Monday, June 1, 2015

BEAUTY TIPS #1: Bagaimana Mengatasi & Merawat Kulit yang Iritasi dan Meradang

CLICK THIS LINK to read this article in English

DISCLAIMER: Aku bukan seorang yang profesional dalam hal estetika kulit, aku menulis post ini berdasarkan pengalaman dan sepengetahuanku. Hasil nya mungkin akan berbeda satu dengan lainnya. Jika kalian berminat untuk mencoba metode yang kulakukan, silahkan :) tapi aku tidak bertanggung jawab dengan hasilnya.


PROLOG


Sebagai seorang blogger kecantikan dan seorang penggemar kecantikan, satu dari sekian banyak kekhawatiranku adalah, efek negatif dari produk perawatan kulit (seperti jerawat, bruntusan, iritasi). Aku cukup berganti-ganti produk perawatan kulit dan selama ini aku lega karena tidak ada efek negatif mengerikan yang terjadi pada kulitku. Beberapa pembaca bahkan bilang seperti "enak yaa ci Shelvi kulitnya gak rewel" :D Hingga suatu hari, aku panik karena kondisi kulitku...

Malem hari, pas aku sedang bersihin muka dengan pembersih muka yang biasa aku pake, aku kaget banget karena mendadak permukaan kulitku terasa kasar, agak kemerahan dan gatal O_O Aku beneran ngga ngerti kenapa kulitku mendadak bereaksi kayak gitu. Aku coba inget-inget produk apa yang membuat kulitku seperti ini.. apa aku ada melakukan hal yang salah?

Aku terus berusaha menebak-nebak gejala apa sih ini.. kukira kulitku cuma butuh dikasih face mask (yang ada fungsi untuk melembutkan) aja, setelah aku pakein face mask, ternyata ngga ngefek :s
Parahnya lagi sih karena pas itu jadwal lagi padat-padatnya, aku bener-bener gak ada waktu untuk ke dokter kulit dan terpaksa harus research sendiri selama beberapa hari.

Kulitku terasa makin gatal, merah-merah dan tambah sensitif :( kerasa perih pas aku paksain pake face serum dan night cream ku yang biasanya. Tak berapa lama kemudian akhirnya aku baru tau kalo kulitku ternyata lagi iritasi dan meradang.


Karena iritasi dan radang kulit itulah, kulitku jadi nolak produk apapun (yang mengandung bahan kimia) yang kutemplokin ke muka dan kemudian jadi agak prih. Kulitku yang lagi sensitif ini hanya mau terima bahan-bahan alami saja >_< Sampe sekarang aku ngga yakin bahan apa yang menyebabkan kulitku jadi kayak gini, tapi setelah insiden ini aku jadi ngehindarin banget skin care products dengan bahan-bahan yang ngga baik untuk kulit sensitif :(

Keliatan ngga kalo kulitku terlihat kasar? Kalo pas kejadian itu rasanya pengen nangis aja karena bingung :(( Soalnya kebetulan minggu depannya aku ada acara penting, jadi panik dong kalo kondisi kulit kayak gini.. ditemplokin foundation pasti ngga bisa juga..

Tiap kali aku megang kulitku, rasanya dikit banget area yang masih terasa lembut T_T iritasinya sampe ke leher, soalnya aku pake produknya sampe ke leher.


Bagian paling kasar: bagian tengah muka (termasuk hidung dan area mata) dan juga dagu. Mungkin kalo di foto sih ngga terlalu keliatan yaa kasarnya, tapi kalo dipegang kerasa banget permukaannya gak rata >_<

Aku jadi takut untuk pake foundie, BB cream atau bahkan CC cream, soalnya kulitku yang kasar malah akan makin terekspos dan makin terlihat gak rata :( Selama kulitku iritasi, aku hanya berani pake sunscreen dan makeup yang sangat minim, biar ngga keliatan kucel selama di kantor. Untunglah setelah itu aku nemuin beberapa tips berguna di internet dan kemudian kuaplikasikan ke kulitku sendiri.

Aku juga share tentang kondisiku ke temen sesama blogger, Dewie.. dukungan dan sarannya membuatku sedikit lebih tenang ^.^ Thank you wie! Aku bilang sama Dewie, kalo misal metode perawatan kulitku ini berhasil, akan kushare di blog. Puji Tuhan ternyata ngefek dan kondisi kulitku berangsur-angsur membaik.
Jadi, ini dia tips-tips dariku untuk menyembuhkan kulit yang iritasi dan radang :D



BAGAIMANA CARA MENGATASI & MERAWAT KULIT IRITASI DAN RADANG



1. PAKAI OATMEAL SEBAGAI PENGGANTI SABUN CUCI MUKA
Aku yakin sebagian dari kalian udah tau trik yang legendaris ini :D



Kenapa harus Oatmeal?
Oatmeal terbukti dapat menenangkan kulit yang meradang dan mengurangi gatal pada kulit. Oatmeal mengandung senyawa yang bernama avenanthramides yang berguna untuk mengurangi inflamasi kulit. Oatmeal juga bisa digunakan untuk merawat kulit yang terkena cacar air, gatal karena gigitan serangga dan eksim.

Bagaimana cara menggunakan oatmeal sebagai pembersih muka
1. Ambil 1-2 sdt oatmeal plain dan belum dimasak
2. Kepalkan tangan dan aliri dengan air hangat di keran wastafel
3. Aplikasikan ke wajah sebagai pengganti pembersih muka

Lakukan langkah ini sehari dua kali sampai kulit yang gatal dan radang membaik.




2. GUNAKAN MADU & KAYU MANIS SEBAGAI MASKER WAJAH


Kenapa harus madu dan bubuk kayu manis?
Madu berfungsi sebagai pelembab alami dan anti-inflamasi, sedangkan kayu manis berguna untuk mengobati kulit yang iritasi. Opsi lain: kalau tidak punya bubuk kayu manis, bisa diganti dengan mentimum yang sudah diserut, untuk efek menenangkan, mengurangi perih dan mempercepat kesembuhan.

Cara membuat masker madu & kayu manis:
1. Campurkan 3 sdm madu murni & 2 sdm bubuk kayu manis dalam satu wadah
2. Aduk sampai rata hingga menyerupai pasta
3. Aplikasikan ke kulit wajah secara merata, biarkan mengering dan bilas bersih
4. Sisa masker wajahnya bisa disimpan ke dalam kulkas dan bisa disimpan seminggu


UPDATE (02/06/2015): Kalau kalian punya kulit sensitif dan pori-pori besar, please ganti kayu manis dengan mentimun atau hanya pakai madu saja. Karena beberapa teman & pembaca bilang kalau kayu manis malah membuat kulit mereka jadi perih >_< Kalau untuk kulit normal dan kombinasi sih kurasa tidak ada masalah ya, karena tipe kulitku sendiri adalah normal kombinasi.


3. GUNAKAN ES BATU UNTUK MENDINGINKAN KULIT IRITASI


Kenapa harus es batu & bagaimana cara menggunakannya?
Bekukan air bersih menjadi es batu, yang dapat digunakan sebagai pendingin kulit. Suhu dingin dari es batu dapat mengurangi gatal, bengkak dan radang. Es batu juga berfungsi untuk mengecilkan pori-pori kulit. Untuk diperhatikan, jangan langsung menempelkan es batu yang masih beku (banget) ke kulit. Biarkan es batu tersebut agak mencair, sehingga ngga terlalu keras terhadap kulit. Atau bisa juga dengan cara membungkus es batu dengan handuk kecil untuk dipakai.

Lakukan langkah ini 1-2 kali setiap hari.


4. GUNAKAN ORIFLAME TENDER CARE (OPTIONAL)


Kenapa harus Tender Care?
Karena kulit masih butuh kelembaban tambahan, untuk sementara singkirkan dulu produk perawatan kulit rutin kita (boleh dipake lagi kalau nanti kondisi kulit udah normal) dan aplikasikan Oriflame Tender Care (review) di saat darurat. Karena salah satu fungsinya adalah untuk menyembuhkan dan melembabkan kulit yang iritasi :)

Cara pemakaian
Aplikasikan Tender Care langsung ke area kulit yang teriritasi dengan merata. 
Aplikasikan tiap malam sebelum tidur, dan bilas di esok paginya. 
Tidak untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama.


UPDATE 02/06/2015: Beberapa teman dan pembaca kasih feedback kalau petroleum / beeswax kurang baik untuk digunakan di wajah karena bisa menutup pori-pori dan menyebabkan bruntusan. Thanks for the feedback! :D Maaf kalau ada yang salah ._.
Jujur ini informasi baru buatku, karena selain dipakai sebagai lip balm dan eye balm pada garis mata, Tender Care boleh dipakai di kulit wajah waktu iritasi; sedangkan untuk yang merk lain (seperti Nivea/Vaseline Petroleum Jelly or Egyptian Magic Cream) aku baru tau kalau tidak boleh. Jadi saranku sih kalau kulit lagi iritasi, boleh dicoba pake Tender Care :)



HASIL


Aku seneng banget kondisi kulitku berangsur-angsur membaik di hari ke-3 setelah aku mulai menggunakan perawatan kulit ini ^__^ Iritasi kulitku bahkan bener-bener hilang setelah hari ke-5, bersyukur banget :')

I captured the photos in the morning after woke up
Aku lega banget kulitku bisa balik normal :') Setelah seminggu, aku bisa balik pake produk perawatan kulitku semula.. Tapi beneran aku masih belum paham ingredient mana yang bikin kulitku iritasi kayak gitu.. ._.


Selfie terbaruku beberapa waktu lalu.. permukaan kulitku sudah membaik dan nampak bagus meski pake makeup tebal ^_^ Aku pake makeup tebal dalam rangka jadi bridesmaid di acara merit temenku :D


Semoga tips-tipsku diatas berguna ya :)
Sorry kalau ada foto-foto yang kualitasnya jelek, mohon maafkan lampu kosku yang redup >_<
Kalo ada pertanyaan silahkan komen di bawah ya..


Thanks for reading guys!
See ya on my next post, xx

27 comments :

  1. Shelll, kok bisa samaan sihhh. Belakangan ini juga aku kulitnya kering, gatel dan kasar jugaa. Tadinya aku pikir karena salah pake produk juga, padahal produk yang aku pake selama ini sama semua haha. Sepertinya memang perubahan cuaca kali ya? Kulit kita yang sensitif kena jadinya T_T

    Tipsnya perlu dicobain nih, udah lama gak cuci muka pake oat ^0^
    Thank Shel tips dan sarannya ^3^

    Gratefulbeauty Blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya? kok bisa mendadak iritasi ya ci? >_< tp setelah itu kulitku baik2 aja sih
      you're welcome :*

      Delete
    2. Gak tahu juga Shel, aku juga bingung kenapa tiba-tiba bisa iritasi. Dulu memang pernah iritasi juga, trus aku peelingin dan kasih mask sheet trus sleeping pack. Lama-lama hilang juga, dan sekarang udah hampir 1 minggu aku rajin peeling (walaupun kadang perih karena keringnya itu tapi kulit yang kering jadi mengelupas).

      Trus dikasih mask sheet lama-lama jadi tenang sih, cuma masih belum kembali seperti semual. Mana besok mau prewed lagi, kayak kamu nih ada acara penting T_T malah mukanya begini. Bikin panik aja TT__TT
      Untung pas lihat post kamu jadi agak tenangan, jadi bisa tahu ternyata iritasi haha. Tadinya sampe aku hampir stress ini kulit kenapa haha

      Delete
  2. OMG foto terakhirnya cantik banget *0*
    Aku juga kering kulitnya nih :( akhir2 ini baru coba pakai petroleum nya vaseline, sama gak ya khasiatnya sama petroleum balm lainnya. Aku pernah cona egyptian cream gak cocok malah bruntusan :(

    petroleum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Efek makeup tebal mungkin? lol XDD
      kalo kulitmu lg gak iritasi, jangan pake petroleum jelly sbg pengganti moisturizer, Yu.. ini hanya pas darurat aja ^^
      coba laneige water sleeping pack :D

      Delete
  3. thx for review,selfie yg terakhir cantik sekali ce dan bgs make upnya#salahfokus
    kl oat sama madunya pakai yg merk apa ya kalo blh tau?pengen coba juga soalnya
    thx b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. aww thanks ^^
      oatmeal nya aku pake Rolled Oat nya Oat & Oat (aku beli di hokky), untuk madunya aku pake madu murni nusantara :D

      Delete
  4. Iritasi lagi jaman yah, aku juga baru lepas dari iritasi. Ngeri banget, biasa pake obat dokter sama krim malem nya nggak pa pa, kemaren ini tiba2 jadi kering di area tulang pipi dan jaw line. Sampe panik berat :)))) kayaknya mungkin ada reaksi skincare a sama skincare b, in my case (mgkn) toner Etude dan obat dokter. Sama banget kulit jd cuma mau terima bahan alami, yg udah dikemas udah deh pasti bakal perih dan kering banget sampe flaking *cries* thanks ya buat masker madu dan cinnamon nya, jadi lembut juga kulitku xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. O_O oya? ga ada apa2 tiba2 iritasi gitu? tp sekarang udah baikan kah?
      you're welcome ^^

      Delete
  5. kmren juga sempet keriiiingggg banget kulitku vee sampe kelupas2 gatal2 gitu, kayanya sih gara2 stres gtu pikiran hehehe...tp thanks God dah enakan sekarang. thanks for the tips vee!

    ReplyDelete
  6. ce shel, sekedar info yaa..
    petroleum jelly/beeswax untuk iritasi memang ga masalah kalo di bagian kulit lain di tubuh, tapi kalau di muka, bisa clogging pore. karena petroleum jelly terutama, dia itu sifatnya melapisi kaya lilin gitu, bukan meresap. ati2 breakout karena petroleum jelly yang menumpuk di kulit lho.

    kedua, yang tentang kayu manis/cinammon, dia di sebagian terutama kulit sensitif itu bisa buat makin meradang, sifatnya panas gitu sih. burning di kulit sensitif. jadi seharusnya cinnamon ga dipake pas kulit lagi meradang terutama >.< kalo honey sih iya, fungsinya emang buat soothing. tapi kalo cinnamon...itu banyak yg ga cocok deh terutama buat kulit sensi. soalnya sudah aku coba sendiri.

    hth :)
    carolinelle.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai oliiinnn thank you buat feedbacknya, udah ku update postnya ^^
      jadi belajar hal2 baru nih :D Thanks

      Delete
  7. hai ci , tq buat infonya ^^ .. Btw , pembersih wajah yg cici maksud merk G****** bukan ? soalnya wajahku sedang mengalami masalah kulit yg sama ,gara2 sebulan pakai pembersih itu :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo sorry baru baca komennya.. aku sendiri lupa dulu gara2nya pake apa :'D haha
      sama2, senang bs membantu :D

      Delete
  8. aduh kasian bgt kulitmu, say..
    untung ada penyelamat ya si oameal. aku jg pake oatmeal sbg pembersih muka. muka jadi lembut dan kenyal. dan jeraawat cepat ilang. oh ya FYI, pakai kangen water deh (yg beauty water), mayan loh, buat bikin kulit lebi lembab dan lembut. pakai setelah cuci muka pas muka masih 1/2 kering. kulit jg jadi lebih kencang, enak deh pokoknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa syukurlah udah sembuh hehe..
      ohh thx infonya yaa :D

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Makasih banget infonya sis, kulit aku suka gitu... nyebelin banget >_<
    mau aku coba tipsnya....

    ReplyDelete
  11. Kalo pas iritasi gitu trus pelembab/ moisturizer siang yg dipake apa ci? Kbtulan kulitku juga iritasi tapi kulitku oily banget+pori2 gede>_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry telat banget balesnyaaa yaa.. :( maaf ga bs jawab krn jenis kulitnya berbeda

      Delete
  12. bikin tips ngatasin kulit bruntusan dong kak

    ReplyDelete
  13. Petroleum jelly memang ngga cocok dipake dimukaku. Aku pikir bagus buat cream malam, tapi setelah 2 malam pake balah jadi bruntusan parah. Tapi untuk bibir bagus efeknya

    ReplyDelete
  14. Ya ampun, hari ini aku juga kaget banget kenapa kulit muka aku jadi kasar. Ga biasa banget pegang muka biasanya mulus. Aku jadi ga berani pake skin care apapun.

    ReplyDelete
  15. Ya ampun, kulit muka aku juga gitu. Tadi pagi kaget banget pegang rasanya kasar. Ga berani deh coba" pake skin care gadungan.

    ReplyDelete

I do appreciate every comment of yours :D
Thanks for visiting my blog! Enjoy~