Wednesday, October 9, 2013

Narsis Tanpa Batas Bersama OPPO N1

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau makhluk yang namanya cewek/gadis/perempuan (apapun istilahnya :p) rata-rata menyukai kegiatan yang namanya foto diri sendiri, atau yang lebih populer dengan istilah Self-camera dan Narsis. Istilah self-camera atau selca pun sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Menurut pengamatan saya, sebanyak 7/10 kaum hawa menggemari kegiatan yang namanya self-camera, apalagi bila didukung dengan kamera yang mumpuni.

Untuk menunjang kegiatan narsis, sangat jarang orang-orang membawa kamera beresolusi tinggi kemana-mana setiap hari (kecuali profesinya adalah fotografer)... terus kalau ada momen-momen sehari-hari, fotonya pakai apa dong? Yaaa.. jawabannya pake kamera HP :D

bahkan iP*d temen pun dipinjem untuk properti foto, LOL

TAPI, Senarsis apapun kita, dan seahli apapun kita selca, masih sering terjadi yang namanya foto blur/ngga fokus.. Ya gimana lagi dong? Soalnya ngga ada kamera depan yang bagus sih.. :( Jadi kalo foto pake kamera belakang hasilnya rata-rata ngga sesuai dengan yang kita harapkan, karena pas foto kita ngga tau hasilnya bakal kayak apa.. Repot juga kalo kemana-mana harus cari cermin, biar tau pose dan ekspresi kita udah cukup oke belum untuk difoto... -.-


Sebagai kaum yang doyan bernarsis ria, kamera depan dengan resolusi tinggi menjadi idaman tiap cewek. Sebel banget kalo punya smartphone dengan resolusi kamera depan VGA atau yang resolusi rendah, jadi gampang banget muncul yang namanya "noise" atau foto yang ngga oke untuk diupload di instagram atau FaceBook :P Hahahaha (pengalaman pribadi).. Terus solusinya apa? Adakah HP dengan kamera depan paling oke di dunia ini? Hmmm... 




Pernah dengar brand smartphone yang namanya OPPO?
O_O Eh? "Opo?" (bahasa jawa yang artinya: "Apa")

Sejujurnya saya baru pertama kali mendengar brand OPPO bulan Juni lalu, ketika sedang mengunjungi salah satu pusat elektronik di kota Surabaya, saya pun langsung tergoda dengan salah satu produknya yang memiliki kamera dengan dengan resolusi 5MP *ngiler*. Tapi keinginan untuk membeli OPPO belum kesampaian sampai sekarang, karena tabungan belum cukup dan masih banyak pengeluaran lain yang lebih mendesak :')

Sebelum membahas tentang produk baru dari OPPO, yuk mari kita lihat sejenak sejarah dari OPPO :D

Sejarah OPPO

OPPO Electronics Corp. adalah perusahaan yang berdiri pada tahun 2004 dan berbasis di Dongguan, Guangdong, China. Produk-produk andalan mereka adalah  MP3 Player, yang kemudian berkembang Portable Media Player, LCD-TV, eBook, DVD/Blu-ray Player; dan sekarang semakin dikenal dengan smartphone mereka. Selain di China, OPPO juga memiliki anak perusahaan OPPO Digital, Inc. di California, United States.

Tahun-tahun berikutnya, OPPO mulai melirik pasar handphone, dan pada tahun 2008 OPPO merilis "smiling phone" dan melakukan kolaborasi dengan Real Networks. Pada saat ini OPPO masih belum memasuki pasar internasional.

Sambil terus mengembangkan smartphone yang akan diluncurkan tahun berikutnya, pada tahun 2010 OPPO merilis Blu-ray Player dengan seri BDP-93 dan BDP-95.
Tahun 2011, OPPO mulai memfokuskan diri pada produk-produk smartphone mereka yang baru, yakni OPPO Find, OPPO Real dan OPPO Ulike, dan inovasi mereka tidak berhenti sampai sini.



Tahun 2012, OPPO merilis beberapa smartphones baru, antara lain seri Finder, U705T Ulike 2, U701 Ulike, R610, R811 Real, R817 Real dan T29. Masih terus dengan inovasi mereka yang menakjubkan, mereka pun mulai merilis OPPO Find 5, R819 dan yang terakhir adalah N1 pada tahun 2013.
Namun tidak semua smartphone dari OPPO masuk ke dalam pasar Indonesia, seri-seri smartphone OPPO yang masuk ke pasar Indonesia lebih dikenal dengan nama OPPO Find Way, Find Muse, Find Piano, Find 5 dan pada bulan Oktober ini akan ada smartphone baru bernama OPPO N1 :D




Launching OPPO N1

Smartphones dari brand lain harus siaga dan waspada, karena dalam tempo yang teramat singkat ini, OPPO N1 akan dirilis di Indonesia :D KAPAN? Tanggal 16 Oktober 2013. Who's excited?? *angkat tangan tinggi-tinggi*. Untuk countdown perilisan OPPO N1 sendiri dapat dilihat di website OPPO Indonesia.


Menurut informasi yang kudapatkan, Indonesia adalah negara ke-2 setelah China dalam merilis OPPO N1 ini. Wah bangga dong ya? Indonesia dinilai sebagai target market yang prospektif di mata perusahaan kelas dunia :)


Tunggu bentar.. memangnya keistimewaan dari OPPO N1 ini apa sih? Apa yang membuat OPPO N1 menjadi smartphone yang patut diwaspadai oleh kompetitor lain? 
Hmm yuk mari liat spesifikasi OPPO N1 di bawah ini ;)
Spesifikasi N1

OS dari OPPO N1 adalah Android 4.2 Jelly Bean, Processor 1,7GHz, RAM: 2 GB, Internal memory 16 / 32 GB. Wow! Jadi ngga ada deh yang namanya main game berat terus nge-lag atau nge-hang *____* Storagenya juga gede banget, puas dah nyimpen banyak file, aplikasi atau foto-foto. Oiya selain itu baterai dari OPPO N1 berdaya 3610 mAh. Serius? Iya serius, jadi ngga akan ada yang namanya kita bingung cari colokan listrik atau power bank untuk nge-charge OPPO N1 ini, karena baterainya tahan lama banget.

Memiliki ukuran 5,9 inchi dengan resolusi 1080 Full HD akan membuat grafik dari OPPO N1 sangat halus, detil dan indah. Demikian pula OPPO N1 dilengkapi multi touch display, capacitive screen dan Gorilla Glass 2. Eh hari gini masih belum tau Gorilla Glass? Gorilla Glass itu adalah lembaran kaca alkali-aluminosilikat yang diproduksi oleh pabrik kaca Corning dari Amerika, Kaca ini memiliki daya tahan yang tinggi terhadap goresan dan kerusakan. Dengan adanya kaca Gorila ini, layar OPPO N1 ngga akan mudah tergores dan ngga perlu bingung kalo punya kuku panjang, bisa main game sepuasnya deh ;P





Keistimewaan OPPO N1

1. Rotating Camera 13 Mega Pixel
Iya, saya ngga lagi bercanda. OPPO N1 memiliki kamera resolusi 13 MegaPixel, dan bisa berotasi 260 derajat *___* Jadi kamera belakang bisa dipake sebagai kamera depan sekaligus (tergantung kebutuhan). Dalam keadaan pencahayaan yang kurang, OPPO N1 juga dilengkapi dual-mode LED. Selain itu, OPPO N1 juga memiliki Aperture: f/20, dengan Scene modes: normal, panorama, high speed, rewind, beautify dan slow shutter. Ssstt... Mode beautify bakal sering dipakai pas selca nih :))

13 MP Camera with Dual-flash LED
Gorilla Glass 2
Kalo kameranya sering dirotasi, bakal cepet rusak ngga ya? Ngga usah khawatir, kamera rotasi ini telah diuji 100.000 kali, yang artinya meski dirotasi 40 kali dalam sehari pun, kamera rotasi ini ngga akan rusak dalam masa 7 tahun. Wow banget ngga tuh?? :D

komponen-komponen dalam kamera rotasi

Saya membayangkan OPPO N1 ini akan memiliki kualitas foto yang sangat amat bagus ^___^, 
bila dibuat perbandingan mungkin bisa jadi seperti ilustrasi di bawah ini, hehehe :p



2. O Touch Panel
Pernah ngga ngerasain yang namanya jempol pegel gara-gara terlalu sering dipake untuk ngetik / browsing / main game? OPPO N1 hadir dengan fitur O Touch Panel yang merupakan sebuah panel sentuh pada bagian belakang N1 seluas 12 cm. Dengan adanya O Touch Panel, pengguna OPPO N1 menjadi semakin mudah untuk melakukan navigasi pada layar OPPO N1, seperti menggulirkan layar, membuka aplikasi dan mengambil foto tanpa terhalang oleh jemari di layar. Dengan adanya teknologi O Touch Panel ini, jempol kita bisa beristirahat sejenak, karena sekarang gantian telunjuk kita yang bekerja :)) 




3. O-Click
Dulu saya berangan-angan memiliki remote untuk HP saya, supaya HP saya lebih mudah ditemukan dan tidak hilang dalam kamar saya yang berantakan, dan ternyata OPPO mendengarkan suara hati saya *cieh*

Pada saat pengguna lupa lokasi dari OPPO N1 miliknya, O-Click dapat membantu kita mendeteksi OPPO N1 dengan membunyikan alarm pada smartphone. O-Click bisa digunakan sebagai gantungan kunci dan mampu bekerja hingga jarak 50 meter, O-Click terhubungan dengan OPPO N1 melalui Bluetooth. Untuk seorang yang mudah panik dan ceroboh seperti saya, O-Click ini seperti penyelamat disaat saya kebingungan di mana menaruh smartphone saya *____* Juga mengurangi kemungkinan handphone hilang dan tertinggal lho.
Oh ya, Selain itu O-Click yang berguna sebagai shutter untuk mengoperasikan kamera N1 dari jarak jauh :D

captioned by me
O-Click dapat digunakan sebagai gantungan kunci, atau diselipkan di dalam dompet
O-Click terhubung dengan OPPO N1 melalui Bluetooth

4. OS Android 4.2 & CyanogenMod


Menurut informasi yang saya peroleh, OPPO N1 memiliki dua varian Operating System (OS), yakni Android 4.2 (Jelly Bean) dan CyanogenMod. Android 4.2 dengan skin Color UI yang dikembangkan secara internal oleh OPPO menjadi OS yang utama dalam OPPO N1. 
Untuk CyanogenMod sendiri, sebagai orang awam dalam elektronik, ini pertama kalinya saya mendengar OS CyanogenMod. Jadi CyanogenMod adalah sebuah custom ROM yang dikembangkan oleh beberapa modder dan programmer independen, yang baru-baru ini dikembangkan menjadi perusahaan sendiri. 
Ada spekulasi OPPO N1 akan menggunakan OS Android 4.2 yang dibangun dengan berdasarkan basis CyanogenMod. Untuk perbedaan jelas antara Android 4.2 dan CyanogenMod sendiri, saya masih belum terlalu paham. Karena itu, mari kita lihat saja perkembangannya setelah perilisan OPPO N1 :)

5 Alasan kenapa perlu menggunakan Cyanogenmod untuk perangkat androidmu :D

Kenapa saya ingin memiliki OPPO N1?

Seperti yang sudah saya jabarkan di atas, saya ingin menggantikan Smartphone Android lama saya dengan OPPO N1. Tanpa menyebutkan merek, Smartphone Android saya yang sekarang memiliki beberapa kelemahan yang membuat saya sudah tidak tahan dengan kondisi yang ada *pengen banting HP lama*

* Kamera depan yang resolusinya rendah (saya hampir tidak pernah menggunakannya)
* Tidak ada tombol tambahan untuk capture foto, jadi sering kesusahan memencet tombol capture apabila menggunakan kamera belakang untuk selca -__-
* Dalam satu hari bisa nge-charge 2x karena baterainya lemah
* Sering nge-hang karena RAM nya kecil
* Sering force close application dan tidak compatible dengan banyak application

Dengan adanya OPPO N1, saya sangat berharap OPPO N1 dapat menggantikan peran smartphone lama saya, dan dapat menjadi smartphone yang serba guna, dan yang pasti dapat digunakan untuk narsis di mana saja, browsing di mana saja dan main game yang banyak :D :D

Bersama OPPO N1, selamat tinggal foto yang ngeblur dan ngga fokus! ^____^
Semoga saya bisa segera mencoba OPPO N1 




This post is submitted for "Aku & Oppo N1" Blog Contest
Wish me luck! ^_^
OPPO INDONESIA



Nara sumber:
wiki, jeruknipis, trenologi, duakartu, OPPO web

26 comments :

  1. Mauuuuuuuu >,< i want that smartphone

    ReplyDelete
  2. Smartphone yg bikin produsen lainnya kebakaran jenggot.
    the one and only oppo N1 heheh. Semoga berhasil dengan BlogContest nya ^^.

    mampir juga ya kesana :D, binkyfey.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. yesss bnr bgt ^^
      thank you for your support ^^ sure!

      Delete
  3. very complete, cute, and honest article! i hope u can get the main prize N1!
    oppo is a promising star in android world, lets hope they keep innovate and become well-known brand soon.
    Good luck once again!

    ps: haha i know that android phone of yours... that brandname in the front sure difficult to disguise.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank youuu ^^ I hope so *pray*
      Hahaha XD really??

      Delete
  4. thank you :D bener, menggoda banget hehe

    ReplyDelete
  5. Hahahaha. Uda mulai alih profesi jadi pereview gadget ya sekarang? Review e super lengkap. Mantap wes. Model2 e juga ga nguatin gayane wkwkwkwk. Ditunggu review selanjute buat Galaxy Note 3 + Galaxy Gear dan Galaxy S5 yang keluar awal tahun depan ya hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha XD selingan aja kok ko
      Thank youuu udh mampir ko ^^ hehehe.. doakan saja XD

      Delete
  6. http://www.neowin.net/news/five-reasons-to-use-cyanogenmod-roms-on-your-android-device tambahan informasi :)

    ReplyDelete
  7. Ponsel wajib buat yg narsis. Love this!

    ReplyDelete

  8. foto-fotonya keren shel, semoga beruntung yaaaa :) doakan aku juga hahahaa

    http://wind-atree.blogspot.com/2013/10/aku-oppo-n1-mengabadikan-momen-indah.html

    ReplyDelete
  9. Nice review. Saya suka gaya bahasanya :-). Monggo mampir ke: http://rumahnyalinggar.blogspot.com/2013/10/aku-dan-oppon1.menginginkan-oppon1-dengan-sederhana.html

    ReplyDelete
  10. Think to Buy Thats Smartphone, Really smart n Suitable for Photografer or people who loves take pictures...

    But, I'm Still Love My Oppo Find Way.

    ReplyDelete
  11. Sebenarnya Pingin Beli Oppo N1 sejak keluar Teasernya...

    HP smart dengan banya Fitur pendukung buat orang yang gemar Foto.

    Tapi, Saya masih suka dengan Oppo Find Way Saya... :D

    ReplyDelete

I do appreciate every comment of yours :D
Thanks for visiting my blog! Enjoy~