Tuesday, October 20, 2015

Cara Cek Nomor Registrasi BPOM pada Produk Kosmetik

Hai semua! Sesuai janjiku di post sebelumnya yang mengupas tentang Bahaya Kosmetik Palsu & Krim Pemutih, aku akan menjelaskan lebih lanjut tentang BPOM. Karena Nomor Registrasi BPOM masih erat hubungannya dengan produk kecantikan, maka hari ini aku akan coba menulis bagaimana cara mengecek nomor registrasi yang tertera pada produk kosmetik / perawatan kulit yang kita miliki :D Cara ini sama bisa diaplikasikannya ke produk makanan dan obat, tapi karena topik blog ini adalah tentang KECANTIKAN, jadi pastinya aku menggunakan produk kosmetik sebagai contoh hehe.

Sebenarnya aku percaya sebagian besar dari kalian sudah mengenal yang namanya BPOM, singkatan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan; tapi ngga ada salahnya aku menjelaskan lagi kan :D


BPOM ini adalah Badan yang mengawasi dan memberi izin untuk peredaran obat dan makanan. Untuk produk kecantikan, dimasukkan ke dalam kategori obat dan diawasi oleh BPOM. Karena itulah semua produk kecantikan / kosmetik yang beredar secara resmi di Indonesia harus memiliki izin edar dalam bentuk NOMOR RESGISTRASI Produk, atau yang biasa kita sebut sebagai No. BPOM.


Sesuai Pasal 3 Peraturan Kepala Badan POM No. 14 Tahun 2014, Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Badan POM mempunyai fungsi :
  1. Penyusunan rencana dan program pengawasan obat dan makanan.
  2. Pelaksanaan pemeriksaan secara laboratorium, pengujian dan penilaian mutu produk terapetik, narkotika, psikotropika zat adiktif, obat tradisional, kosmetik, produk komplemen, pangan dan bahan berbahaya.
Kalau mau baca lebih lanjut tentang fungsi dan kewenangan BPOM, bisa dibaca di sini :)


Nah kalau mau cek no. registrasi BPOM bagaimana dong?

 Website BPOM: http://pom.go.id/
Kalau kita klik pada tulisan PRODUK TEREGISTRASI, maka akan langsung direct ke halaman pencarian. Tapi kalau mau, kalian bisa langsung buka dengan menggunakan link ini ---> http://ceknie.pom.go.id

(Kalau aku tebak sih ceknie itu maksudnya cek nomor induk edar :p mungkin)


Nampak kolom produk, sarana, link, cari produk, dan statistik produk yang mendapat persetujuan izin edar di Indonesia



Untuk mengecek dan memastikan No.BPOM, aku hanya menyarankan untuk mencari berdasarkan keyword Nomor registrasi, nama produk, dan merk. Kalau 4 opsi terakhir sih menurutku kurang berguna bagi orang awam ya.. hehe.. karena agak sulit dan kurang signifikan untuk pencariannya.



COBA CEK setiap sisi produk kosmetik (make up / skin care/ hair care / body care dll), apakah ada nomor BPOM nya? Kalau ada, coba mari kita cek keasliannya bersama-sama yuk! :) Biasanya no. BPOM terdiri dari 2 huruf dan 11 angka dan saling menempel.



1. Pencarian berdasarkan NOMOR REGISTRASI


Pilih option: NOMOR REGISTRASI dan masukkan kode BPOM yang kalian temukan. Cara ini biasanya yang paling jitu dan bisa diandalkan sih, karena nomor BPOM didapat dari sellernya langsung dan kita ngga perlu repot-repot tracing dari nama brand dan nama produknya. Hasilnya pun langsung keluar dan akurat. 
Contoh lain misal: NA22131001198 (No. BPOM Kracie Ichikami Hair Vitamin Water) atau NA26130101106 (No. BPOM Laneige Water Sleeping Pack_EX)


Ragu-ragu dengan produk tertentu? Bisa dicoba cek keaslian No. BPOM nya:


Berdasarkan keterangan yang diberikan oleh seller, Qweena Skincare sudah memilih no. BPOM yaitu:
Sabun: CD18091205277; krim pagi : CD1004702599; krim malam: CD1004702598


Dan ternyata data tidak ditemukan.. silahkan bisa dicek sendiri kalau masih belum percaya ^_^ Tidak ada maksud menjelek-jelekkan pihak tertentu lho. Tapi kalau no. BPOM nya aja dipalsukan, gimana dengan kredibilitas produknya ya?





2. Pencarian berdasarkan NAMA PRODUK



Untuk nama produk, jangan rancu dengan nama merk ya. Tidak perlu menyertakan nama merk atau brand nya dalam mencari dengan opsi ini. Untuk menuliskan namanya pun, tidak perlu menyebutkan dengan lengkap, hanya 1-3 kata dari nama produknya nya saja cukup :)




3. Pencarian berdasarkan MERK


Usahakan nama merk jangan sampai salah ya.. salah satu huruf aja, ngga akan ketemu lho. Misalkan kita mau cari no. BPOM dari Bioderma, tapi kita tulisanya Biodarma.. ngga mungkin ketemu deh.. 
Oh ya, hasil pencarian juga akan menunjukkan dengan lengkap kapan no. BPOM tersebut diterbitkan, bagaimana kemasannya, siapa pendaftarnya dan darimana lokasinya.




F.A.Q (Frequently Asked Questions)
Pertanyaan yang sering diajukan



1. Apa berarti produk krim pemutih yang saya pakai itu aman ya? Abis ada no. BPOM nya sih..
Ada no. BPOM tidak selalu menjamin kalau produk tersebut aman dan bukan produk berbahaya. Karena pendaftar bisa mendaftarkan produknya dengan bebas. Kemudian, mungin saja pihak BPOM tidak melakukan uji laboratorium dan tidak memeriksa bahan-bahan yang terkandung di dalamnya; jadi bisa lolos dapat ijin. Semua kembali kepada pilihan kalian masing-masing deh :)


2. Kalau produk impor seperti kosmetik Korea, Jepang, USA yang ngga ada Nomor BPOM nya gimana dong? Palsu juga?
Produk kosmetik yang diimpor oleh seller independen (bukan distributor resmi), memang tidak memiliki Nomor BPOM karena mereka menjual secara online dan bukan dijual di konter resmi. Dan karena belum ada konter resminya di Indonesia, makanya muncul importir independen yang hanya berjualan secara online tersebut. Jadi tidak selalu produk tanpa Nomor BPOM itu palsu, apalagi yang dijual secara online. Pastikan aja beli kosmetik tersebut di seller terpercaya yang udah tau kredibilitasnya :)
PS: Kalau masih ragu apakah, seller tertentu ini trusted atau tidak, boleh meninggalkan komen di bawah ini dan aku akan bantu mengeceknya ^_^


3. Kenapa produk dari merk *misalkan* Etude House / Face Shop ada yang sudah punya Nomor BPOM, dan ada yang belum ya?
Karena Etude House sudah punya konter resmi di Indonesia, maka official distributor dari Etude House perlu untuk mendapatkan izin edar sebelum mulai menjual di konter mereka. Rata-rata, produk tersebut yang belum punya no. BPOM adalah produk baru; dan karena mendaftarkan produk ke BPOM butuh waktu jadi produk baru sering telat masuk ke Indonesia. Jadi itulah kenapa ada produk yang belum punya no. BPOM dan ada yang sudah punya. Distributor resmi hanya berani menjual produk apabila no. BPOM nya sudah rilis.


4. Kalau produk homemade yang banyak dijual di internet itu gimana? Kan ngga ada no. BPOM nya?
Produk homemade memang rata-rata belum terdaftar di BPOM karena mereka home industry, dan mungkin alasan mereka belum mendaftarkan ke BPOM karena masalah budget.
Nah kalau ini kembali kepada pilihan masing-masing. Tergantung apakah kita percaya dengan kualitas dari produk yang dihasilkan oleh seller? Kalau percaya ya, silahkan dicoba aja. Kalau ragu ya sebaiknya jangan coba :)






Kalau ada yang mau menambahi, atau ada pertanyaan silahkan tulis komen di bawah ini ya..
Aku akan mengusahakan untuk menjawab sesegera mungkin..
Semoga tutorial untuk mengecek no. Registrasi BPOM ini berguna :)
Thanks for reading!

81 comments :

  1. ka klo dari bell's etude trusted engga?

    ReplyDelete
  2. sis kalau krim pagi dan malam temulawak kalo ga salah kode nya MAL03040088K aman ga sis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. termasuk krim mentega itu. jadi tidak aman.
      saran saya sih tidak usah pake..

      Delete
  3. Kalo krim kalimantan gmn sis?termasuk home industry made ga?soalnya dijual paketan

    ReplyDelete
  4. Kak kalo olshop di ig namanya queenyaquza_id sama yumnaahouse trusted gak yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh maaf belum pernah beli di OS itu :s
      dicoba saja kak, sepertinya sih trusted

      Delete
  5. Kalau cream magic glossy gimana sis ? Kalau nggak salah no.pom NA18150100102

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk BPOM nya, cek sendiri bisa kan? Di post ini kan udah dijelaskan
      Produk itu menurut saya abal.

      Delete
  6. Hai, kalo beli kosmetik online langsung dr korea tp blm trdaftar di BPOM gmn ya? kosmetiknya dipake sendiri, ga dijual. apa nanti tertahan di bea cukai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ga banyak, seharusnya sih ga tertahan.. kalo brand nya uda ada konter di indo, biasa kena pajak. kalo belum ada di indo, biasa cuma kena fee bungkus ulang sihh.. trakhir biayanya 20rb T_T

      Delete
  7. iya, udah pernah baca di fb nya pos Indonesia biayanya mjd 20rb ㅠㅠ.
    aku lg online dr korea langsung, coba2 sih. soalnya murah, 200ribuan dan dpt voucher 50rb aku pke ongkir, lwt qoo10.sblm nya udah banding2in hrga, hehehe. barangku 3jenis,dr 3jneis itu aku cek di web nya BPOM yg trdaftar cm 1. tp olshop2 di indo jg jualan 3jenis barang yg aku beli itu. *maaf jd panjang. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm berdasarkan pengalamanku sih kalo valuenya ditulis lebih dr 500rb rupiah biasanya ada pajaknya tp kalo kurang dari itu biasa cuma kena biaya cukai aja. smoga cpt sampe ya ^^

      Delete
  8. iya lg nunggu barangnya nih 😊, kalo diatas $50 memang kena pajak. Tp jaman skrg $50 dolar tuh nilainya kecil, bs dpt 1 sampe 2 baju branded atau 1pasang sepatu branded ㅠㅠ di mall

    ReplyDelete
  9. Pricyllia beauty skincare,aman gak?

    ReplyDelete
  10. KaLo dermature aman gak yaa say ??
    Ak udh cek d.BPOM ternyata terdaftar ..
    Tp pas ak baca tulisan kamu ad kata* yg udh terdaftar blm tentu aman ...
    Menurut kamu dermature aman gakk say ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku produk tsb masih area abu2 sih. Belum jelas.
      Tapi kalo yakin aman ya silahkan dicoba dengan konsekuensi sendiri ya...

      Delete
  11. Kak klo cantikskincare aman ga kak?
    soalnya di os yg jualan creamnya cuma ada no uji lab nya
    pas aku cari di bpom, data tidak ditemukan

    menurut kakak gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok masih ragu? jelas2 penampakannya krim mentega kayak gitu..
      apalagi ga ada no BPOM nya, ya berarti jelas tidak aman

      Delete
    2. kak cantik skincare aku udah coba cek ada sih no. bpom-nya untuk semua produknya, so gimana ?

      Delete
    3. kemarin aku coba cek ke website bpom dan semua produknya MS Glow/Beauty skincare terdaftar kak, tapi masih ragu nih, so gimana dong ?

      Delete
    4. Ka kalo innisfree green tea special kit dari OS soohyang_kbeauty aman gak ya?

      Delete
  12. Kak klo beauty rossa sudah terdaftar di bpom blm?

    ReplyDelete
  13. Kak kalo red jelly cantikskincare aman ga ya

    ReplyDelete
  14. Kk kalau cream ANUVASKINCARE aman kah?
    Terdaftar di BPOM

    ReplyDelete
  15. Beli di lejel asli gk sih make up korea?
    trus beli laniege dmn ya yang hrgnya murah dan trusted.

    thx

    ReplyDelete
  16. Kalo di yessyshop trusted gk?
    or dmn beli laniege yang trusted tp harga nya beda dr counter ya.
    thx

    ReplyDelete
  17. Emergency, really need ur help. Sy dari Malaysia, sy guna collagen soap & ternyata terdaftar disitu. Saya nggak ngerti samaada produk itu bahaya atau tidak

    ReplyDelete
  18. Kaa kalo produk roro mendut itu aman gak yah ???

    ReplyDelete
  19. Kalo msglow cantik skincare aman g say?Kan Uda da BPOM nya
    Mohon pencerahannya
    Soalnya mau pake Masi cari informasi dlu

    ReplyDelete
  20. Kak klo produk secret key yg rose edition aman kah? Klo produk2 korea gimana ya kak caranya ngecek klo produk tsb emg dikeluarin di brand tsb takutnya karna ini skincare korea yg gk terdaftar di bpom karna pembeliannya online ternyata barangnya gk asli pula jd galau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok secret key STE rose edition. Cara ceknya ya coba cari di website asli koreanya, biasa ada yang bahasa inggris juga. Kalau di web nya ada, berarti produk masih diproduksi.
      Belinya di online shop yang trusted ya, jgn beli di olshop yang jualannya ada kw dan krim abal2.

      Delete
  21. Kak aku baru beli benton lewat beautylink sociolla nih nama olshop nya beautyatflipflop terpercaya kah? Thank you 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maaf sy blm prnh belanja di olshop yg km sebutkan, jd krg tau..
      diliat aja produk Benton nya apakah asli / fake? dilihat dari ciri2nya, compare dengan review2 di google..

      Delete
  22. Kalo cream ling ling aman ngak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cream ling ling atau ling zhi? sy google keluarnya ling zhi.. itu sih masih masuk krim mentega.. abal2..

      Delete
  23. kak kalau di etudelizious gmn?

    ReplyDelete
  24. Ka klo phyllia cream aman gak ?

    ReplyDelete
  25. Kalo lanaige water sleeping mask itu aman gak sis ? Soalnya produk korea.
    Dan Klo krim HN aman gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laneige water sleeping mask itu produk korea. Aman kok. Beli di counter resmi aja, harganya gak beda jauh dari beli online..
      HN cream jelas abal..

      Delete
  26. Cii aku baru aja beli laneige water sleeping mask yg 15gr tapi di lazada, dan aku liat disitu ulasannya bagus2 but penjualnya namanya hachidothachi. Aku cek nomor bpom nya ga ada,dan kemasannya juga ngga kaya yg di website laneige gt lebih besar. Ini yg 15gr emang ada versi mininya atau emg palsu sist? Thanks

    ReplyDelete
  27. mau ikutan tanya dong kak..
    klo menurut kakak produk innisfree gimana?
    aman ga ya? udh ada counternya sih di indo

    ReplyDelete
  28. kalo theraskin gmn ya?saolnya baru aja order

    ReplyDelete
    Replies
    1. theraskin nya order dimana? hati2 banyak palsunya. theraskin yg asli setauku bisa didapatkan dari websitenya l-essential. Coba cek di sini http://l-essential.com/product

      Delete
  29. kak kalo ms glow aman g..mksihh

    ReplyDelete
  30. kak kalo krim temulawak asli enggak ? mau pakek tapi takut

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ga rekomen krim temulawak ya.. abal itu..
      kalo mau coba krim yang ada temulawaknya bs coba Gizi Cream Temulawak

      Delete
  31. Kalo malissa kiss white me up aman gk? Soalnya pmakaian prtama kulitnya lsung glowing gt

    ReplyDelete
  32. Kak , kaLo Elshes Skin Care aman gak ?

    ReplyDelete
  33. Ci gimana sama produk cream cordyceps? Katanya udah ada no bpom nya bahaya gak ya?

    ReplyDelete
  34. Ci kalo cream cordyceps aman ga ya? Katanya udah bpom, apa yang udah ada nomor bpom nya jelas amankah ci?

    ReplyDelete
  35. Cream leaupar itu berbpom atau ngga sih? Aman ga?

    ReplyDelete
  36. Omg , nice to meet you here .
    So kmren aku beli produk laniage dari salah satu online shop di shoppe. Produk udah aku terima, cuma ada yang aneh dari warna kemasan yang aku bandingkan dengan yang aku beli di counter resmi. Chat sama online shop nya apakah mereka punya instagram dan mereka bilang tidak ada , makin aja ragu. Dan juga tiba tiba gak online lagi selama 2 jam sampai skrg , nama online shionya quinn.korean coba bantu untuk cari tau yaah . Makasih banyak xoxo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku beli/order produk paket skin care dan bb cushion laneige di lejel tv. Tp gak tertera no.bpom. itu asli atau palsu?

      Delete
  37. Aku beli laneige di lejel tp gak ada tertera bpom nya. Itu gmna?

    ReplyDelete
  38. Kak kalo laneigeofficial trusted gak?

    ReplyDelete
  39. Kak kalau produk korea yang Nenhong pemerah bibir alami,menurut kakak aman gak?

    ReplyDelete
  40. Kak, kalo cream beauty glow sudah ada BPOM nya belum ya? Dan aman atau tidak

    ReplyDelete
  41. Halo kak, klo Innisfree My Real Squeeze Mask itu ngga ada no bpomnya di kemasan tetapi terdaftar di situs resmi bpom. Apakah aman?

    ReplyDelete
  42. Sis , mau beli benton essence. Cuma di online ada yg bpom ada yg impor, dan hrg yg impor lebih murah. Binggung yg mana yg sebenar"nya ori sis. Helppp wkwkw

    ReplyDelete

I do appreciate every comment of yours :D
Thanks for visiting my blog! Enjoy~