Friday, October 21, 2016

Sephora Visual Artist Challenge: Swatch Before Buy!

Halo semuaa.. Sejak beberapa hari lalu aku punya "mainan" baru nih :D Aku termasuk orang yang sering bingung kalau mau milih warna makeup dekoratif yang cocok untuk kulitku dan ngga bikin aku keliatan aneh. Salah satu hal yang sering bikin aku galau adalah waktu pemilihan warna lipstik.. Sesekali aku juga kepengen dong coba warna yang bold, dark atau bahkan warna yang ngga umum dan tergolong "nyeleneh" :p tapi selama ini ngga berani buat belii warna lipstik yang keluar dari "comfort zone" aku.. Ngerasa sayang duitnya kalau udah beli lipstik ternyata warnanya ngga cocok atau ternyata cuma dipake 1x buat foto-foto -_-" kan ngenes ya haha.. Makanya kalau beli lipstik, aku lebih suka main aman dan beli warna lipstik sejuta umat: warna pink, coral, mauve, atau nude.

Nah untuk mengatasi kegalauan kita bersama (dalam memilih lipstik), ada fitur baru dari websitenya Sephora Indonesia nih :) Namanya Sephora Visual Artist. Apa sih itu? Singkatnya sih fitur website ini adalah fitur yang digunakan untuk mencoba berbagai warna lipstik secara virtual, sesuai keinginan kita.






Kalau mau colek-colek warna lipstik kan repot yang kalau harus ke Sephora dulu, padahal belum tau mau beli warna apa :D Jadi dengan fitur ini Sephora memudahkan para beauty enthusiast untuk mencoba dan membandingkan warna lipstik dari berbagai brand secara virtual, gratis dan dengan sangat gampang.



Kalau mau ikutan coba swatch-ing dimana sih? 


LIP TRY ON: START NOW
Klik tombol start now untuk mulai "main-main" dengan warna lipstik yang tersedia :D


Begitu ke-lik, akan langsung masuk ke halaman ini dengan pop-up window bertuliskan: Camera Detected, you're good to go! Click on "Allow" on the next page for live try on.
Artinya, kalau kita klik "got it", otomatis webcam kita akan terbuka dan siap memotret siapa saja objek yang ada di depannya. Kalau klik X maka webcam akan menutup kembali dan kita bisa pilih upload foto yang sudah tersedia di gallery :)


1. Click "Got it" to use webcam
Berhubung di laptopku sudah ada built-in webcamnya, jadi website Sephora secara otomatis langsung mendeteksi kamera. Silahkan klik "got it" kalau kalian pengen langsung foto pake webcam.

2. Click close button then upload your photo
Tapi karena aku lagi ngga dandan waktu coba-coba fitur ini, maka aku males selfie :P jadi aku langsung klik tanda X dan akan langsung muncul window pop-up pilihan untuk upload foto :)



Setelah foto diupload, program akan bisa langsung mendeteksi bagian bibir kita dan ada titik-titik yang bisa digeser-geser untuk menyesuaikan bentuk bibir kita :D Bisa dirubah juga modenya bibir mengatup atau bibir membuka. Kalau pas mode bibir membuka, maka titiknya bakal tambah banyak. Titik-titik ini fungsinya adalah untuk MENANDAI lekukan bibir kita, jadi perubahan warna bibir bisa nampak detail dan smooth karena sudah dipetakan terlebih dahulu.


3. Click here if your mouth on the photo were opened / TRY OPEN MOUTH
Kalau perbedaannya ngga terlalu signifikan, kadang program bisa salah mengira bibir terkatup kita sebagai bibir terbuka; atau sebaliknya, jadi bisa klik tombol ini untuk mengganti setting "open" atau close" mouth kita.

4. Choose NEW PHOTO
Klik ini kalau pengen ganti sama foto yang lain :)

5. RESET OUTLINE / Reset "dots mapping"
Setelah titiknya digeser-geser tapi masih ngga yakin sama settingnya? Bisa di-reset agar posisi titik-titiknya kembali seperti semula dan pemetaan bibir bisa diulang kembali.

6. LOOKS GOOD / Click here if you're done 
Setelah setelah menata titik-titk pada bibir, bisa langsung menuju ke step berikutnya :D



7. OPEN MOUTH OUTLINE
Kalau kita melakukan poin nomor 3 tadi, maka titik-titik di bibir yang tadinya cuma 5 titik, langsung berubah jadi 10 titik dan kita bisa pake untuk menandai lekukan bibir pada saat bibir kita terbuka :D Di foto ini sih aku masih pakai foto yang sebelumnya, tapi kalau kalian bingung posisi mulut terbuka itu seperti apa, ada foto contohnya yaa...




8. Choose four lip colors that you like to try & compare
Sebenarnya mau milih warna lipstik bebas kok berapa kali pun, tapi kalau mau compare dengan warna lipstik yang lain juga bisa kok :D Kalau aku hitung-hitung koleksi warna lipstik di fitur ini ada lebih dari 100; dan setelah kita pilih warna lipstick yang kita suka, bisa langsung klik "COMPARE" yang ada di bawah foto untuk membandingkan dengan warna lipstik lain



9. FILTER, SURPRISE ME & CLEAR
Opsi Filter di sini adalah untuk mencari warna lipstik yang lebih spesifik, misalnya dari brand-brand tertentu yang disukai. Surprise Me adalah opsi iseng-iseng bagi kita yang lagi pengen coba warna lipstik yang random dipilihkan oleh sistem... Siapa tau kan yang terpilih itu nantinya malah warna yang kita sukai? ^_^ Clear ini fungsinya sama kayak reset sih, jadi warna lipstik yang udah kita pilih tadi akan langsung hilang.

Pilihan pada opsi FILTER tadi. Untuk sekarang sih cuma tersedia 2 pilihan kategori lip shades (pewarna bibir) yang dibagi dalam kategori Lipstick dan Lip gloss. Sayangnya Lip gloss ini isinya baru yang clear lip gloss aja, jadi kategori lip gloss di Fitur Sephora Visual Artist ini bisa diabaikan terlebih dahulu dan kita fokus ke lipstik-lipstiknya yaa :D



10. COLORS OF LIPSTICKS
Swatch lipstik yang kalian lagi cari ada di lebih dari 100 pilihan warna yang ada di kolom ini, dari berbagai brand dan juga rentang warna yang variatif dan menarik :) Setelah ada warna yang dipilih, maka secara otomatis akan langsung muncul keterangan brand dan tipe lipstik yang sedang kita gunakan secara virtual tersebut.

11. SHARE, COMPARE, RETAKE & REFINE
Share ini selain untuk save hasil foto kita, fungsinya juga adalah untuk membagi/share foto kita ke media sosial; yaitu Facebook, Twitter, Pinterest dengan hashtag #InstaMakeover #VirtualArtist.
Compare digunakan untuk membandingkan warna A dan B; warna C dan D. Fotonya maksimal 4 dan akan langsung digabung di satu frame seperti contoh fotoku di bagian paling bawah foto ini :)
Retake fungsinya untuk mengambil foto lain dengan menggunakan webcam.
Dan yang terakhir, Refine untuk memperbaiki pemetaan bibir yang mungkin tadi masih kurang sempurna.


TIPS: Kalau pas internet kalian lagi lelet dan preview dari warna lipstik barunya ngga mau keluar, kalian bisa klik tombol compare agar "memaksa" foto dengan warna bibir baru keganti di halaman selanjutnya. Soalnya kemarin aku sempat kebingungan kenapa aku milih-milih warna lipstik kok di bibirku masih samaaa dan ngga keganti, rupanya itu karena internetku yang lagi lelet -_-" err..




Berhubung ada fiturnya Sephora Visual Artist ini, aku akhirnya juga bisa cobain warna lipstik ekstrim yang selama ini aku takuti dan aku ngga berani pake :P Persis kayak warna di bawah ini, aku ngga akan pernah berani mau pake lipstik warna ungu, biru tua, coklat tua dan coklat tanah di dunia nyata.. Untunglah paling ngga sekarang aku tau gimana wajahku kalau pas pake lipstik warna ekstrim gitu, kayak penyihir misterius ya :')) hahaha




Setelah milih-milih 4 warna akhirnya aku kumpulkan semua swatch dan aku combine / collage di dalam 1 frame ini :D Kalau kalian mau coba fitur ini dan suka dengan hasilnya, bisa langsung diupdate juga lho di sosial media :)


12. NEW PHOTO & SURPRISE ME
Setelah puas dengan hasil perbandingan lipstiknya, kalian bisa upload foto baru atau coba fitur Surprise Me sekali lagi untuk dapetin warna lipstik yang acak :D




Hasil pemakaian lipstik virtual via Sephora Visual Artist


Jadi sekarang aku happy karena mau beli lipstik dari Sephora ngga perlu galau lagi cari swatchnya di internet ^_^ Menurutku konsep dari Sephora Visual Artist ini sangat bagus dan menarik. Fitur seperti ini perlu banget untuk diterapkan oleh brand-brand atau cosmetic store biar para pecinta makeup ngga kebingungan mau pilih warna yang mana sebelum beli.. Semoga di masa mendatang di website Sephora ada tambahan fitur untuk eye makeup dan false lashes secara virtual juga. biar kami para pencinta makeup ngga galau-galau lagi mau beli produk yang mana :D amin!



Thanks for reading guys!
Don't forget to try the feature and let me know what you think :D

8 comments :

  1. Aaaakkk lucu, meskipun aplikasi tapi hasilnya natural gitu di fotonya jadi keliatan asli :D

    ReplyDelete
  2. Wah ini konsep nya bagus banget, jadi ga bingung milih2 lipstik via online

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju :) coba brand lain juga punya inovasi kayak gini yaa

      Delete
  3. Hasilnya natural banget ya, gak seperti editan.. Aplikasinya membantu banget..😍

    ReplyDelete
  4. Bagus ya. Makin canggih aja ya jaman sekarang hahaha. Beneran gak kelihatan kayak editan 💕

    ReplyDelete

I do appreciate every comment of yours :D
Thanks for visiting my blog! Enjoy~