Monday, October 31, 2016

My BCA Experience: Pengalaman Menjadi Nasabah BCA Selama 10 Tahun

Halo semua! Kali ini aku mau membahas tentang topik yang penting; erat berhubungan dengan benda yang selalu kita sukai, bawa kemana-mana setiap hari, dan bekerja keras untuk mendapatkannya. Apa itu? Yaa, UANG! Siapa sih orang di era modern ini yang bisa hidup tanpa uang? Uang memang jadi alat pembayaran yang sangat berharga dan menjadi sarana penyambung hidup manusia. Memang sih kita ngga bisa hidup dengan makan uang, tapi tanpa uang kita ngga bisa makan :D

Karena uang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia, tentu saja kita butuh sarana penyimpanan uang yang aman dan nyaman. Benar banget, kita semua butuh bank untuk menyimpan uang, dan melakukan berbagai macam transaksi demi kelangsungan hidup kita.
Definisi Bank sendiri menurut KBBI adalah badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyakarat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.
Sedangkan definisi Bank menurut Wikipedia adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang dikenal sebagai banknote. Kata bank berasal dari bahasa Italia banca berarti tempat penukaran uang.

Secara khusus, aku mau menceritakan pengalamanku sebagai nasabah BCA selama 10 tahun ini. Iya aku pertama kali merasakan yang namanya menabung atau menyimpan uang di bank pada waktu aku berusia 16 tahun (upps, ketahuan deh umurku sekarang berapa :P).


Aku masih ingat dulu awal mula aku buka rekening di BCA karena aku menang lomba menulis, dan dapat hadiah uang tunai yang lumayan banyak. Saat itulah Mamaku berpikir untuk mengajakku membuka rekening tabungan secara pribadi. Sekedar informasi, pada masa itu aku masih anak SMA yang masih tinggal dengan orang tua; belum bekerja dan butuh apa-apa tinggal minta uang orang tua... Namun semenjak aku punya rekening pribadi di Bank, aku belajar untuk menabung dan bertanggung jawab atas tabunganku sendiri :)

Memang apa sih keuntungan yang kudapatkan selama jadi nasabah BCA? Bukannya banyak bank lain yang menawarkan produk dan layanan serupa? Kenapa kok harus BCA? Aku jelaskan satu-persatu yaa :)

Tapi sebelum aku cerita lebih lanjut, aku mau membagikan sekilas fakta tentang BCA nih! Seperti yang kalian tau BCA adalah singkatan dari Bank Central Asia; telah berdiri di Indonesia sejak tahun 1957 dan menjadi bank terbesar di Indonesia sampai saat ini. Kantor Pusat BCA ada di Menara BCA, Grand Indonesia - Jl. MH Thamrin No. 1, Jakarta.


Penampilan website BCA: http://www.bca.co.id/

Gerakan "Ayo Menabung" dalam Rangka Peringatan Hari Menabung Sedunia 2016 (tanggal 31 Oktober 2016)



Berbagai produk dan layanan BCA:

  1. Produk Simpanan (Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, Tahapan Berjangka, Tapres, TabunganKu, Giro, Deposito Berjangka, BCA Dollar, Simpanan Pelajar, LAKU)
  2. Kartu Kredit (BCA Card, BCA MasterCard, BCA VISA)
  3. Fasilitas Kredit (Kredit Pemilikan Rumah, Kredit Kendaraan Bermotor, Kredit Modal Kerja, Kredit Sindikasi, Kredit Ekspor, Kredit Investasi, Distributor Financing, Supplier Financing, Dealer Financing, Warehouse Financing, Trust Receipt)
  4. Layanan Transaksi Perbankan (Auto debit, Safe Deposit Box, Transfer, Remittance, Bank Notes, Collection & Clearing, Traveller's Cheque, BCA Virtual Account, Open Payment, Payroll Services)
  5. Layanan Cash Management (Payable Management/Disbursement, Receivable Management/Collection, Liquidity Management, B2B and B2C)
  6. Bank Asuransi (Provisa Max/Provisa Platinum Max, Provisa Syariah/Provisa Platinum Syariah, Maxi Health, Maxi Kid Investa, Maxi Retirement, Maxi Legacy)
  7. Bank Garansi (Bid Bond, Performance Bond, Advance Payment Bond, Pusat Pengelolaan Pembebasan dan Pengembalian Bea Masuk (P4BM))
  8. Fasilitas Ekspor Impor (Letter of Credit (L/C), Negotiation, Bankers Acceptance, Bills Discounting, Documentary Collections)
  9. Fasilitas Valuta Asing (Spot, Forward, Swap, Produk Derivatif lainnya)
  10. Perbankan Elektronik (ATM BCA (multifungsi, non tunai, dan setoran tunai), Debit BCA, Tunai BCA, Flazz, Self Service Passbook Printer (SSPP), EDC BIZZ, Internet Banking (KlikBCA Individu dan KlikBCA Bisnis), Mobile Banking (m-BCA), Call Center (Halo BCA), Phone Banking (BCA by Phone Business dan BCA by Phone), SMS Top Up, SMS Push Notification, Sakuku, BCA KlikPay, DUITT)


Berikut adalah sejumlah alasan jujur dan pengalaman kenapa aku tetap memilih BCA sebagai Bank utamaku dan tetap setia menjadi nasabah BCA sampai sekarang :)


Kenapa Harus BCA?




1. BCA adalah Bank Terkemuka di Indonesia

image source: Google Earth

Siapa sih yang nggak kenal dengan Bank BCA? Hampir semua masyarakat perkotaan di seluruh Indonesia mengenal Bank BCA, Bank BCA ini udah semacam "menjamur" dalam arti positif, karena dimana-mana orang bertransaksi jual beli selalu ada Bank BCA. Coba deh kalian yang sering belanja online shop, mana ada online shop yang ngga menyediakan rekening BCA sebagai tempat transfer dana? 99,9% online shop yang aku temui selalu menyediakan rekening BCA, kenapa begitu? Ya karena rekening BCA semacam rekening bank yang wajib dimiliki. ATM nya tersebar dimana-mana dan dalam hal transaksi transfer, simpan pinjam, tarik tunai pun sangat praktis bila mengandalkan BCA :D
Kalau berdasarkan informasi yang kudapatkan, Per 31 Desember 2011, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memiliki hampir 10 juta rekening nasabah yang dilayani oleh 944 cabang dan 8.578 ATM tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Selain memiliki cabang dan ATM yang sangat banyak, BCA juga merupakan bank ketiga dengan aset terbanyak pada tahun 2015, yakni Rp 584,44 triliun.



Sebagai Bank terkemuka di Indonesia, tentu BCA juga telah memperoleh sekian banyak penghargaan; diantaranya adalah Best Performance Bank 2016 dalam Bisnis Indonesia Banking Award, Best Stellar Workplace Award 2016, dan Peringkat Pertama dalam Top 50 Most Valuable Indonesian Brands 2016 versi versi Millward Brown.
Jadi dalam performa dan segala aspek di Bank BCA sudah tidak perlu diragukan lagi deh, banyak temanku yang bekerja di Bank BCA dan menurutku pekerjaan mereka sangat keren dan prestisius :D



2. ATM yang TOP BANGET


Selain mudah ditemukan di jalan besar, minimarket dan mall-mall, ATM BCA pun menyediakan berbagai kemudahan dalam bertransaksi. Di ATM BCA yang besar selalu menyediakan mesin ATM yang banyak dan tipe mesin ATM yang lebih dari satu. Apa aja? 

  1. Mesin ATM Regular (untuk transfer, pembayaran, tarik tunai tapi tidak touch screen)
  2. Mesin ATM Non Tunai (digunakan untuk transaksi yang tidak melibatkan penarikan uang tunai, misal untuk pembayaran dan transfer, dilengkapi dengan fitur touch screen yang memudahkan nasabah untuk menuliskan pesan)
  3. Mesin ATM Setor Tunai (digunakan untuk menyetorkan uang, tanpa melalui teller bank pada jam operasional. Sangat praktis dan efisien untuk menyetorkan uang kapan pun tanpa harus antri dulu di teller)
  4. Mesin ATM Tarik - Setor Tunai (ini mesin yang lebih canggih lagi, karena dwi fungsi, yakni untuk tarik tunai tapi juga untuk setor tunai)


Sebagai nasabah BCA, aku benar-benar merasa sangat terbantu dan merasa dimudahkan dalam hal ini :D Mau setor atau tarik tunai aku nggak harus ngantri di teller. Tapi tentu saja untuk alasan keamanan, untuk setor dan tarik tunai dalam nominal tertentu tetap harus ke teller BCA yaa..




3. M-Banking & Internet Banking yang Sangat Reliable

Berhubung aku sekeluraga sudah menjadi nasabah BCA sejak lama, sedari duduk di bangku SD aku sudah menyaksikan sendiri bahwa orang tuaku sangat bergantung pada Mobile Banking BCA dalam berbisnis. Mobile Banking semacam sarana yang praktis banget untuk melakukan transfer dan pembayaran, karena tinggal klik klik klik di HP; transaksi langsung sukses :) Aku membayangkan dulu jaman orang tuaku masih kecil dan belum ada teknologi Mobile Banking, pasti repot sekali harus ke ATM berkali-kali untuk melakukan transaksi bisnis.



Beranjak dewasa, aku sangat mengandalkan Internet Banking untuk melakukan berbagai transaksi. Mulai dari beli pulsa, bayar e-commerce, transfer, cek saldo rekening, cek mutasi dan lain-lain. Aku merasa sangat dimudahkan dengan produk BCA ini :D Aku bawa token keyBCA hampir kemana-mana dan asiknya kalau tkeyBCA rusak / hilang / baterai habis, kita tinggal bawa ke cabang BCA terdekat untuk mengganti keyBCA yang baru tanpa ada tambahan biaya.


Penampilan website KlikBCA

Meski kadang sebal dengan sistem Klikbca yang mengharuskan adanya jeda 10 menit per login (maklum, aku orangnya kadang nggak sabaran :P), aku mengakui bahwa cara tersebut membuat security / tingkat keamanan bertransaksi melalui Internet Banking BCA jadi tinggi dan nasabah merasa aman dari tindak kejahatan yang tidak diinginkan. Ditambah lagi sistem blokir kalau salah memasukkan pin KeyBCA sebanyak 3 kali; yang pernah aku lakukan dulu pas aku sedang terburu-buru. Tapi setelahnya langsung aku urus di cabang BCA terdekat dan Internet Banking ku bisa dibuka kembali tanpa ada masalah :)

Kemudahan bertransaksi dimana pun dan kapanpun
(Sebenarnya bahaya bagiku sih bawa keyBCA kemana-mana :P Karena aku jadi suka kalap pas belanja online.. Hahaha)



4. Pelayanan yang Ramah dan Memuaskan

Sebagai salah satu bank terkemuka dan bank paling sibuk di Indonesia, wajar kalau Bank BCA sangat ramai dan antrinya bikin capek, tapi semua rasa capek terbayarkan saat kita datang disambut oleh senyum ramah, sapaan yang hangat dan pelayanan bersahabat yang tulus dari hati mereka :)


Kalau ke kantor cabang BCA, aku jarang berurusan dengan teller; aku seringnya berurusan dengan Customer Service karena keperluanku kalau nggak untuk ngurus kartu ATM yang hilang / ketelan mesin, buka blokir rekening dan mengurus keyBCA :)) 
Dulu waktu jaman kuliah aku pernah kehilangan dompet beserta dengan isinya, aku langsung cepat-cepat telepon Layanan HaloBCA untuk memblokir rekeningku. Pemblokiran berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Staff yang melayaniku suaranya sangat bersahabat, sopan, sabar dan membuatku terkagum-kagum dengan standar pelayanan Bank BCA yang sangat tinggi :O Padahal waktu itu aku telponya mendekati tengah malam.
Setelah memblokir rekening, aku pergi ke bank BCA untuk membuat kartu ATM baru beserta dengan pengurusan M-banking dan Internet banking. Semua proses dilakukan dengan mudah, dan lancar :)

Baru-baru ini kartu ATM ku ketinggalan di ATM BCA dekat kantor dan parahnya aku baru sadar 2 hari kemudian -__-" Aku udah coba datangi ATM BCA tempat aku kehilangan kartu tersebut dan satpam tidak menemukan kartuku, dengan kata lain kartu ATM ku udah hampir pasti 95% ketelan mesin ATM. Kemudian aku cari waktu secepatnya untuk ke cabang Bank BCA terdekat untuk mengurus kartu ATM-ku.
Lagi-lagi, aku terkesan dengan pelayanan dari staff Bank BCA yang ramah, sopan dan bersahabat. Mulai dari satpam, CS hingga supervisor semuanya sangat ramah. Kartu ATM baru ku segera jadi hari itu juga dan langsung bisa digunakan keesokan harinya :D


Oh ya, bagi kalian yang mungkin masih belum tahu.. Di beberapa kota, ada cabang-cabang Bank BCA yang buka di hari Sabtu dan Minggu lho. Biasanya bank yang masih beroperasi di weekend adalah bank yang ada di Mall. Memang sih jam operasionalnya cuma sampai menjelang sore dan tengah hari; tapi dengan adanya layanan BCA di weekend, banyak pekerja kantoran yang merasa terbantu :D






Sebagai nasabah usia 10 tahun, memang sih masih banyaak banget produk dan layanan BCA yang belum aku pahami dan coba, tapi aku sudah sangat puas dengan pelayanan Bank BCA yang selalu mengesankan :D Aku puas dan bangga bisa menjadi nasabah BCA dan aku akan terus menggunakan rekening BCA sebagai rekening utamaku.




Ini pengalamanku bersama BCA, bagaimana pengalamanmu? :D








Sources:
http://www.bca.co.id/
http://kbbi.web.id/bank
https://id.wikipedia.org/wiki/Bank
http://www.bca.co.id/id/Tentang-BCA/Korporasi/Siaran-Pers/2016/03/29/08/34/BANK-DENGAN-JUMLAH-UNIT-TERPASANG-EDC-DAN-MERCHANT-TERBANYAK-DI-INDONESIA
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/11/04/114000426/Ini.10.Bank.dengan.Aset.Terbesar.di.Indonesia
http://www.bca.co.id/id/Tentang-BCA/Korporasi/Siaran-Pers/2016/10/24/10/40/bca-raih-best-performance-bank-dalam-bisnis-indonesia-banking-award
http://www.bca.co.id/id/Tentang-BCA/Korporasi/Siaran-Pers/2016/10/12/06/53/bca-raih-best-stellar-workplace-award

22 comments :

  1. Wuah, lengkap dan komprehensif banget!

    Yakin deh, JUARA nih, JUARA.

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah thank you for the comment kak ❤❤
      Aminnn :)

      Delete
  2. Wow penjelasannya sangat lengkap.. Good luck y.. 😇
    Beauty Skill Blog

    ReplyDelete
  3. Aq juga udah jadi nasabah bca kira2 18thn. Waktu itu bikin gara2 ada promo klo buka rekening baru dapet tiket masuk gratis ke acara believe or not hehehehe. Saking cinta nya sama BCA kedua adik ku sekarang kerja di BCA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woww kerenn bgt kak :D
      Bentar lg 20thn tuh 😆😆

      Delete
  4. Wah ceceee, sama aku punya tabungan awal ya BCA. Tapi BCA ini rupanya ATMnya susah klo di luar Jawa ya? AKu pernah puter2 di Bali gak nemu ATM BCA :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masaa? Aku di bali lumayan sering liat ATM bca lho o.o

      Delete
  5. aq emang cuma punya rek bca aja sih... emang pelayanan bca dimanapun slalu ramah dan bagus... transaksinya juga mudah dan nyaman apalgi aq suka blnja online pke klikbca atau klikpay jd praktis bayarnya... hehe... good luck ya shel... ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku punya 2 rek tp emg BCA ini yg plg tak tergantikan ya glo :)
      Thx for the support glo :*

      Delete
  6. Kak Shelvi serius 10 tahun yang lalu masih SMA :') Wajahnya imut sampe sekarang.

    ReplyDelete
  7. Aq belajar nabung dari SD shel, dan ternyata aq bakat banget nabung wkwkwkwk sampe d keluarga ku aq terkenal paling pinter ngumpulin duit di tabungan (kalo belanja pake duit orang #eh). BCA emg oke kok ya, paling gampang di cari, dan paling user friendly juga internet/mobile banking nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerennn ce! Aku lupa mulai belajar nabung kapan XD yang jelas sih dulu masih pake celengan biasa, pernah dibikinin no rek juga sama mama tp aku ga pegang kartu ATM nya (mamaku cm bikin dulu gara2 ada hadiahnya wkwk). Baru di BCA ni bikin no rek pribadi yg aku pake sendiri :P iyaa setuju ce!

      Delete
  8. Aku sadar nabung belakangan ini aja ce hahah dulu dulu gakuat nabung, nabung dikit udah pengen buruan di belanjain hahahah. Makanya suka salut sama yang bisa nyisihin uang buat ditabung, semacam yang nabung 20ribuan yang fenomenal kemaren itu. Hihihu Good luck ci!

    www.rahmabrilianita.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh aku masih belum bs nabung konvensional kyk 20rb itu, Rahma >_<
      lebih baik aku tahan di rekening daripada aku keluarin hahaha
      thank you <3

      Delete
  9. Huahaha cee ini yang lomba dari bblog bukan ? XD
    Semangat ya ce good luck! As always, artikelnya lengkap dan rinci :D
    Stuju banget sama alasan2 diatas krn aku juga pake beberapa fitur BCA :D

    ReplyDelete
  10. Memang BCA g pernah mengecewakan...paling praktis bgt. Aku juga dari awal nabung pake BCA. Hidup menabung! haha

    http://elysa-ec.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  11. Aku juga uda 6 tahun jadi nasabah BCA dan memang selalu puas sama layanan mereka

    http://inezdivaa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaapp! Ga heran yaa BCA menang award berturut2 krn service mereka ^_^

      Delete

I do appreciate every comment of yours :D
Thanks for visiting my blog! Enjoy~