yang saya lakukan hanyalah mencegah dan bukan mengobati (amit-amit jangan sampai terkena kolesterol). Meskipun sudah mengkonsumsi suplemen makanan, semakin hari saya berusaha untuk menjaga pola makan yang seimbang dan bergizi juga dengan gaya hidup yang sehat :)

makanan kesehatan, suplemen makanan, suplemen Sea Quill, makanan sehat

Karena kita hanya hidup sekali, kenapa tidak kita berusaha untuk pelihara sebaik-baiknya?
Tubuh bugar dan hidup sehat sampai tua jauh lebih baik daripada hidup tua sakit-sakitan, bukan?
Selain memperhatikan gaya hidup yang sehat, jangan lupa untuk mempertimbangkan asupan makanan kesehatan untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh :)


Salam sehat dan bahagia sampai tua! :)





-------

Artikel ini ditulis untuk diikut sertakan dalam Blog Contest Sea-Quill




Dari berbagai sumber:
http://www.sea-quill.co.id
http://www.sea-quill.com/
http://www.hdindonesia.com/info-kesehatan/mengapa-tubuh-perlu-suplemen
http://health.kompas.com/read/2014/02/01/1534456/Kapan.Tubuh.Butuh.Konsumsi.Suplemen.
http://www.natur-eve.com/2014/05/cara-mengetahui-tubuh-anda-butuh-vitamin-suplemen.html
http://duniafitnes.com/supplement/orang-orang-inilah-yang-seharusnya-mengonsumsi-suplemen.html

9 comments :

  1. Untuk orang menyusui bagus gak ya. Hehehe... Sepertinya saya butuh supleman untuk menjaga kebugaran. Karna mengurus seorang bayi itu cukup melelahkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak pilihannya sis :) kalo utk bumil dan busui disarankan mengkonsumsi suplemen kalsium supaya tdk osteoporosis dini. CMIIW.

      Delete
  2. Hai mbak.. oh mbak juga jualan suplemen juga saya juga sama mbak jualan suplemen :)
    Salam kenal iya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, ngga.. saya nulis artikel ini untuk lomba kok ^_^
      saya blogger, ngga jualan suplemen hehe

      Delete
  3. Hai vee salam kenal :) sebenernya udah lama aku follow blog kamu dan jadi silent reader. tapi lagi pengen komen nih hehe

    Aku aku juga lagi berniat ikut lomba ini kkk, tulisan kamu bagus ampe dikira jualan. Itu artinya cukup persuasif :)
    BTW headernya baru ya?lucuuu

    mind to follow each other? thank youuu

    rinipipit.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nice post ce, detail banget ini.. Good luck yaa, semoga menang ^^
      Btw itu banyak banget macemnya *langsung check mbah google manfaatnya satu2 barangkali ada yg cocok* xD

      Delete
    2. @Pipit: Halo ^^ Wahh thanks for reading yaa.. ditunggu jg nih submission mu dear ;) *pengen baca*
      makasih juga kata2 penyemangatnya ^^
      Iyaa header khusus bln desember :3

      Delete
    3. @Lala: thank you laaa ♥
      Aminnn *pray hard*
      Iya kalo kpn2 mampir kyk guardian gt cb liat2 dan pilih2 aja la :3

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

I do appreciate every comment of yours :D
Thanks for visiting my blog! Enjoy~